Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Humanistik
Main Article Content
Abstract
Bahasa Arab sebagaimana bahasa-bahasa yang lain memiliki empat keterampilan berbahasa (مهارة اللغة) atau dikenal pula dengan فنون اللغة (seni-seni bahasa). Pembelajaran bahasa Arab adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar kata-kata yang disusun dan digunakan oleh orang-orang Arab untuk mengungkapkan tujuan-tujuan orang-orang Arab tersebut. Pembelajaran bahasa Arab berbasis humanistik saat diaplikasikan di kelas dapat dilakukan dengan beberapa model berikut; 1) Pendidikan berbahasa terbuka adalah proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bergerak secara bebas di sekitar kelas dan memilih aktivitas belajar mereka sendiri.guru hanya berperan sebagai pembimbing.2) belajar berbahasa dengan kooperatif merupakan dasar yang baik untuk meningkatkan dorongan berprestasi peserta didik. 3) Pembelajaran mandiri adalah proses pembelajaran yang menuntut peserta didik menjadi subyek yang harus merancang. mengatur dan mengontrol kegiatan mereka sendiri secara bertanggung jawab.
Article Details
How to Cite
Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Humanistik. (2017). Medina-Te : Jurnal Studi Islam, 12(1), 77-86. https://doi.org/10.19109/medinate.v12i1.1148
Section
Artikel
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Humanistik. (2017). Medina-Te : Jurnal Studi Islam, 12(1), 77-86. https://doi.org/10.19109/medinate.v12i1.1148