FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISWA PUTUS SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Indah Wigati
Amilda
Weni Lestari
Yuniar

Abstract

Kurangnya perhatian orang tua menjadi salah satu penyebab terjadinya putus sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan dan memastikan jumlah anak putus sekolah sebagai dampak dari dismotivasi orangtua dan kesadaran anak terhadap pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian berfokus pada siswa sekolah dasar (SD) negeri dan swasta, yang putus sekolah di kota Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk dismotivasi orang tua terhadap pendidikan anak adalah pembiaran terhadap keputusan anak untuk berhenti sekolah yang berdampak pada putusnya pendidikan anak pada tingkat SD, Faktor penyebab putus sekolah dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok, yaitu; faktor berasal dari anak, keluarga, dan lingkungan sosial budaya. Simpulan penelitian ini memberikan gambaran bahwa masih banyak anak yang putus sekolah di Indonesia baik pada sekolah dasar negeri dan swasta

Article Details

Section
Articles

References

Data Kualitatif (Buku Sumber tentang Metode-metode Baru). Jakarta: UIP.

PDSP Palembang. (2018). Poltabes (Program Layanan Tak Boleh Berhenti Sekolah Melalui Sekolah Anak Jalanan Dan Putus Sekolah Kota Palembang). http://portal.disdik.palembang.go.id/Selfi_Anjal_APS.

Rahayu, R. D. and Wigna, W. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat Terhadap Persepsi Gender Mahasiswa Laki-Laki Dan Perempuan (Kasus Mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Islam TAZKIA Tahun Masuk 2009). 1-23.

Ribeiro, L. M., Cunha, R. S., Silva, M. C. A., Carvalho, M., and Vital, M. L. (2021). Parental Involvement during Pandemic Times: Challenges and Opportunities. Educ. Sci. 11: 302.

Ricard, N. C. and Pelletier, L. G. (2016). Dropping Out Of High School: The Role Of Parent And Teacher Self-Determination Support, Reciprocal Friendships And Academic Motivation. Contemporary Educational Psychology. 44(45): 32–40.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sum, A., Kwatiwada, I., Mclaughlin, J., and Palma, D. (2009). The Consequences of Dropping Out of High School. Boston, MA: Center for Labor Market Studies, Northeastern University.

Sumardi, L. (2020). Why Students Dropout? Case Study of Dropout Attributions in West Nusa Tenggara Province, Indonesia. Cross-Currents: An International Peer-Reviewed Journal on Humanities & Social Sciences. 6(6): 85-81.

UNESCO Institute for Statistic (UIS). (2016). Leaving no one behind: how far on the way to universal primary and secondary education? UIS UNESCO.