Analisis Teknik Pemasaran Produk Tabungan Mudharabah Mutlaqah Melalui Relationship Marketing Pada Bank Syariah Indonesia Cabang Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu

Main Article Content

Rihlaili NurArdillah Al Ogny
Rika Lidyah
Chandra Zaki Maulana

Abstract

This study aims to deiscribei thei application of reilationship markeiting to thei markeiting of mudhorabah mutlaqoh savings products at Bank Syariah Indoneisia Curup Branch, Reijang Leibong Reigeincy, Beingkulu Provincei. With this typei of deiscriptivei qualitativei reiseiarch and fieild reiseiarch, whilei colleicting data direictly into thei fieild by conducting inteirvieiws with seiveiral customeirs and BSI bank staff. Bank Syariah Indoneisia Curup branch useis a reilationship markeiting strateigy with 3 conceipts, nameily maintaining communication, trust and seirvicei to customeirs. This is in accordancei with thei theiory of reilationship markeiting according to somei eixpeirts so that thei application has a good impact on markeiting activitieis, maintains thei numbeir of customeirs, and provideis conveinieincei in solving probleims that arisei.

Article Details

How to Cite
Analisis Teknik Pemasaran Produk Tabungan Mudharabah Mutlaqah Melalui Relationship Marketing Pada Bank Syariah Indonesia Cabang Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. (2023). Medina-Te : Jurnal Studi Islam, 19(1), 11-21. https://doi.org/10.19109/medinate.v19i1.17018
Section
Artikel

How to Cite

Analisis Teknik Pemasaran Produk Tabungan Mudharabah Mutlaqah Melalui Relationship Marketing Pada Bank Syariah Indonesia Cabang Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. (2023). Medina-Te : Jurnal Studi Islam, 19(1), 11-21. https://doi.org/10.19109/medinate.v19i1.17018

References

Al-Hasni, F. (2017). Akad Mudharabah Mutlaqah Dalam Praktik Perbankan Syariah. Mu’amalat: Jurnal Kajian Hukum Ekonomi Syariah, 9(2), 208–222. https://doi.org/10.20414/mu.v9i2.2019 Andiyansari, C. N. (2020). Akad Mudharabah dalam Perspektif Fikih dan Perbankan Syariah.

Amalia, Fitri, Et Al. Ekonomi Pembangunan. Penerbit Widina, 2022.

Arcikasari, Garnis Olivia, And Maulida Nurhidayati. "Inovasi Foto Produk Sebagai Media Promosi Online Dalam Meningkatkan Nilai Jual Produk Umkm Bolu “Ciptoroso” Di Lingkungan Ampean Kelurahan Tonatan Ponorogo." Prodimas: Prosiding Pengabdian Masyarakat 1 (2022): 514-526.

Argantara, Zaid Raya, And Nur Azizah. "Analisis Persepsi Nasabah Pada Produk Tabungan Barokah (Bprs Bhakti Sumekar Cabang Pragaan)." Reform: Jurnal Pendidikan. Sosial Dan Budaya 6.01 (2022): 7-13.

Azizah, Zaid Raya Argantara, N. (2022). Analisis Persepsi Nasabah Pada Produk Tabungan Barokah (Bprs Bhakti Sumekar Cabang Pragaan). Pendidikan,Sosial,Dan Budaya, 6(1).

Bimo, W. A., & Cahya, T. (2018). Strategi Pemasaran Tabungan Haji Dengan Akad Mudharabah Mutlaqah Pada Pt. Bank Tabungan Negara Syariah (Persero) Tbk. Cabang Bogor. Moneter: Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 6(2), 63–66. https://doi.org/10.32832/moneter.v6i2.2413

Corporate Reputation Status menjadi Badan Usaha Milik Daerah . Bank bjb saat ini memiliki Mengutip data statistik Perbankan. Jurnal Signal, 8(1), 17.

Dewa, C. A., & Choiriyah, C. (2021). Deposito Mudharabah Pada Pt . Bprs Al-Falah Banyuasin 2021. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah, 1(2), 193–206.

