PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATHLET EKSPLORATIF BERBASIS ADOBEFLASHCS6 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Main Article Content

Baharuddin
Anggun Sasmita
Rosdiana
Muhammad Rusmin
Fitriani Nur
Suharti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara membuat media pembelajaran Mathlet Eksploratif berbasis AdobeFlashCs6 dengan materi bangun datarsegiempat bernuansa islami untuk meningkatkan minat belajar siswa. Model pengembangan ADDIE digunakan untuk penelitian dan pengembangan (R&D), yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini melibatkan siswa Madani Alauddin Pao-Pao, siswa kelas IV B di MI Madani di Kabupaten Gowa. Berdasarkan hasil penelitian, tim validator memberikan nilai kevalidan 3,9, dengan kategori valid. Hasil kepraktisan didasarkan pada angket respons guru sebesar 89% dengan kategori positif dan lembar keterlaksanaan pembelajaran sebesar 1,9 dengan kategori terlaksana seluruhnya. Dari kedua hasil analisis, media memenuhi kriteria praktis. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa media memenuhi kriteria efektif: angket respons siswa sebesar 82% dalam kategori positif, penilaian aktivitas siswa sebesar rata-rata 64% dalam kategori positif, penilaian minat belajar siswa sebesar 69% dalam kategori cukup baik, dan tes hasil belajar sebesar 87,5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwamedia pembelajaran Mathlet Explorative, yang berbasis AdobeFlash Cs6 pada materi bangun datar segiempat, layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Article Details

Section
Articles