Islam Cerdas di Ruang Digital: Urgensi Peran Mahasiswa dalam Menebar Jala Moderasi Beragama di Media Sosial
Main Article Content
Abstract
This article examines the urgency of the role of students in spreading the net of religious moderation in the virtual world (digital). Considering the growing movement of extremist/radical/terrorist groups in the digital space, there needs to be a balance or even dominance of polite (moderate) Islamic doctrine in an effort to maintain the stability of socio-religious life. Moreover, the rapid development of technology, digital media is now a public consumption for communication, sharing, and accessing scientific sources, including in conveying an increasingly varied religious expression. Therefore, in this article, we try to explore the important contribution that generation Z students can make as productive consumers of social media in an effort to spread the net of religious moderation (smart Islam) in the digital space (air). First, being able to read what social media platforms are most in demand by the public. Second, being able to create creative content about moderate da'wah and interesting to watch. Third, continue to maintain the consistency of da'wah in the digital space. Fourth, fresh innovations by students are able to give a new color to the preaching of religious moderation in Indonesia. A qualitative approach is a step that is applied in systematically compiling this article. By utilizing the library research method with relevant sources and utilizing social media channels as examples of content references that are studied in detail, later it will be related to how reading opportunities for students in spreading the symbols of religious moderation in the digital space can be realized. In this way, guarding religious moderation and countering hardline groups does not only involve teachers, experts, and clergy, but also involves students as the golden generation of moderates.
Article Details
How to Cite
Islam Cerdas di Ruang Digital: Urgensi Peran Mahasiswa dalam Menebar Jala Moderasi Beragama di Media Sosial. (2023). Medina-Te : Jurnal Studi Islam, 18(2), 121-137. https://doi.org/10.19109/medinate.v18i2.15444
Section
Artikel
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
Islam Cerdas di Ruang Digital: Urgensi Peran Mahasiswa dalam Menebar Jala Moderasi Beragama di Media Sosial. (2023). Medina-Te : Jurnal Studi Islam, 18(2), 121-137. https://doi.org/10.19109/medinate.v18i2.15444
References
Akhmadi, Agus, “Religious Moderation in Indonesia’s Diversity”, Jurnal Diklat Keagamaan, Vol. 13, No. 2 (2019).
Alis, La Ode, dkk, “Peran Mahasiswa Sebagai Social-Control: (Studi Tentang Partisipasi Mahasiswa dalam Mengawasi Pengelolahan Dana Desa di Desa Kongja Kecamatan Lohia Kabupaten Muna)”, Neo Societal, Vol. 3, No. 2 (2018).
Arijlmanan, “Revitalisasi Islam Sebagai Pedoman Hidup Manusia”, Al-Mashlahah: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial Islam, Vol. 6, No. 2 (Oktober 2018).
Azisi, Ali Mursyid, “Islam Nusantara: Corak Keislaman Indonesia dan Perannya dalam Menghadapi Kelompok Puritan”. Empirisma: Jurnal Pemikiran dan Kebudayaan Islam. Vol. 29, No. 2. Juli 2020.
Burhani, A. N., “Aksi Bela Islam: Konservatisme dan Fragmentasi Otoritas Keagamaan”, Jurnal Ma’arif, Vol. 11, No. 2 (2016).
Burhanuddin, Nunu, “Akar dan Motif Fundamentalisme Islam: Reformulasi Tipologi Fundamentalisme dan Prospeknya di Indonesia”, Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya, Vol. 1, No. 2 (Juli 2016).
Daradjat, Zakiya, “Muhammadiyah dan NU: Penjaga Moderatisme Islam di Indonesia” Hayula: Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies. Vol. 1, No. 1. Januari 2017.
Dewantara, Agustinus Wisnu, “Radikalisme Agama dalam Konteks Indonesia yang Agamis dan Berpancasila”, Jurnal Pendidikan Agama Katolik, Vol. 19, No. 1 (2019).
Faiqah, Nurul, Toni Pransiska, “Radikalisme Islam dan Moderasi Islam: Upaya Membangun Wajah Islam Indonesia yang Damai”, Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Kesilaman, Vol. 17, No. 1 (Januari-Juni 2017).
Farhan, Ibnu, “Aliran Puritan dan Moderat dalam Islam”, Misykah: Jurnal Pemikiran dan Studi Islam, Vol. 1, No. 1 (Januari-Juni 2016).
