Pemanfaatan Media Youtube dalam Pembelajaran IPA Materi Tata Surya di SD/MI

Main Article Content

Anna Fadilatul Mahmudah
Fitrohtun Fina Indriani
Muhmimmatul Aliyah
Luluk Sulthoniyah

Abstract

Jurnal ini mengulas terkait pemanfaatan media  youtube  dalam pembelajaran IPA materi tata surya kelas VI di SD/MI. Penelitian ini bertujuan untuk mendorong guru untuk menggunakan media youtube dalam pembelajaran IPA materi tata surya. Metode yang dipakai yaitu metode kepustakaan atau library research. Menggunakan berbagai literatur yang sudah dipilih dan dianalisis sebagai pengumpulan data. Pengumpulan data pada penelitian ini berasal  dari jurnal-jurnal tentang media pemanfaatan media youtube dalam pembelajaran IPA materi tata surya. Hasil penelitian ini adalah penerapan, pemanfaatan, hambatan media youtube dalam pembelajaran  IPA materi tata surya. Dalam penerapan media youtube guru menyesuaikan dengan apa yang sudah ada di buku pelajaran, media youtube dapat menarik perhatian dan juga semangat belajar peserta didik. Kemudian hambatan dalam pemmanfaatan media youtube ini adalah ketersedian perangkat media yang kurang memadahi, relevansi konten, masalah teknik terkait proses pengunduhan video yang memerlukan waktu yang cukup lama, guru kesulitan mengatur waktu pada saat proses pembelajaran, serta perbedaan karakter dari peserta didik.

Article Details

Section
Articles

References

Adji, W. S., Ansari, M. I., Bashith, A., & Albar, M. (2021). Analisis Kelayakan Video Pembelajaran IPS Jenjang Mi/Sd di Platform Youtube Pada Materi Keragaman Agama Di Indonesia. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 57. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i2.4362

Andri, R. M. (2017). Peran Dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains, 3 (1), 122–29.

Baihaqi, A., & Dkk. (2020). Youtube sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif di SMK Nurul Yaqin Sampang. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 07(01), 74–88. http://journal.stainim.ac.id/index.php/edusiana

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 21. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950

Budiargo, D. (2015). Berkomunikasi ala Net Generation (S. B. Eko (ed.); Cet. 1). Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.

Burke, S., Snyder, S., & Rager, R. (2009). An Assessment of Faculty Usage of YouTube as a Teaching Resource. Internet Journal of Allied Health Sciences and Practice, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.46743/1540-580x/2009.1227

Fatimah, Khadijah, & Saputra, E. (2018). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kecerdasan Interpersonal Dan Intrapersonal Anak Usia Dini (5-6 Tahun) Di Raudhatul Athfal AlHafizh. Edu Religia, 2(4), 207–227.

Husein Batubara, H., & Noor Ariani, D. (2019). MODEL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADAPTIF DI SEKOLAH DASAR Hamdan. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 33–46. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna

Ichsan, I. Z., Dewi, A. K., Hermawati, F. M., & Iriani, E. (2018). Pembelajaran IPA dan Lingkungan: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 131. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.682

Kusumandaru, A. D., & Rahmawati, F. P. (2022). Implementasi Media Sosial Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Menguatkan Literasi Sastra dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4876–4886. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2972

Pratiwi, B., & Puspito Hapsari, K. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238

Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). Problematika Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA. IJSSE : Indonesian Journal of Social Science Education, 1(1), 49–54. http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/49-54

Ramadhina, D., & Rohman, I. (2022). Problematika Guru dalam Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 117–123. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45598

Rosyidiana, H. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Sains (IPA) Tingkat Dasar Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1709–1716.

Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education, 2(4), 313–323. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.135

Simamora, S. A., Cahyani, I., & Kurniawan, K. (2021). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur melalui Penerapan Model Cipro (Citizen Prosedur) Berbantuan Video Youtube. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 265–271.
http://proceedings2.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1686

Sulaiman, Z. (2017). PEMANFAATAN MEDIA INTERNET DALAM PEMBELAJARAN PPKn BAGI SISWA KELAS XI. Jurnal Civic Hukum, 2 (2), 89–95.

Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan Media YouTube sebagai Media Pembelajaran pada Siswa Kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 26–30.

Tutiasri, R. P., Laminto, N. K., & Nazri, K. (2020). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19. Juurnal Komunikasi Masyarakat Dan Keamanan (KOMASKAM), 2(2), 1–15.

Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran : Landasan dan aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Yani, S., & Siwi, M. (2020). Analisis Penggunaan Media Sosial Dan Sumber Belajar Digital Dalam Pembelajaran Bagi Siswa Digital Native Di SMAN 2 Painan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 1–7. https://doi.org/10.17977/um014v13i12020p001

Zulkifli. (2017). Profesionalisme Guru Dalam Mengembangkan Materi Ajar Bahasa Arab di MIN 1 Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, 3 (2), 120–133