Pengaruh Penerapan Metode Make A Match Berbantuan Media Kartu Domino Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kota Palembang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan tindak lanjut dari pengembangan bahan ajar yang telah dikembangkan lebih lanjut di MI Quraniah 8 Palembang pada tema 2 kenampakan tumbuhan dan hewan subtema 3 kenampakan tumbuhan pada pelajaran 1 yang valid. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif untuk melihat tindak lanjut dari bahan ajar yang telah dikemukakan terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas III. Minat belajar siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan, mulai dari skor ratarata 88,25, skor maksimal 93, hingga skor minimal 83, sedangkan kelas kontrol menunjukkan skor rata-rata 80,00, skor minimal 72, dan skor maksimal 90. Sehingga dapat dituliskan bahwa ada peningkatan yang signifikan minat belajar siswa yang menggunakan metode make a match berbantuan media kartu domino dan siswa yang tidak menggunakan kartu domino. Hasil belajar siswa sesuai dengan hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan 5% (α = 0,05). Dengan pengujian terima H_0 jika t_(hitung ≤ ) t_tabel dan tolak H_0 jika t_hitung≥t_tabel dengan derajat bebas (dk)=(n_1+n_2- 2). Hasil uji hipotesis adalah 3,422 > 2,024 thitung > ttabel, artinya dapat diartikan bahwa ada pengaruh penerapan metode make a match berbantuan media kartu domino pada mata pelajaran tematik kelas IIIA MI Qur’aniyah 8 terhadap minat dan hasil belajar siswa.
Article Details
Section
Articles
References
Anas Sudjono. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan (Cetakan ke). Rajawali Press. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1177285
Andi Prastowo. (2014). Andi Prastowo, Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Kencana.
Bernacki, C. W. and M. L. (2014). MOTIVATING STUDENTS BY “PERSONALIZING” LEARNING AROUND INDIVIDUAL INTERESTS: A CONSIDERATION OF THEORY, DESIGN, AND IMPLEMENTATION ISSUES. Emerald Group Publishing, 28(2), 139–179.
Daryanto. (2014). pembelajaran tematik, terpadu, terintegrasi (kurikulum 2013) (1st ed.). Gava Media. https://pustakabali.baliprov.go.id/opac/detail-opac?id=38618
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No 20 Tahu 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Hestuaji, Y., WA, S., & Riyadi. (2013). Pengaruh Media Kartu Domino Terhadap Pemahaman Konsep Pecahan. Jurnal Ilmiah Pendidikan FKIP UNS, 3(1), 1–6.
Nurfitriyanti, M., & Lestari, W. (2016). Penggunaan Alat Peraga Kartu Domino Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jkpm, 01(02), 247–256.
Panjaitan, D. J., & Indriani, I. (2020). Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Pada Materi Logaritma. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(2), 17–25.
Puspita, A. M. I., & Purwo, S. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Literasi Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4426
Risnanosanti. (2022). Pengembangan Minat & Bakat Belajar Siswa (1st ed.). Literasi Nusantara.
Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (7th ed.). PT. Raja Grafindo Persada. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1140001
Sadiman dan Arif Sukandi. (1990). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya (1st ed.). Rajawali Press.
Septianingrum. (2017). Pengaruh Bahan Ajar Buku Tematik Berbantuan Video terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(2), 224–234.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Mempengaruhinya (Edisi revi). Rineka Cipta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1046779
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabetha.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi Mixed Methods. Alfabetha.
Sunarto. (2008). Sunarto.2008.Perkembangan Peserta Didik, hal.24 (1st ed.). Rineka Cipta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=671243
Wina Sanjaya. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan (Edisi 1 Cet). Kencana Persada Media. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1146639
Zaini, H., Afriantoni, Hadi, A., Sofyan, F. A., Faisal, Padjrin, & Hamzah, A. (2021). Covid-19 and Islamic Education in School: Searching for Alternative Learning Media. Webology, 18(1),154–165. https://doi.org/10.14704/WEB/V18I1/WEB18080
Zainuddin, M., & Fatoni, M. (2021). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN PAKEM MENGGUNAKAN APLIKASI ENGLISH CHILDREN DALAM PENGENALAN BAHASA INGGRIS. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 111–122. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1070
Andi Prastowo. (2014). Andi Prastowo, Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Kencana.
Bernacki, C. W. and M. L. (2014). MOTIVATING STUDENTS BY “PERSONALIZING” LEARNING AROUND INDIVIDUAL INTERESTS: A CONSIDERATION OF THEORY, DESIGN, AND IMPLEMENTATION ISSUES. Emerald Group Publishing, 28(2), 139–179.
Daryanto. (2014). pembelajaran tematik, terpadu, terintegrasi (kurikulum 2013) (1st ed.). Gava Media. https://pustakabali.baliprov.go.id/opac/detail-opac?id=38618
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No 20 Tahu 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Hestuaji, Y., WA, S., & Riyadi. (2013). Pengaruh Media Kartu Domino Terhadap Pemahaman Konsep Pecahan. Jurnal Ilmiah Pendidikan FKIP UNS, 3(1), 1–6.
Nurfitriyanti, M., & Lestari, W. (2016). Penggunaan Alat Peraga Kartu Domino Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jkpm, 01(02), 247–256.
Panjaitan, D. J., & Indriani, I. (2020). Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Pada Materi Logaritma. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(2), 17–25.
Puspita, A. M. I., & Purwo, S. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Literasi Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4426
Risnanosanti. (2022). Pengembangan Minat & Bakat Belajar Siswa (1st ed.). Literasi Nusantara.
Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (7th ed.). PT. Raja Grafindo Persada. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1140001
Sadiman dan Arif Sukandi. (1990). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya (1st ed.). Rajawali Press.
Septianingrum. (2017). Pengaruh Bahan Ajar Buku Tematik Berbantuan Video terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(2), 224–234.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Mempengaruhinya (Edisi revi). Rineka Cipta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1046779
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabetha.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi Mixed Methods. Alfabetha.
Sunarto. (2008). Sunarto.2008.Perkembangan Peserta Didik, hal.24 (1st ed.). Rineka Cipta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=671243
Wina Sanjaya. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan (Edisi 1 Cet). Kencana Persada Media. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1146639
Zaini, H., Afriantoni, Hadi, A., Sofyan, F. A., Faisal, Padjrin, & Hamzah, A. (2021). Covid-19 and Islamic Education in School: Searching for Alternative Learning Media. Webology, 18(1),154–165. https://doi.org/10.14704/WEB/V18I1/WEB18080
Zainuddin, M., & Fatoni, M. (2021). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN PAKEM MENGGUNAKAN APLIKASI ENGLISH CHILDREN DALAM PENGENALAN BAHASA INGGRIS. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 111–122. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1070