ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM ‎PEMBELAJARAN DARING DI SD/MI

Main Article Content

ALFI LATHIFAH
Asrin Nasution
Finy Fitriani

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai analisis strategi pembelajaran tematik ketika daring di SD/MI untuk menambahkan informasi khususnya untuk guru dalam melaksanakan proses pembelajaran agar mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber literatur berupa dokumen, jurnal, dan tesis. Dalam melaksanakan proses pembelajaran tematik secara daring terdapat kendala berupa rendahnya motivasi belajar siswa, sarana dan prasana, kurang pengawasan orang tua ketika siswa belajar karena bekerja, gangguan sistem aplikasi dan jaringan yang tidak stabil. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut ialah pihak sekolah, masyarakat, guru dan orang tua harus saling bekerja sama,berkomunikasi dan saling membantu agar proses pembelajaran berjalan dengan efekti dan mencapai tujuan pendidikan. Strategi yang dapat dilakukan guru dalam proses pembelajaran tematik secara daring yaitu dengan 3 tahap, tahap perancangan atau perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap penilaian. Pada tahap perencanaan atau perancangan guru membuat strategi berupa menentukan dan merancang media atau alat yang akan digunakan dalam pembelajaran daring yang disesuikan pada kemampuan orang tua dan siswa dan guru membuat RPP terlebih dahulu,lalu kemudian pada tahap pelaksanaan yaitu guru membuat strategi berupa mengimplementasikan RPP yang sudah dirancang dengan mempertimbangkan waktu, metode, media,alat dan bahan yang sesuai dengan materi kemudian pada tahap ketiga yaitu tahap penilaian, guru membuat strategi penilaian yang disesuaikan pada kemampuan siswa ketika pembelajaran dalam ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa.
Kata Kunci : Strategi,Pembelajaran, Tematik,Daring,SD/MI
Abstract
This study aims to describe the analysis of thematic learning strategies when online in SD/MI to add information, especially for teachers in carrying out the learning process in order to achieve educational goals. This study uses a qualitative descriptive approach with literature sources in the form of documents, journals, and theses. In carrying out the thematic learning process online there are obstacles in the form of low student motivation, facilities and infrastructure, lack of parental supervision when students study because of work, application system disturbances and unstable networks. Efforts that can be made to overcome these obstacles are that schools, communities, teachers and parents must work together, communicate and help each other so that the learning process runs effectively and achieves educational goals. Strategies that can be carried out by teachers in the thematic online learning process are with 3 stages, the planning stage, the implementation stage and the assessment stage. At the planning stage the teacher makes a strategy in the form of determining and designing the media or tools that will be used in online learning that is adjusted to the ability of parents and students and teachers to make RPP first, then at the implementation stage, the teacher makes a strategy in the form of implementing the RPP that has been designed with considering the time, methods, media, tools and materials that are in accordance with the material then in the third stage, namely the assessment stage, the teacher makes an assessment strategy that is tailored to students' abilities when learning in the realm of student knowledge, attitudes and skills
Keywords: Strategy, Learning, Thematic, Daring, SD/MI

Article Details

Section
Articles