IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK DI KOTA BANJARMASIN

Main Article Content

Zilda Humaira
Barsihanor Barsihanor
Jumiati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak di kota Banjarmasin dan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berjenis studi kasus dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa di SDIT Al Firdaus Banjarmasin. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, display, dan verifikasi. Peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber untuk menjamin keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum merdeka di sekolah unggulan SDIT Al Firdaus Banjarmasin dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut: 1) Tahap perencanaan, melibatkan in-house training dan mendatangkan tenaga ahli dalam pembelajaran kurikulum mandiri. 2) Tahap pelaksanaan, meliputi penyiapan bahan ajar bagi guru dan pelaksanaan pretest bagi siswa. 3) Evaluasi, meliputi monitoring dan evaluasi format, monitoring dan evaluasi modul pengajaran, monitoring dan evaluasi pelaksanaan proyek penguatan profil siswa Pancasila, dan monitoring dan evaluasi format laporan. Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan kurikulum Merdeka di SDIT Al Firdaus Banjarmasin antara lain: 1) Faktor pendukung seperti in-house training, monitoring dan evaluasi modul pengajaran, bahan ajar yang relevan, diskusi, dan faktor penghambat. 2) Faktor penghambat terdiri dari kesulitan dalam membuat soal, kemampuan beradaptasi terhadap perubahan, dan tantangan dalam melakukan penilaian.

Article Details

Section
Articles

References

Adi, Nelfia, Sulastri Sulastri, Syahril Syahril, Sari Febrianti. Penyusunan asesmen projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) pada kurikulum merdeka bagi guru sekolah dasar, JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 8, (3), 2023, 339

Albi Anggito & Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: Jejak.

Anridzo, Abdul Khafid, Imron Arifin, Dwi Fitri Wiyono. (2022). Implementasi Supervisi Klinis dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. . Jurnal Basicedu, 6(5), 8812-8818.

Baharuddin. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1). Sulawesi Selatan: Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Study Guru dan Pembelajaran.

Damayanti, H. L., & Anando, A. A. (2021). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Sinestesia, 11(1), . 52–59.

Fauzi. (2022). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak. Jurnal Pahlawan Vol 18, No.2.

Hartatik. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (Ikm) Melalui in House Training (Iht) Di Sdn Tlekung 02 Kota Batu. . Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 1(4), 318-339.

Jufriadi, Ahmad, Choirul Huda, Sudi Dul Aji, Hestiningtyas Yuli Pratiwi, Hena Dian Ayu. (2022). Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 7, No.1, 39-53.

Laila. (2022). Kurikulum Prototie Pendidikan Paradigma Masa Depan. Jurnal Visionary, 28-26.

Madhakomala. (2022). Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. Jurnal Pendidikan At Taqlim, 8.

Magdalena, Ina, Miftah Nurul Annisa, Gestiana Ragin, Adinda Rahma Ishaq. (2021). Analisis penggunaan teknik pre-test dan post-test pada mata pelajaran matematika dalam keberhasilan evaluasi pembelajaran di sdn bojong 04. . Nusantara 3, No.2, 150-165.

Nasution. (2022). Asesment kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Prosiding Pendidikan Dasar 1, No.1, 135-142.

Nellitawati, Ernita, Nur Hazizah, Tia Ayu Ningrum. (2022). Bimtek Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar untuk Guru di Sekolah Dasar. Abdi. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 4, No.2, 420-425.

Oksari. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Biologi Universitas Nusa Bangsa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 5 (1), 78-85.

Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu 6, No.4, 6313-6319.

Rahmadayanti dan Hartoyo. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu 6, No.4, 7174-7187.

Ruja, Sukamto. (2015). Survey permasalahan implementasi kurikulum nasional 2013. Jurnal Sejarah dan Budaya, 2, 193-199.

Rukin. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: : Ahmar Cendekia Indonesia.

Sari, Silvi Yulia, Putri Dwi Sundari,Fadhila Ulfa Jhora, Hidayati Hidayati. (2020). Studi Hasil Bimbingan Teknis Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad-21 dalam Rangka Penerapan Program Merdeka Belajar. . Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep) 4, No.2, 189-196.

Solehudin. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6 (4), 7486-7495.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Susetyo. (2020). Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. . Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 29-43.

Ulinniam. (2021). Penerapan Kurikulum Revisi 2013 Di Masa Pandemi Pada SMK IBS Tathmainul Qullub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118-126.

Yunita, Ahmad Zainuri, Ibrahim, Ahmad Zulfi, Mulyadi. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jambura Journal of Educational Management, 16-25.