PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) KELAS IV TEMA 6 SUBTEMA 3 DI SD MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG

Main Article Content

Novita Utami
Nurlaeli Nurlaeli
Miftahul Husni
Aquami Aquami
Siti Fatimah

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) merancang bahan ajar berupa emodul berbasis contextual teaching learning (CTL) tema 6 cita-citaku subtema 3kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Palembang, (2) menghasilkan bahan ajar emodul berbasis contextual teaching learning (CTL) tema 6 cita-citaku subtema 3kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Palembang yang valid, (3) menghasilkan bahanajar e-modul berbasis contextual teaching learning (CTL) tema 6 cita-citakusubtema 3 kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Palembang yang praktis. Metodepenelitian yang digunakan Research and Development dengan model Tessmer.Penelitian pengembangan Tessmer difokuskan pada dua tahap yaitu tahappreliminary dan tahap prototyping yang menggunakan alur formative evaluation.Tahap preliminary terdiri dari tahap persiapan (analisis) dan pendesainansedangkan tahap formative evalution yang meliputi self evaluation, prototyping(expert review, One-to-one, dan small group), serta field test. Pengumpulan datayang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalahpeserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah 4 dengan jumlah reponden 9 orang.Maka dapat disimpulkan bahwa: (1) perencanaan desain bahan ajar e-modulberbasis contextual teaching learning (CTL) dapat digunakan untuk di ujivaliditasnya yang dilaksanakan pada tahap expert review dan one to one. Hal initerlihat dari penilaian pada tahap self evaluation berupa komentar dan saran yangdigunakan untuk merevisi bahan ajar untuk dijadikan prototype I sehingga dapatdiuji validitasnya pada tahap berikutnya, (2) menghasilkan bahan ajar bahan ajarberupa e-modul berbasis contextual teaching learning (CTL) tema 6 cita-citakusubtema 3 kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Palembang yang valid dilihat darihasil angket validasi ahli desain diperoleh skor 79, ahli bahasa diperoleh skor 81,dan ahli materi diperoleh skor 99, serta dari hasil hasil validasi angket one to onediperoleh skor rata-rata 85, maka hasil rata-rata dari validasi angket pada tahapexpert review dan one to one diperoleh skor 85 dengan kategori sangat valid, (3) menghasilkan bahan ajar berupa e-modul berbasis contextual teaching learning(CTL) tema 6 cita-citaku subtema 3 kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Palembangyang praktis dilihat dari hasil responden pada tahap small group dengan perolehanskor rata-rata sebesar 83 dengan kategori sangat praktis.

Article Details

Section
Articles