Petatah-Petitih Masyarakat Melayu Besemah dalam Perspektif Maqȃşid Syarî’ah
Main Article Content
Abstract
The aim of the research is to analyze the content of the prayers of the people of Lahat Regency. The method that will be used in this research is qualitative. This approach was chosen because this type of qualitative research approach focuses on describing, analyzing and interpreting group culture. Apart from that, a historical approach will be used. The informants in this research are community figures, religious figures, who understand the adages in the Lahat Regency area. Then, in qualitative studies, the main research instrument is the researcher himself who is assisted by several implementers. The data mining techniques will be carried out by means of observation and in-depth interviews. Next, data regarding the substance of these sayings will be analyzed using content analysis. The results of this research found that based on the research we conducted with the framework and analysis used, information was obtained that the contents or messages contained in the sermons of the Besemah Malay community (with a few exceptions) were in line with Islamic teachings. In other words, the content of these sermons is a combination of the local culture of the Besemah Malay community, global culture and Islamic teachings, especially those related to society.
Article Details
How to Cite
Petatah-Petitih Masyarakat Melayu Besemah dalam Perspektif Maqȃşid Syarî’ah. (2021). Medina-Te : Jurnal Studi Islam, 17(2), 173-208. https://doi.org/10.19109/medinate.v17i2.22046
Section
Artikel
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
Petatah-Petitih Masyarakat Melayu Besemah dalam Perspektif Maqȃşid Syarî’ah. (2021). Medina-Te : Jurnal Studi Islam, 17(2), 173-208. https://doi.org/10.19109/medinate.v17i2.22046
References
Achdiati, 2008. “Beraksara dalam Kelisanan” dalam Pudenti M.P.S.S (Ed.). Metodologi Kajian Tradisi Lisan. Jakarta Asosiasi tradisi Lisan.
Ajong F.J., 1992. “The Guritan of Raden Suane dari Pagar Alam Hingga California”, Sriwijaya Post, Jum’at 12 Juni 1992.
Aliana, Zainal Arifin. “Kajian tentang Petatah-Petitih ” dalam Satra Daerah Besemah. Laporan Penelitian Belum Diterbitkan. Pusat Penelitian Universitas Sriwijaya.Sastra Daerah Besemah”
Aliana, Zainal Arifin dkk., 1996. Unsur-Unsur Kekerabatan dalam Tutur Sastra Nusantara di Sumatera Selatan. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Arkoun, M. 1973. Membedah Pemikiran Islam. diterjemahkan dari Essais La Pensee Islamique oleh Hidayatullah. Bandung: Pustaka.
Ba`ali, Fuad dan Ali Wardi. 1981. Ibn Khaldun and Islamic Thought Style: A Social Perspektive, (Boston: Massachusettes).
Bedur, Marzuki dkk., 2009. Sejarah Kabupatan Lahat Dari Zaman Megalitikum, Lampik Empat Merdike Duwe, Sindang Merdike ke Kota Perjuangan. Palembang: Rambang.
Collins, William, A.tt. “The Guritan of Raden Suane” Song by Almarhum Cik Alit Text and Translation, Draft.
Depdikbud. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Gaffar, Zainal Abidin, dkk. 1985. “Kamus Bahasa Besemah-Indonesia A-K”. Palembang: Proyek Pengembangan Bahasa dan sastra Indonesia dan Daerah, Pusat Pemibanaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Ibn ‘Ȃsȗr, Muhammad aț-Țâhir. 1979. Maqâşid asy-Syarî’ah al-Islâmiyah, (Tûnis, asy-Syirkah at-Tȗnisiyah).
Ibn al-Qayyim, Syams ad-Dîn. 1977. I’lȃm al-Muwaqqi’în ‘an Rabb al-‘Ȃlamîn, (Beirut: Dâr al-Fikr).
Ibrahim, Duski. 2008. Metode Penetapan Hukum Islam: Membongkar Konsep al-Istiqra` al-Ma’nawi, (Jogyakarta: ar-Ruzz Media).
............. 2015. Bangunan Ilmu dalam Islam. (Palembang: Karya Sukses Mandiri).
............. 2019. Al-Qawȃ’id al-Ma’nawyah (Kaidah-Kaidah Perluasan Makna), (Palembang: Noer Fikri).
............ 2019. Al-Qawȃ’id al-Fiqhiyah (Kaidah-Kaidah Fiqih), (Palembang: Noer Fikri)
............ 2019. Al-Qawȃ’id al-Maqȃşidiyah: (Kaidah-Kaidah Maqȃşid), (Jogyakarta: ar-Ruzz Media).
