Upaya Guru dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius Anak Kelas IV Sekolah Dasar

Main Article Content

Riana Lutfi Najiha
Maryamah Maryamah
Miftahul Husni
Nurlaeli Nurlaeli

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan lapangan bahwa dalam pelaksanaanpembelajaran karakter religius terdapat upaya guru dalam penanaman nilai-nilai karakter religius pada anak kelas IV SDN 1 Trans Batumarta VII. Tujuan dari peneliian ini yaitu(1) mengetahui apa saja upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan karakter religius pada peserta didik, (2) untuk mengetahui nilai- nilai apa saja yang ditanamkan pada penanaman karakter religius, (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat apa saja yang mendukung adanya penanaman karakter religius pada peserta didik di SDN 1 Trans Batumarta VII. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskripstif kualiatif.
Hasil dari penelitian yaitu dalam penanaman karakter religius di SDN 1 Trans Batumarta VII yaitu terdapat upaya guru dalam penanamannya seperti upaya penanaman shalat dhuha yang dilaksanakan tempat Mushola Sekolah serta di Imami oleh Bapak K. membaca surah- surah pendek yang dibaca ketika selesai berdoa belajar yang dipimpin oleh guru yang mengajar pada jamnya dan membaca doa sebelum belajar yang dipimpin oleh guru yang mengajar . Dari nilai-nilai yang digunakan dalam penanaman karakter religius siswa adalah seperti nilai aqidah, nilai akhlak, nilai disipilin, nilai tanggung jawab, dan kejujuran. Faktor pendukung yaitu kerjasama antara kerjasama guru dan wali murid, adapun kendala yang dihadapi adalah kesadaran dari peserta didik, serta dari orang tua yang kurang membimbing anak dalam penanaman karakter religius anak, dan penanaman tidak berjalan dengan normal karena proses belajar mengajar yang terkendala (pandemi) dan faktor lain seperti faktor eksternal (tempraman,
 
gangguan jiwa,    konflik dan keraguan,  jauh dari  Tuhan), dan faktor internal
(lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, sarana dan prasarana)
 

Article Details

Section
Articles

References

Astuti, M., Husni, M., & Tastin. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Di Min Se Kodya Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 4(1). https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2271

Anggito, A. dan Setiawan, J. (2018). MetodelogiPenelitian Kualitatif. ( Jawa Barat: CVJejak)

Arikunto, S. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: RinekaCipta

Bahri, S. D. 2010. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

E.Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, O. 2015. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hasanah, I. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV Pustaka Setia

Hidayat, N., & Bujuri, D. A. (2020). The Implementation of Character Education in Islamic Boarding School. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 23 (1), 127-140. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n1i11

Jalaluddin. 2004. Psikologi Agama. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Lubis, R., & Husni, M. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3(1). https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1375

Megawangi. 2004. Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa. Jakarta: BP. Migas

Puspitasari, M. et. al. (2022). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Drumband Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Gumawang. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 2 (2), 1-12.

Ramayulis. 2013. Profesi dan Etika Kegurun. Jakarta : Kalam Mulia

Royes, N., Husni, M., & Ibrahim. (2019). Studi Komparatif: Implementasi Pendidikan Karakter di MI Swasta Se-Kecamatan Alang-Alang Lebar Kota Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 5(2). https://doi.org/10.19109/jip.v5i2.3465

Shihab M. Q. 2002. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian AlQur’an. Jakarta: Lentera Hati

Sugiyono. 2018. Metoode Penelitian Kuantitatiif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfa beta
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wahyudi, I. 2012. Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Pustaka

Yusuf LN, S. 2005. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group