Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Main Article Content

Puja Hidayati
Safrizal Safrizal
Fadriati Fadriati

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah minat belajar matematika siswa kurang yang berakibat turunnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apa saja faktor penyebab dari turunnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika, lalu media apa yang digunakan oleh guru untuk membantu penyampaian materi kepada siswa. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. informan di dalam penelitian ini adalah guru kelas V SD yang berjumlah 1 orang, siswa kelas V SD yang berjumlah 1 orang, dan orang tua, yang dipilih peneliti malui teknik purposive sampling. Instrument di dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, dan dalam penelitian yang dilaksanakan peneliti menggunakan alat bantu yang berupa kamera. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada saat penelitian berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun data dan informasi yang telah diperoleh lalu dilakukan analisis yaitu dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa turunnya hasil belajar matematika siswa disebabkan oleh kurangnya minat belajar mata pelajaran matematika pada siswa.

Article Details

Section
Articles

References

Anastasha, D. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Pemahaman Matematika Siswa Kelas V berdasarkan Jenis Kelamin di SD Negeri Kota Padang. Jurnal Serambi Akademica, 8(1), 1–14. http://www.ojs.serambimekkah.ac.id/serambiakademika/article/view/1808

Anastasha, D. A., Movitaria, M. A., & Safrizal. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 5(4), 2626–2634. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1248/pdf

Dian Rizky Utari. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Dasar, 3(4), 534–540. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162

Gentala, J., & Dasar, P. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Kelas II Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan. JURNAL GENTALA PENDIDIKAN DASAR, 5(2), 183–190.
http://online-journal.unja.ac.id/index.php/gentala

Juniawan, E. A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Dyscalculia Dalam Menggunakan Konsep Matematis Di Lihat Dari Kesalahan Menyelesaikan Soal Logaritma. Jurnal Multidisiplin Madani, 1(3), 269–286. https://doi.org/10.54259/mudima.v1i3.251

Meilida, A. (2022). Analisis kesulitan mengerjakan perkalian dan pembagian pada siswa kelas VI di SDN dangu hulu sungai tengah. 18(2), 38–45.

Mukminah, Hirlan, & Sriyani. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 1(1), 1–14.
https://unu-ntb.e-journal.id/pacu/article/view/66

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 659–663.
https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685

Pramesti, C., & Prasetya, A. (2021). Analisis Tingkat Kesulitan Belajar Matematika Siswa dalam Menggunakan Prinsip Matematis. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(02), 9–17. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i02.11091

Safrizal, S., Sastri, W., Anastasha, D. A., & Syarif, M. I. (2022). Realistic Mathematic Education untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4805–4812.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2679