Ibn Taimiyah, Ahmd ibn ‘Abd al-Halîm al-Harani, t.t. Iqtidhâ` aş-Şirâț al-Mustaqîm Mukhtalaf Aşhab al-Jahîm, (Kairo: Maktabah as-Sunnah al-Muhammadiyah).
al-Kailâni, Abd ar-Rahmân Ibrâhim. 2000: Qawâ’id al-Maqâșid ‘Ind al-Imâm asy-Syâțibî, (Dimasq: Dâr al-Fikr).:
Khallâf, ‘Abd al-Wahhâb. 1968. ‘Ilm ușûl al-Fiqh, (Kuwait: ad-Dâr al-Kuwaitiyah).
al-Khîn, Mușțafâ Sa’îd. 1985. Atsar al-Ikhtilâf fî al-Qawâ’id al-Uşȗliyah fî Ikhtilâf al-Fuqahâ` (Damaskus: Mu`asssah)..
Qal’ah Jî, Muhammad Rawwâs. 2000. al-Iqtișad al-Islâmî fî Dhau` al-Fiqh (Bîrût: Dâr al-Fikr).
............ 2000. Manhaj al-Bahts fiî al-Iqtișad al-Islâmî (Bîrût: Dâr al-Fikr).
al-Qaradhâwî, Muhammad Yûsuf, 2006, Dirâsah fî Fiqh Maqâşid Syarî’ah: Bain al-Maqâşid al-Kulliyah wa an-Nuşûş al-Juz`iyah, (Mesir: Dar asy-Syurûq)
Şiddȋq ibn Hasan. 1995. Fath al-bayȃn fî Maqâșid al-Qur`ân (Bîrût: Dâr al-Fikr).
Asy-Syâțibî, AbȗIshȃq Ibrȃhîm ibn Mȗsȃ. 1977. Al-Muwȃfaqȃt fi Uşul asy-Syarȋ’ah. Ar-Riyȃdh: Maktab ar-Riyâdh al-Hadîtsah.
asy-Syaukânî, Muhammad ibn ‘Alî ibn Muhammad. 1964. Fath al-Qadȋr, (Bîrût: Dâr al-Fikr).
...... t.t. Irsyâd al-Fuhûl ilâ tahqîq al-haqq min ‘ilm al-Ușûl, (Bîrût: Dâr al-Fikr).
‘Ulwȃn, Fahmi Muhammad. 1989. Al-Qiyam adh-Dharûriyah wa Wa Maqȃşid at-Tasyrȋ’ al-Islȃmȋ. Kairo: al-Hai`ah al-Mişriyah al-‘Ȃmmah.
Yahya, Mukhtar dan Fatchurrahman. 1993. Dasar-Dasar Pembinaan Hukum Fiqh Islami,(Bandung: PT. Al-Ma’arif).
Az-Zuhailî, Wahbah. 1989. Al-Fiqh al-Islâmî wa Adillatuh, juz 3, (Bîrût: Dar al-Fikr).
Ajong F.J., 1992. “The Guritan of Raden Suane dari Pagar Alam Hingga California”, Sriwijaya Post, Jum’at 12 Juni 1992.
Aliana, Zainal Arifin. “Kajian tentang Petatah-Petitih ” dalam Satra Daerah Besemah. Laporan Penelitian Belum Diterbitkan. Pusat Penelitian Universitas Sriwijaya.Sastra Daerah Besemah”
Aliana, Zainal Arifin dkk., 1996. Unsur-Unsur Kekerabatan dalam Tutur Sastra Nusantara di Sumatera Selatan. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Arkoun, M. 1973. Membedah Pemikiran Islam. diterjemahkan dari Essais La Pensee Islamique oleh Hidayatullah. Bandung: Pustaka.
Ba`ali, Fuad dan Ali Wardi. 1981. Ibn Khaldun and Islamic Thought Style: A Social Perspektive, (Boston: Massachusettes).
Bedur, Marzuki dkk., 2009. Sejarah Kabupatan Lahat Dari Zaman Megalitikum, Lampik Empat Merdike Duwe, Sindang Merdike ke Kota Perjuangan. Palembang: Rambang.
Collins, William, A.tt. “The Guritan of Raden Suane” Song by Almarhum Cik Alit Text and Translation, Draft.
