Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Pada Proses Pembelajaran Tematik Kelas V di Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas tentang gaya belajar peserta didik yang mana setiap peserta didik pasti memiliki gaya belajar yang berbeda didalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gaya belajar yang tampak pada peserta didik saat proses pembelajaran tematik kelas V Sekolah Dasar Negeri 138 OKU. Jenis penelitian ini deskrptif kualitatif, Desain penelitian yang digunakan yaitu field research. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa didalam proses pembelajaran tematik ini bisa dikatakan berjalan dengan lancar dan kondusif serta terarah dikarenakan guru memiliki pedoman pembelajaran dan juga memahami gaya belajar peserta didik yang mana terdapat tiga gaya belajar yang tampak pada peserta didik kelas V seperti: Visual dimana peserta didik dengan gaya belajar ini cendrung lebih mudah mengingat objek yang dilihat daripada didengar lalu untuk Auditorial peserta didik dengan gaya belajar ini cendrung lebih mudah belajar dengan mendengarkan dan Kinestetik peserta didik dengan gaya belajar ini lebih cenderung menyukai bila guru memberikan materi sambil praktik. Visual sebanyak 34%, Auditorialal sebanyak 34% dan Kinestetik sebanyak 31%. Maka dapat disimpulkan bahwa gaya belajar yang dominan di kelas V adalah gaya belajar Visual dan Auditorial yaitu sebanyak 34% dan sisanya Kinestetik sebanyak 31%.
Article Details
Section
Articles
References
Alif Via Sufianti, (2022), Hubungan Gaya Belajar Dengan Multiple Intellegences Terhadap
Prestasi Peserta Didik, Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume. 2 No. 1
Anne Williams, dan Joanne Cliffe, (2011), Primary PE Unlocking The Potential, New York:
Mixed Souces.
Avinda Aminatun, “Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi Akademik Kelas IV SD Negeri
Sumberrejo Mertoyudan Magelang Jawa Tengah Tahun Ajaran 2012/2013.” (Skripsi,:
Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, 2013)
Aprilia Khoirunnisa dan Slamet Soro, (2021), Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep
Matematis pada Materi SPLDV Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik, Jurnal
Pendidikan Matematika, Volume 05, No. 03
Barbara Prashnig, (2007), The Power Of Learning Style Bandung: Kaifa
20 Limas PGMI, Vol. 04, No. 01, Juni 2023
Chris Hilda, Gaya Belajar Siswa Kelas II B SD Negeri Tukangan Yogyakarta, (Universitas Negeri
Yogyakarta: Yogyakarta, 2016), Vol. 6 No. 1 Tahun 2017
Hamzah B. Uno,(2008), Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi
Aksara
Meriyati, (2015), Memahami Karakteristik Anak Didik, Bandar Lampung: Fakta Press
Marilee Sprenger, (2011), Cara Mengajar Agar Peserta didik Tetap Ingat, Jakarta: Erlangga
M. Ghufron & Rita, (2012), Gaya Belajar; Kajian Teoritik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Naufal Firdaus Dan Ratna Rustina. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Unsil.
Nasution, (2011), Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar, Jakarta: Bumi
Aksara
Nurul Hidayah, (2015). ”Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar‟, Terampil : Jurnal
Pendidikan dan Pembelajaran Dasar UIN Raden Intan Lampung, Vol. 2. No. 1.
Ni Wayan Juliani, dkk, (2016), Analisis Gaya Belajar Peserta didik Dalam Pembelajaran Bahasa
Indonesia Pada Peserta didik Kelas V SD Gugus VI Kabupaten Karangasem Tahun
Pelajaran 2015/2016, e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesa, Jurusan PGSD Vol:
4 No: 1
Trianto, (2010), Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Bumi Aksara.
Tom Barwood, (2011), Strategi Belajar Seri Strategi Pengajaran, Jakarta: Erlangga
Prestasi Peserta Didik, Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume. 2 No. 1
Anne Williams, dan Joanne Cliffe, (2011), Primary PE Unlocking The Potential, New York:
Mixed Souces.
Avinda Aminatun, “Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi Akademik Kelas IV SD Negeri
Sumberrejo Mertoyudan Magelang Jawa Tengah Tahun Ajaran 2012/2013.” (Skripsi,:
Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, 2013)
Aprilia Khoirunnisa dan Slamet Soro, (2021), Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep
Matematis pada Materi SPLDV Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik, Jurnal
Pendidikan Matematika, Volume 05, No. 03
Barbara Prashnig, (2007), The Power Of Learning Style Bandung: Kaifa
20 Limas PGMI, Vol. 04, No. 01, Juni 2023
Chris Hilda, Gaya Belajar Siswa Kelas II B SD Negeri Tukangan Yogyakarta, (Universitas Negeri
Yogyakarta: Yogyakarta, 2016), Vol. 6 No. 1 Tahun 2017
Hamzah B. Uno,(2008), Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi
Aksara
Meriyati, (2015), Memahami Karakteristik Anak Didik, Bandar Lampung: Fakta Press
Marilee Sprenger, (2011), Cara Mengajar Agar Peserta didik Tetap Ingat, Jakarta: Erlangga
M. Ghufron & Rita, (2012), Gaya Belajar; Kajian Teoritik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Naufal Firdaus Dan Ratna Rustina. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Unsil.
Nasution, (2011), Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar, Jakarta: Bumi
Aksara
Nurul Hidayah, (2015). ”Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar‟, Terampil : Jurnal
Pendidikan dan Pembelajaran Dasar UIN Raden Intan Lampung, Vol. 2. No. 1.
Ni Wayan Juliani, dkk, (2016), Analisis Gaya Belajar Peserta didik Dalam Pembelajaran Bahasa
Indonesia Pada Peserta didik Kelas V SD Gugus VI Kabupaten Karangasem Tahun
Pelajaran 2015/2016, e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesa, Jurusan PGSD Vol:
4 No: 1
Trianto, (2010), Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Bumi Aksara.
Tom Barwood, (2011), Strategi Belajar Seri Strategi Pengajaran, Jakarta: Erlangga