Hefni, Wildani, “Religious Moderation in The Digital Space: Case Study of Mainstreaming Religious Moderation among Islamic Higher Education Instituations”, Jurnal Bimas Islam, Vol. 13, No. 1 (2020).
Jannah, Faridahtul, Ani Sulianti, “Perspektig Mahasiswa Sebagai Agen of Change Melalui Pendidikan Kewarganegaraan”, Asanka: Journal of Social Science and Education, Vol. 2, No. 2 (2021).
Kamhar, Muhammad Yusi, Erma Lestari, “Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi”, Intelegensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 1, No. 2 (Juni 2019).
Kementrian Agama RI, “Petunjuk Teknis Rumah Moderasi Beragama”, Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 897 Tahun 2021.
Kurniawati, Juliana, Siti Baroroh, “Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu”, Jurnal Komunikator, Vol. 8, No. 2 (November 2016).
Mardawani, Lusiana, “Peran Mahasiswa dalam Upaya Membentuk Generasi Muda Berkarakter Melalui Pendekatan Humanis Berbasis Kearifan Lokal Suku Dayak di Desa Telaga”, Jurnal Pekan, Vol. 3, No. 1 (2018).
Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, April 2017).
Mubarak, M. Zaki, “Dari NII ke ISIS: Transformasi Ideologi dan Gerakan dalam Islam Radikal di Indonesia Kontemporer”. Episteme. Vol. 10, No. 1. Juni 2015.
Mubit, Rizal, “Peran Agama dalam Multikulturalisme Masyarakat Indonesia”, Episteme, Vol. 11, No. 1, (Juni 2016).
Neuwith, Kurt, Edward Frederick, Charles Mayo, “The Spiral of Silence and Fear of Isolation”, Journal of Communication, Vol. 57, No. 3 (2007).
Mun’im, A. Rafiq Zainul, “Islam Puritan vs Islam Moderat (Menapak Gagasan Khaled Abou el-Fadl dalam The Great Thefl: Wrestling Islam From Extremists”, At-Turaz: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 5, No. 2 (Juli-Desember, 2018).
Pratiwi, Putri Septi, dkk, “Moderasi Beragama dan Media Sosial (Studi Analisis Konten Instagran & Tik-Tok)”, Jurnal dakwah dan Komunikasi, (2021).
Safliana, Eka, “Al-Qur’an Sebagai Pedoman Hidup Manusia”, Jihafas, Vol. 3, No. 2 (Desember 2020).
Saifuddin, “Kekerasan Atas Nama Tuhan: Studi Kasus Kekerasan FPI di Yogyakarta”, In Right: Jurnal Agama dan Hak Azasi Manusia, Vol. 1, No. 1 (2011).
Saryono, Mekar Dwi Anggraeni, Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan, (Yogyakarta : Nuha Medika, 2013).
Setiadi, Ahmad, “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi”, AMIK BSI Karawang.
Setiawan, Wawan, “Era Digital dan Tantangannya”, Seminar Nasional Pendidikan, (2017).
Shihab, M. Quraish, Wasathiyyah, Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama Cet. II, (Lentera Hati, 2020).
Sodikin, R. Abuy, “Konsep Agama dan Islam”, Al-Qalam, Vol 20, No 97 (April-Juni 2003).
Subekti, Hasan, “Representasi Penggunaan Media Digital dan Pembelajaran Berbasis Penelitian: Sebuah Survey Untuk Mengukur Perilaku Pada Mahasiswa Baru di Program Studi Pendidikan Sains Unesa”, Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, Vol. 1, No. 1 (2016).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&K, (Bandung: ALFABETA, September 2019).
Sutiyoso, Bambang Utoyo, dkk, “Peran Mahasiswa dalam Pembangunan Politik di Era Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0”, LPPM UNILA Lampung, dapat diakses online di: http://repository.lppm.unila.ac.id/35310/1/Draft%20Senapati%20Peran%20Mahasiswa.pdf
Taneko, Soeleman B., Sosiologi Menyelami Fenomena di Masyarakat, (Bandung: Setia Purna Inves, 1986).
Tanjung, Armaidi, “Dakwah di Cybers Space: Peluang dan Tantangannya”, Tathwir: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, Vol. 1, No. 2 (2018).
Tawaang, Felix, Bambang Mudjiyanto, “Mencegah Radikalisme Melalui Media Sosial”, Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, (2021).
Toyyib, M., “Radikalisme Islam Indonesia”. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam. Vol 1, No. 1. Januari 2018.
