Analisis Hak-hak Dasar Lingkungan Hidup Ajaran Saminisme Dalam Prespektif Konstitusi Republik Indonesia Dan Hukum Islam
Main Article Content
Abstract
This study aims to determine basic environmental rights based on the teachings of Saminism and regulation of basic environmental rights based on the teachings of Saminism from the perspective of the Constitution of the Republic of Indonesia and Islamic Law. This research method uses normative legal research with statutory, conceptual and Islamic Law approaches. As for the results of the research that the basic rights of the environment based on the teachings of saminism, among others, are 1). The right to be properly cultivated; 2). The right to be planted or planted; 3). The right to be maintained or guarded; 4). Right to be preserved; 5). The right to be used sufficiently, and judging from the arrangement based on the constitution of the Republic of Indonesia, has not been regulated as a basic obligation of Indonesian citizens, but this obligation has been regulated in the PPLH Law, although it has not been clearly and unequivocally related to the form of their obligations as humans or society towards the environment. For this reason, it is necessary to encourage regulation of the basic obligations of Indonesian citizens towards the environment so that there is a balance, environment, sustainability and sustainability both in the constitution of the Republic of Indonesia and the arrangements under it which are strictly related to the form of obligations as humans or society towards the environment.
Article Details
How to Cite
Analisis Hak-hak Dasar Lingkungan Hidup Ajaran Saminisme Dalam Prespektif Konstitusi Republik Indonesia Dan Hukum Islam. (2022). Medina-Te : Jurnal Studi Islam, 18(2), 154-165. https://doi.org/10.19109/medinate.v18i2.15464
Section
Artikel
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
Analisis Hak-hak Dasar Lingkungan Hidup Ajaran Saminisme Dalam Prespektif Konstitusi Republik Indonesia Dan Hukum Islam. (2022). Medina-Te : Jurnal Studi Islam, 18(2), 154-165. https://doi.org/10.19109/medinate.v18i2.15464
References
Fahmi, S. (2011). Asas Tanggung Jawab Negara Sebagai Dasar Pelaksanaan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jurnal Hukum Ius Quia Iustum, 18(2), 212-228.
Gusmadi, S. (2018). Keterlibatan Warga Negara (Civic Engagement) Dalam Penguatan Karakter Peduli Lingkungan. Mawa Izh Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 9(1), 105-117.
Harahap, R. Z. (2015). Etika Islam dalam Mengelola Lingkungan Hidup. EDUTECH: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(01).
Is, M. S. (2021). Kepastian hukum terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia. Jurnal Yudisial, 13(3), 311-327.
Maghfur, M. (2010). Pendidikan lingkungan hidup dan masa depan ekologi manusia. In Forum tarbiyah (Vol. 8, No. 1, pp. 57-71). Fakultas Tarbiyah IAIN Pekalongan.
Nugraha, K. E. A. (2017). Penerapan Ajaran Saminisme Pada Masyarakat Sikep Samin Desa Klopodhuwur dalam Mengelola Lingkungan. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80308.
Pinasti, V. I. S., & Lestari, P. (2017). Masyarakat Samin ditinjau dari sejarah dan nilai-nilai pendidikan karakter. ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 13(2).
Romdloni, M. A., & Djazilan, M. S. (2019). Kiai dan Lingkungan Hidup: Revitalisasi Krisis Ekologis Berbasis Nilai Keagamaan di Indonesia. Journal of Islamic Civilization, 1(2), 119-129.
Sodikin, S. S. (2021). Perumusan Hak Atas Lingkungan Hidup Yang Baik Dan Sehat Dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Serta Upaya Perlindungan Dan Pemenuhannya. Supremasi: Jurnal Hukum, 3(2), 106-125.
Tantular, W. S., Ashari, K. H. H., Ahmad, K. H., Dahlan, R. M., Ageng, K., Suryamentaraman, K. S. S., ... & Wahid, K. H. A. (2021). Revitalisasi Nilai-Nilai Ajaran Samin Surosentika Pada Era Revolusi Industri 4.0. Nusantara, 53.
Therik, J. J., & Lino, M. M. (2021). Membangun Kesadaran Masyarakat Sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan. Jurnal Administrasi Publik, 17(1), 89-95.
Yusa, I. G., & Hermanto, B. (2018). Implementasi Green Constitution di Indonesia: Jaminan Hak Konstitusional Pembangunan Lingkungan Hidup Berkelanjutan. Jurnal Konstitusi, 15(2), 306-326.
Yusuf, B. (2017). Lingkungan hidup dan manusia (Kajian falsafah kalam). Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 3(2).
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan dan Metode Penelitian Kepustakaan Library. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Gusmadi, S. (2018). Keterlibatan Warga Negara (Civic Engagement) Dalam Penguatan Karakter Peduli Lingkungan. Mawa Izh Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 9(1), 105-117.
Harahap, R. Z. (2015). Etika Islam dalam Mengelola Lingkungan Hidup. EDUTECH: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(01).
Is, M. S. (2021). Kepastian hukum terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia. Jurnal Yudisial, 13(3), 311-327.
Maghfur, M. (2010). Pendidikan lingkungan hidup dan masa depan ekologi manusia. In Forum tarbiyah (Vol. 8, No. 1, pp. 57-71). Fakultas Tarbiyah IAIN Pekalongan.
Nugraha, K. E. A. (2017). Penerapan Ajaran Saminisme Pada Masyarakat Sikep Samin Desa Klopodhuwur dalam Mengelola Lingkungan. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80308.
Pinasti, V. I. S., & Lestari, P. (2017). Masyarakat Samin ditinjau dari sejarah dan nilai-nilai pendidikan karakter. ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 13(2).
Romdloni, M. A., & Djazilan, M. S. (2019). Kiai dan Lingkungan Hidup: Revitalisasi Krisis Ekologis Berbasis Nilai Keagamaan di Indonesia. Journal of Islamic Civilization, 1(2), 119-129.
Sodikin, S. S. (2021). Perumusan Hak Atas Lingkungan Hidup Yang Baik Dan Sehat Dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Serta Upaya Perlindungan Dan Pemenuhannya. Supremasi: Jurnal Hukum, 3(2), 106-125.
Tantular, W. S., Ashari, K. H. H., Ahmad, K. H., Dahlan, R. M., Ageng, K., Suryamentaraman, K. S. S., ... & Wahid, K. H. A. (2021). Revitalisasi Nilai-Nilai Ajaran Samin Surosentika Pada Era Revolusi Industri 4.0. Nusantara, 53.
Therik, J. J., & Lino, M. M. (2021). Membangun Kesadaran Masyarakat Sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan. Jurnal Administrasi Publik, 17(1), 89-95.
Yusa, I. G., & Hermanto, B. (2018). Implementasi Green Constitution di Indonesia: Jaminan Hak Konstitusional Pembangunan Lingkungan Hidup Berkelanjutan. Jurnal Konstitusi, 15(2), 306-326.
Yusuf, B. (2017). Lingkungan hidup dan manusia (Kajian falsafah kalam). Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 3(2).
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan dan Metode Penelitian Kepustakaan Library. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.