Dewa, Cherli Anjasmara, Choirunnisak Choirunnisak, and Choiriyah Choiriyah. "Strategi Pemasaran Produk Deposito Mudharabah Pada Pt. Bprs Al-Falah Banyuasin 2021." Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (Jimpa) 1.2 (2021): 193-206.

Ekonomi, F., & Jember, U. (2020). Bisma : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Pendahuluan. Peningkatan Loyalitas Nasabah Tabungan Bni Taplus Cabang Jember Melalui Relatinship Marketuing, 14(1), 58.

Fathimah, V. (2017). Pengaruh Perkembangan Jumlah Tabungan, Deposito dan Bagi Hasil terhadap Jumlah Pembiayaan yang Diberikan oleh Perbankan Syariah di Sumatera Utara. Jurnal Ilman, 5(1), 41–52.

Handayani, Eka. Implementasi Nisbah Bagi Hasil Produk Tabungan Mabrur Melalui Akad Mudharabah dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Belitang). Diss. UIN Raden Intan Lampung, 2019.

Handayani, L. S., & Syarifuddin, A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga Dan Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Layanan Transportasi Gojek. Dimensi, 11(2), 298–313.

Hardiana, Siti Wardah. : Pengaruh Pengetahuan, Promosi, Produk Dan Religiusitas Terhadap Minat Masyarakat Memilih Bank Syariah Di Jakarta Selatan. BS thesis. Fakultas Ekonomi dan Bisnis uin jakarta.

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik

Hibban, Hasanuddin Ibnu. "Strategi Pemasaran Produk Deposito Mudharabah Muthlaqah Pada Bank Bni Syariah Cabang Fatmawati."

http://journals.synthesispublication.org/index.ph p/ilman

https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

https://doi.org/10.31227/osf.io/wtncz

Klara, A., Damanik, D., Faried, A. I., Lie, D., Fazira, N., & Rozaini, N. (2021). Ekonomi Pembangunan. Yayasan Kita Menulis.

Lisapaly, D. C. E. (2021). Relationship Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bank. Media Sains Indonesia.

Listyawati, Indri Hastuti. "Implementasi Relationship Marketing Sebagai Strategi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan." Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi 1.2 (2013).

Marimin, A., & Romdhoni, A. H. (2017). Perkembangan Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(02), 75–87. https://doi.org/10.29040/jiei.v1i02.30

Martini, L. K. B. (2013). Relationship Marketing, Customer Satisfaction, Customer Commitment Dan Customer Loyalty (Studi Pada Sebuah Bank Nasional Di Denpasar). Buletin Studi Ekonomi, 18(1), 9–25.

Maruta, Heru. "Akad Mudharabah, Musyarakah, Dan Murabahah Serta Aplikasinya Dalam Masyarakat." Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 5.2 (2016): 80-106.

Masruroh, Putria Dewi. "Implementasi Konsep Kaizen Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan."

Moha, I., & Sudrajat, D. (2019). Resume Ragam Penelitian Kualitatif.

Nasabah. Justicia Sains: Jurnal Ilmu Hukum, 7(2), 289–304.

Natalia, T. S., & Anzani, E. (2022). Tanggung Jawab Bankterhadap Penyalahgunaan Data Informasi

Natalia, Titie Syahnaz, and Ega Anzani. "Tanggung Jawab Bank Terhadap Penyalahgunaan Data Informasi Nasabah." Justicia Sains: Jurnal Ilmu Hukum 7.2 (2022): 289-304.

Nikmah, N. R. (2017). Hubungan Relationship Marketing, Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty Nia Rohmatin Nikmah Universitas Trunojoyo Madura. Kompetensi, 11(2).

Nst, M. Z. A., & Soemitra, A. (2022). Strategi Pemasaran Pada Pembiayaan Haji Di Indonesia : Studi Literatur Persepsi Mahasiswa PascaSarjana Bidang Perbankan Syariah Marketing Strategy for Hajj Financing in Indonesia : Literature Study of Perceptions of Postgraduate Students in Islamic Bankin. Maro; Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 5(November), 193–201.