Umami, Ida, “Peran Tokoh Agama dalam Pembinaan Harmonisasi Kehidupan dan Akhlak Masyarakat di Kota Metro Lampung”, Fikri, Jurnal Agama Sosial dan Budaya, Vol. 3, No. 1 (Juni 2018).
Wahidmurni, “Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif”, Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang, Juli 2017.
Wahyudi, Chafid, “Tipologi Islam Moderat dan Puritan: Pemikiran Khaled M. Abou el-Fadl”, Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam, Vol. 1, No. 1 (Juni 2011).
Wibowo, A., “Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam di Era Digital”, Jurnal Islam Nusantara, Vol. 3, No. 2 (2019).
Yudha, Reza Praditya, Irwansyah, “Media Baru Digital Sebagai Peretas Konteks Komunikasi Antar Pribadi Dan Kelompok”, Islamic Comunication Journal, Vol. 3, No. 2, (Juli-Desember 2018).
Yusuf, Muhammad Zulfikar, Destita Mutiara, “Deseminasi Informasi Moderasi Beragama: Analisis Konten Website Kementrian Agama”, Jurnal Dialog, Vol. 45, No. 1 (2022).
Zamimah, Iffati, “Moderatisme Islam dalam Konteks Keindonesiaan (Studi Penafsiran Islam Moderat M. Quraish Shihab”, Al-Fanar: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Vol. 1, No. 1 (Juli 2018).
Website:
APJII, “Laporan Survey Internet Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) (Q2) Tahun 2019-2020”, Indonesia Survey Center, https://apjii.or.id/survei.
APJII, “Laporan Survey Internet Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) (Q1) Tahun 2021-2022”, Indonesia Survey Center, https://apjii.or.id/survei.
Binus University Online Learning, “8 Peran dan Fungsi Mahasiswa bagi Kehidupan Bermasyarakat”, (12 Jan 2022), https://onlinelearning.binus.ac.id/2022/01/12/8-peran-dan-fungsi-mahasiswa-bagi-kehidupan-bermasyarakat/#:~:text=Fungsi%20mahasiswa%20sebagai%20kontrol%20sosial,sosial%20di%20masyarakat%20maupun%20bangsa.
Biro humas admisi unusia, “Muhammadiyah Gerakan Wasathiyah Islam Berkemajuan”, https://www.unisayogya.ac.id/muhammadiyah-gerakan-wasathiyah-islam-berkemajuan/#:~:text=Wasathiyah%20Islam%20Muhammadiyah%20adalah%20Gerakan,di%20dalam%20hadis%20Nabi%20Muhammad
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Indonesia, https://bnpt.go.id/.
M. E. Dollarhide, ‘Social Media Definition’. Investpedia. http://billscomputerpot.com/menus/windows/SocialMedia.pdf
Media Indonesia, “Dengung Konservatif di Media Sosial”, (18 November 2020), https://mediaindonesia.com/editorials/detail_editorials/2172-dengung-konservatif-di-media-sosial
PPIM UIN Jakarta, “Riset Tren Keberagamaan Gerakan Hijrah Kontemporer”, https://ppim.uinjkt.ac.id/2022/06/23/riset-tren-keberagamaan-gerakan-hijrah-kontemporer/.
The Jakarta Post, “Religious Concervative Narative Dominatse Social Media Space in Indonesia”, (November 2020), https://www.thejakartapost.com/news/2020/11/16/religious-conservative-narrative-dominates-social-media-spaces-in-indonesia.html,
Alis, La Ode, dkk, “Peran Mahasiswa Sebagai Social-Control: (Studi Tentang Partisipasi Mahasiswa dalam Mengawasi Pengelolahan Dana Desa di Desa Kongja Kecamatan Lohia Kabupaten Muna)”, Neo Societal, Vol. 3, No. 2 (2018).
Arijlmanan, “Revitalisasi Islam Sebagai Pedoman Hidup Manusia”, Al-Mashlahah: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial Islam, Vol. 6, No. 2 (Oktober 2018).
Azisi, Ali Mursyid, “Islam Nusantara: Corak Keislaman Indonesia dan Perannya dalam Menghadapi Kelompok Puritan”. Empirisma: Jurnal Pemikiran dan Kebudayaan Islam. Vol. 29, No. 2. Juli 2020.
Burhani, A. N., “Aksi Bela Islam: Konservatisme dan Fragmentasi Otoritas Keagamaan”, Jurnal Ma’arif, Vol. 11, No. 2 (2016).
