Strategi Guru Kelas dalam Membimbing Karakter Jujur Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Palembang

Main Article Content

Noptario Noptario
Faisal Faisal
Tastin Tastin

Abstract

Pendidikan di era saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus didapatkan oleh setiap anak. Melalui pendidikan diharakan dapat membentuk karakter anak yang baik, setidaknya anak yang menempuh pendidikan akan dikelilingi oleh lingkungan akademik yang menggiring anak untuk terus belajar. Jujur merupakan karakter yang sangat penting untuk dimiliki oleh manusia, karena jujur adalah karakter utama yang mampu menopang karakter-karakter baik lainya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan menggunakan triangulasi, dengan menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Narasumber wawancara penlitian ini adalah ibu EP selaku guru kelas 4B dan 3 orang siswanya. penelitian ini berfokus pada strategi guru kelas dalam membimbing karakter jujur siswa. Ada 3 strategi yang bisa dilakukan oleh guru dalam membimbing karakter jujur siswa, antara lain dengan membuat kantin kejujuran, mengajarkan keteladanan nabi melalui sirah nabawiyah dan bekerja sama dengan orang tua siswa dalam upaya membimbing karakter jujur siswanya

Article Details

Section
Articles

References

Adibatin, Ani. 2016. “Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Strategi Pembelajaran Pakem Melalui Permainan Cincin Di Jempol Tangan (Karya Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar).” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, February. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/180.

Andry Puji Pangesti, 17201163396. 2020. “Peran Guru Pai Dalam Menumbuhkan Kejujuran Kepada Peserta Didik Di Mts Sirojuth Tholibiin Bacem,” December. https://doi.org/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf.

Astuti, M., Husni, M., & Tastin. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Di Min Se Kodya Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 4(1). https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2271

Budiarto, Gema. 2020. “Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter.” Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo 13 (1) https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6912.

Fitriyah, Fifi Khoirul, and Muhammad Sukron Djazilan. 2020. “Kontekstualisasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Sirah Nabawiyah: Studi Hermeneutika Pada Pemikiran dan Metode Paul Ricoeur.” Journal of Islamic Civilization 2 (2)

Hidayat, N., & Bujuri, D. A. (2020). The Implementation of Character Education in Islamic Boarding School. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 23 (1). https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n1i11

Jailani, M. Syahran. 2014. “Teori Pendidikan Keluarga Dan Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 8 (2)

Khairunnisa, Puja. 2021. “Strategi Guru Pai Dalam Membina Karakter Jujur Dan Bertanggung Jawab Dalam Pembelajaran Online Di Bait Qurany Saleh Rahmany Banda Aceh.” Kalam: Jurnal Agama Dan Sosial Humaniora 9 (1): 43–56. https://doi.org/10.47574/kalam.v9i1.104.

Lubis, R., & Husni, M. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3(1). https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1375

Miftah, Anisa Nurul. 2020. “Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital | BINTANG.” Jurnal Bintang, April

Munif, Muhammad. 2021. “Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Nilai-Nilai Kejujuran | FONDATIA.” Jurnal Fondatia, September. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/1409.

Nurgiansah, T. Heru. 2021. “Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha 9 (1). https://doi.org/10.23887/jpku.v9i1.31424.

Puspitasari, M. et. al. (2022). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Drumband Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Gumawang. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 2 (2).

Ramayulis. 2013. Profesi dan Etika Kegurun. Jakarta : Kalam Mulia

Royes, N., Husni, M., & Ibrahim. (2019). Studi Komparatif: Implementasi Pendidikan Karakter di MI Swasta Se-Kecamatan Alang-Alang Lebar Kota Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 5(2). https://doi.org/10.19109/jip.v5i2.3465

Rizal, Syaiful, and Abdul Munip. 2017. “Strategi Guru Kelas Dalam Mumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Pada Peserta Didik (Study Kasus : SDN Pondok Dalem 01 Semboro Dan MI Fathus Salafi Ajung Jember).” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 4 (1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1462.

Ruli, Efrianus. 2020. “Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak.” JURNAL EDUKASI NONFORMAL 1 (1)

Setiawan, Fandi. 2013. “Kemampuan Guru Melakukan Penilaian Dalam Pembelajaran Melalui Internalisasi Nilai Kejujuran Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.” JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL 5 (2). https://doi.org/10.24114/jupiis.v5i2.1116.

Sultonurohmah, Nina. 2017. “Strategi Penanaman Nilai Karakter Jujur Dan Disiplin Siswa.” AL IBTIDA’ : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 5 (2).

Yuda Meydiansyah, Dwi. 2021. “Fenomena Perilaku Menyontek Pada Pelajar Masa Kini Ditinjau Dari Kepercayaan Diri, Efikasi Diri, Dan Prokrastinasi : Sebuah Studi Literatur.” Jurnal Onsilia.

Zein, Muh. 2016. “Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran.” Jurnal Inspiratif Pendidikan 5 (2): 274–85. https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3480.