Nuansyah, M. P. (2022). Efektifitas Relationship Marketing dalam menyelesaikan Pembiayaan Mudharabah Bermasalah di Baitul Mal Wat Tamwil Fajar Kota Metro. Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 3(2), 46–55. http://jurnal.umitra.ac.id/index.php/bej/article/vi ew/884http://jurnal.umitra.ac.id/index.php/bej/ar ticle/viewFile/884/750

Nuansyah, Mustika Putri. "Efektifitas Relationship Marketing dalam menyelesaikan Pembiayaan Mudharabah Bermasalah di Baitul Mal Wat Tamwil Fajar Kota Metro." Business and Enterpreneurship Journal (BEJ) 3.2 (2022).

Nur Syamsiyah, S. T., and M. TI. "Lingkungan organisasi." Manajemen Strategik (2022): 39.

Nurhidayati, R., Iltiham, M. F., & Farida, A. (2022). Analisis Mekanisme Perhitungan Bagi Hasil Akad Mudharabah Pada Produk Tabungan Taat Ib Di Bprs Daya Artha Mentari Kantor Cabang Gempol Kabupaten Pasuruan. Jurnal Mu’allim, 4(1), 92–103.

Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21.

Oktaviani, F., Rizkina, R., & Septiani, S. D. (2020). Aktivitas Komunikasi Public Relations Dalam Menjaga Reputasi Perusahaan Public Relations In Communication Activities Keeping

Oktaviani, L., Mandasari, B., & Maharani, R. A. (2020). Implementing Powtoon To Improve Students’international Culture Understanding In English Class. Journal Of Research On Language Education, 1(1).

Pahlefi, Prita Indah. Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Mabrur Dengan Akad Mudharabah Muthlaqah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Haji Bank Syariah Mandiri KCP Medan Setia Budi. Diss. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 2020.

Purba, B., Rahmadana, M. F., Basmar, E., Sari, D. P.,

Raco, J. (2010). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya (J. . Seodarmanta (ed.); 1st ed.). PT Grasindo. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj
Rozi, Akhmad Fahrur. "Model Syariah Reltionship Marketing Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Lembaga Keuangan Syariah." Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 7.1 (2021): 120-126.

Sari, Novita. "Analisis Strategi Komunikasi Interpersonal Barista Coffee Shop Space Roastery di Yogyakarta." (2022).

Sari, Yunita Kurnia. "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Relationship Marketing Dan Corporate Social Resposibility Terhadap Loyalitas Dan Kepuasan Nasabah Bank." Jurnal Bisnis dan Manajemen (Journal of Business and Management) 17.2 (2017): 1-14.

Setiaji, F. (2019). Pengaruh Karakteristik Syariah Marketing, Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Bri Syariah Kcp Ungaran). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Salatiga, 4(9), 3783–384.

Siregar. (2022). Pengaruh Pembiayaan Mudharabah dan Tabungan Wadiah Terhadap Profitabilitas Bank Syariah di Indonesia. EKONOMI ISLAM, 04(8.5.2017), 2003–2005.

Siska, Setiawati. Pengaruh Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi Dan Penanganan Konflik Terhadap Relationship Marketing Petani Sayuran Dan Pedagang Pengepul Di Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus Dalam Perspektif Bisnis Islam. Diss. Uin Raden Intan Lampung, 2022.

Ulfi, Ulfia. "Stategi Pemasaran Produk Tabungan Mudharabah Mutlaqoh Melalui Relationship Marketing pada Bank Jatim Capem Probolinggo." Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 9.1 (2023): 268-274.

Ulfi, Ulfia. Stategi Pemasaran Produk Tabungan Mudharabah Mutlaqoh Melalui Relationship Marketing pada Bank Jatim Capem Probolinggo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 2023, 9.1: 268-274.

Winasih, T., & Hakim, L. (2021). Peran Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi Kualitas Layanan dan Kepercayaan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah. IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 8(2), 207–208. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v8i2.4152

Wulandini, P. A. (2020). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Customer Retention Orientation dan Dampaknya Pada Relationship Outcome Nasabah Jatim Prioritas Cabang HR Muhammad Surabaya. IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(1), 19–31.

Yuliana, Wulan, Gita Putri Setiadi, And Yunika Komalasari. "Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pluto Autoclean Bandung." Jurnal Sains Manajemen 3.2 (2021): 105-110.