Burhanuddin, Nunu, “Akar dan Motif Fundamentalisme Islam: Reformulasi Tipologi Fundamentalisme dan Prospeknya di Indonesia”, Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya, Vol. 1, No. 2 (Juli 2016).
Daradjat, Zakiya, “Muhammadiyah dan NU: Penjaga Moderatisme Islam di Indonesia” Hayula: Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies. Vol. 1, No. 1. Januari 2017.
Dewantara, Agustinus Wisnu, “Radikalisme Agama dalam Konteks Indonesia yang Agamis dan Berpancasila”, Jurnal Pendidikan Agama Katolik, Vol. 19, No. 1 (2019).
Faiqah, Nurul, Toni Pransiska, “Radikalisme Islam dan Moderasi Islam: Upaya Membangun Wajah Islam Indonesia yang Damai”, Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Kesilaman, Vol. 17, No. 1 (Januari-Juni 2017).
Farhan, Ibnu, “Aliran Puritan dan Moderat dalam Islam”, Misykah: Jurnal Pemikiran dan Studi Islam, Vol. 1, No. 1 (Januari-Juni 2016).
Hefni, Wildani, “Religious Moderation in The Digital Space: Case Study of Mainstreaming Religious Moderation among Islamic Higher Education Instituations”, Jurnal Bimas Islam, Vol. 13, No. 1 (2020).
Jannah, Faridahtul, Ani Sulianti, “Perspektig Mahasiswa Sebagai Agen of Change Melalui Pendidikan Kewarganegaraan”, Asanka: Journal of Social Science and Education, Vol. 2, No. 2 (2021).
Kamhar, Muhammad Yusi, Erma Lestari, “Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi”, Intelegensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 1, No. 2 (Juni 2019).
Kementrian Agama RI, “Petunjuk Teknis Rumah Moderasi Beragama”, Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 897 Tahun 2021.
Kurniawati, Juliana, Siti Baroroh, “Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu”, Jurnal Komunikator, Vol. 8, No. 2 (November 2016).
Mardawani, Lusiana, “Peran Mahasiswa dalam Upaya Membentuk Generasi Muda Berkarakter Melalui Pendekatan Humanis Berbasis Kearifan Lokal Suku Dayak di Desa Telaga”, Jurnal Pekan, Vol. 3, No. 1 (2018).
Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, April 2017).
Mubarak, M. Zaki, “Dari NII ke ISIS: Transformasi Ideologi dan Gerakan dalam Islam Radikal di Indonesia Kontemporer”. Episteme. Vol. 10, No. 1. Juni 2015.
Mubit, Rizal, “Peran Agama dalam Multikulturalisme Masyarakat Indonesia”, Episteme, Vol. 11, No. 1, (Juni 2016).
Neuwith, Kurt, Edward Frederick, Charles Mayo, “The Spiral of Silence and Fear of Isolation”, Journal of Communication, Vol. 57, No. 3 (2007).
Mun’im, A. Rafiq Zainul, “Islam Puritan vs Islam Moderat (Menapak Gagasan Khaled Abou el-Fadl dalam The Great Thefl: Wrestling Islam From Extremists”, At-Turaz: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 5, No. 2 (Juli-Desember, 2018).
Pratiwi, Putri Septi, dkk, “Moderasi Beragama dan Media Sosial (Studi Analisis Konten Instagran & Tik-Tok)”, Jurnal dakwah dan Komunikasi, (2021).
Safliana, Eka, “Al-Qur’an Sebagai Pedoman Hidup Manusia”, Jihafas, Vol. 3, No. 2 (Desember 2020).
Saifuddin, “Kekerasan Atas Nama Tuhan: Studi Kasus Kekerasan FPI di Yogyakarta”, In Right: Jurnal Agama dan Hak Azasi Manusia, Vol. 1, No. 1 (2011).
Saryono, Mekar Dwi Anggraeni, Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan, (Yogyakarta : Nuha Medika, 2013).
Setiadi, Ahmad, “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi”, AMIK BSI Karawang.
Setiawan, Wawan, “Era Digital dan Tantangannya”, Seminar Nasional Pendidikan, (2017).
Shihab, M. Quraish, Wasathiyyah, Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama Cet. II, (Lentera Hati, 2020).
Sodikin, R. Abuy, “Konsep Agama dan Islam”, Al-Qalam, Vol 20, No 97 (April-Juni 2003).
Subekti, Hasan, “Representasi Penggunaan Media Digital dan Pembelajaran Berbasis Penelitian: Sebuah Survey Untuk Mengukur Perilaku Pada Mahasiswa Baru di Program Studi Pendidikan Sains Unesa”, Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, Vol. 1, No. 1 (2016).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&K, (Bandung: ALFABETA, September 2019).