Depdikbud. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Gaffar, Zainal Abidin, dkk. 1985. “Kamus Bahasa Besemah-Indonesia A-K”. Palembang: Proyek Pengembangan Bahasa dan sastra Indonesia dan Daerah, Pusat Pemibanaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Ibn ‘Ȃsȗr, Muhammad aț-Țâhir. 1979. Maqâşid asy-Syarî’ah al-Islâmiyah, (Tûnis, asy-Syirkah at-Tȗnisiyah).
Ibn al-Qayyim, Syams ad-Dîn. 1977. I’lȃm al-Muwaqqi’în ‘an Rabb al-‘Ȃlamîn, (Beirut: Dâr al-Fikr).
Ibrahim, Duski. 2008. Metode Penetapan Hukum Islam: Membongkar Konsep al-Istiqra` al-Ma’nawi, (Jogyakarta: ar-Ruzz Media).
............. 2015. Bangunan Ilmu dalam Islam. (Palembang: Karya Sukses Mandiri).
............. 2019. Al-Qawȃ’id al-Ma’nawyah (Kaidah-Kaidah Perluasan Makna), (Palembang: Noer Fikri).
............ 2019. Al-Qawȃ’id al-Fiqhiyah (Kaidah-Kaidah Fiqih), (Palembang: Noer Fikri)
............ 2019. Al-Qawȃ’id al-Maqȃşidiyah: (Kaidah-Kaidah Maqȃşid), (Jogyakarta: ar-Ruzz Media).
Ibn Taimiyah, Ahmd ibn ‘Abd al-Halîm al-Harani, t.t. Iqtidhâ` aş-Şirâț al-Mustaqîm Mukhtalaf Aşhab al-Jahîm, (Kairo: Maktabah as-Sunnah al-Muhammadiyah).
al-Kailâni, Abd ar-Rahmân Ibrâhim. 2000: Qawâ’id al-Maqâșid ‘Ind al-Imâm asy-Syâțibî, (Dimasq: Dâr al-Fikr).:
Khallâf, ‘Abd al-Wahhâb. 1968. ‘Ilm ușûl al-Fiqh, (Kuwait: ad-Dâr al-Kuwaitiyah).
al-Khîn, Mușțafâ Sa’îd. 1985. Atsar al-Ikhtilâf fî al-Qawâ’id al-Uşȗliyah fî Ikhtilâf al-Fuqahâ` (Damaskus: Mu`asssah)..
Qal’ah Jî, Muhammad Rawwâs. 2000. al-Iqtișad al-Islâmî fî Dhau` al-Fiqh (Bîrût: Dâr al-Fikr).
............ 2000. Manhaj al-Bahts fiî al-Iqtișad al-Islâmî (Bîrût: Dâr al-Fikr).
al-Qaradhâwî, Muhammad Yûsuf, 2006, Dirâsah fî Fiqh Maqâşid Syarî’ah: Bain al-Maqâşid al-Kulliyah wa an-Nuşûş al-Juz`iyah, (Mesir: Dar asy-Syurûq)
Şiddȋq ibn Hasan. 1995. Fath al-bayȃn fî Maqâșid al-Qur`ân (Bîrût: Dâr al-Fikr).
Asy-Syâțibî, AbȗIshȃq Ibrȃhîm ibn Mȗsȃ. 1977. Al-Muwȃfaqȃt fi Uşul asy-Syarȋ’ah. Ar-Riyȃdh: Maktab ar-Riyâdh al-Hadîtsah.
asy-Syaukânî, Muhammad ibn ‘Alî ibn Muhammad. 1964. Fath al-Qadȋr, (Bîrût: Dâr al-Fikr).
...... t.t. Irsyâd al-Fuhûl ilâ tahqîq al-haqq min ‘ilm al-Ușûl, (Bîrût: Dâr al-Fikr).
‘Ulwȃn, Fahmi Muhammad. 1989. Al-Qiyam adh-Dharûriyah wa Wa Maqȃşid at-Tasyrȋ’ al-Islȃmȋ. Kairo: al-Hai`ah al-Mişriyah al-‘Ȃmmah.
Yahya, Mukhtar dan Fatchurrahman. 1993. Dasar-Dasar Pembinaan Hukum Fiqh Islami,(Bandung: PT. Al-Ma’arif).
Az-Zuhailî, Wahbah. 1989. Al-Fiqh al-Islâmî wa Adillatuh, juz 3, (Bîrût: Dar al-Fikr).