Sutiyoso, Bambang Utoyo, dkk, “Peran Mahasiswa dalam Pembangunan Politik di Era Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0”, LPPM UNILA Lampung, dapat diakses online di: http://repository.lppm.unila.ac.id/35310/1/Draft%20Senapati%20Peran%20Mahasiswa.pdf
Taneko, Soeleman B., Sosiologi Menyelami Fenomena di Masyarakat, (Bandung: Setia Purna Inves, 1986).
Tanjung, Armaidi, “Dakwah di Cybers Space: Peluang dan Tantangannya”, Tathwir: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, Vol. 1, No. 2 (2018).
Tawaang, Felix, Bambang Mudjiyanto, “Mencegah Radikalisme Melalui Media Sosial”, Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, (2021).
Toyyib, M., “Radikalisme Islam Indonesia”. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam. Vol 1, No. 1. Januari 2018.
Umami, Ida, “Peran Tokoh Agama dalam Pembinaan Harmonisasi Kehidupan dan Akhlak Masyarakat di Kota Metro Lampung”, Fikri, Jurnal Agama Sosial dan Budaya, Vol. 3, No. 1 (Juni 2018).
Wahidmurni, “Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif”, Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang, Juli 2017.
Wahyudi, Chafid, “Tipologi Islam Moderat dan Puritan: Pemikiran Khaled M. Abou el-Fadl”, Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam, Vol. 1, No. 1 (Juni 2011).
Wibowo, A., “Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam di Era Digital”, Jurnal Islam Nusantara, Vol. 3, No. 2 (2019).
Yudha, Reza Praditya, Irwansyah, “Media Baru Digital Sebagai Peretas Konteks Komunikasi Antar Pribadi Dan Kelompok”, Islamic Comunication Journal, Vol. 3, No. 2, (Juli-Desember 2018).
Yusuf, Muhammad Zulfikar, Destita Mutiara, “Deseminasi Informasi Moderasi Beragama: Analisis Konten Website Kementrian Agama”, Jurnal Dialog, Vol. 45, No. 1 (2022).
Zamimah, Iffati, “Moderatisme Islam dalam Konteks Keindonesiaan (Studi Penafsiran Islam Moderat M. Quraish Shihab”, Al-Fanar: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Vol. 1, No. 1 (Juli 2018).
Website:
APJII, “Laporan Survey Internet Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) (Q2) Tahun 2019-2020”, Indonesia Survey Center, https://apjii.or.id/survei.
APJII, “Laporan Survey Internet Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) (Q1) Tahun 2021-2022”, Indonesia Survey Center, https://apjii.or.id/survei.
Binus University Online Learning, “8 Peran dan Fungsi Mahasiswa bagi Kehidupan Bermasyarakat”, (12 Jan 2022), https://onlinelearning.binus.ac.id/2022/01/12/8-peran-dan-fungsi-mahasiswa-bagi-kehidupan-bermasyarakat/#:~:text=Fungsi%20mahasiswa%20sebagai%20kontrol%20sosial,sosial%20di%20masyarakat%20maupun%20bangsa.
Biro humas admisi unusia, “Muhammadiyah Gerakan Wasathiyah Islam Berkemajuan”, https://www.unisayogya.ac.id/muhammadiyah-gerakan-wasathiyah-islam-berkemajuan/#:~:text=Wasathiyah%20Islam%20Muhammadiyah%20adalah%20Gerakan,di%20dalam%20hadis%20Nabi%20Muhammad
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Indonesia, https://bnpt.go.id/.
M. E. Dollarhide, ‘Social Media Definition’. Investpedia. http://billscomputerpot.com/menus/windows/SocialMedia.pdf
Media Indonesia, “Dengung Konservatif di Media Sosial”, (18 November 2020), https://mediaindonesia.com/editorials/detail_editorials/2172-dengung-konservatif-di-media-sosial
PPIM UIN Jakarta, “Riset Tren Keberagamaan Gerakan Hijrah Kontemporer”, https://ppim.uinjkt.ac.id/2022/06/23/riset-tren-keberagamaan-gerakan-hijrah-kontemporer/.
The Jakarta Post, “Religious Concervative Narative Dominatse Social Media Space in Indonesia”, (November 2020), https://www.thejakartapost.com/news/2020/11/16/religious-conservative-narrative-dominates-social-media-spaces-in-indonesia.html,