Epistemologi Penafsiran Ayat ‘Seribu Dinar’ (at-Thalaq [65]: 2-3) : Studi Komparasi Abdurra’uf as-Singkili dan M. Quraish Shihab
Main Article Content
Abstract
Abstact:
Many assumptions say that differences in generation, educational background, socio-cultural background and so on will have an effect on the mindset of an interpreter. To prove the validity of these assumptions, this study proposed to explore the epistemology structure of Q.S. At-Thalaq [65]: 2-3 interpretation in Tafsir Tarjuman al-Mustafid by Abdurrauf As-Singkili and Tafsir Al-Misbah by M. Quraish Shihab. The results of this study are any differences in the epistemological structure of interpretation between the two interpreters in interpreting Q.S At-Thalaq [65]: 2-3, for example in terms of sources, As-Singkili uses hadith and opinions in tafsir Baidhawi, Tafsir Al-Khazin, Tafsir Manafi’ Al-Qur’an and Tafsir karangan As-Tsa’libi while M. Quraish Shihab uses lexical-linguistic analysis, munasabah, hadith, ulama opinion and ra'yu.
Abstrak:
Banyak asumsi mengatakan bahwa perbedaan generasi, latar belakang pendidikan, latar sosio-kultural dan sebagainya akan berpengaruh pada pola pikir seseorang mufassir. Untuk membuktikan kebenaran dari asumsi tersebut, maka penelitian ini bermaksud untuk mengeksplorasi struktur epistemologi penafsiran Q.S. At-Thalaq [65]: 2-3 dalam interpretasi Tafsir Tarjuman al-Mustafid oleh Abdurra’uf As-Singkili dan Tafsir Al-Misbah oleh M. Quraish Shihab. Adapun hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan struktur epistemologi penafsiran ini adalah terdapat perbedaan struktur epistemologi penafsiran antara kedua mufassir tersebut dalam menafsirkan Q.S At-Thalaq [65]: 2-3, misal dari sumber, As-Singkili menggunakan hadis dan merujuk pendapat-pendapat dalam tafsir Baidhawi, Tafsir Al-Khazin, Tafsir Manafi’ Al-Qur’an dan Tafsir karangan As-Tsa’libi. Sedangkan Quraish Shihab menggunakan analisis leksikal-linguistik, munasabah, hadits, pendapat ulama dan ra’yu.
Many assumptions say that differences in generation, educational background, socio-cultural background and so on will have an effect on the mindset of an interpreter. To prove the validity of these assumptions, this study proposed to explore the epistemology structure of Q.S. At-Thalaq [65]: 2-3 interpretation in Tafsir Tarjuman al-Mustafid by Abdurrauf As-Singkili and Tafsir Al-Misbah by M. Quraish Shihab. The results of this study are any differences in the epistemological structure of interpretation between the two interpreters in interpreting Q.S At-Thalaq [65]: 2-3, for example in terms of sources, As-Singkili uses hadith and opinions in tafsir Baidhawi, Tafsir Al-Khazin, Tafsir Manafi’ Al-Qur’an and Tafsir karangan As-Tsa’libi while M. Quraish Shihab uses lexical-linguistic analysis, munasabah, hadith, ulama opinion and ra'yu.
Abstrak:
Banyak asumsi mengatakan bahwa perbedaan generasi, latar belakang pendidikan, latar sosio-kultural dan sebagainya akan berpengaruh pada pola pikir seseorang mufassir. Untuk membuktikan kebenaran dari asumsi tersebut, maka penelitian ini bermaksud untuk mengeksplorasi struktur epistemologi penafsiran Q.S. At-Thalaq [65]: 2-3 dalam interpretasi Tafsir Tarjuman al-Mustafid oleh Abdurra’uf As-Singkili dan Tafsir Al-Misbah oleh M. Quraish Shihab. Adapun hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan struktur epistemologi penafsiran ini adalah terdapat perbedaan struktur epistemologi penafsiran antara kedua mufassir tersebut dalam menafsirkan Q.S At-Thalaq [65]: 2-3, misal dari sumber, As-Singkili menggunakan hadis dan merujuk pendapat-pendapat dalam tafsir Baidhawi, Tafsir Al-Khazin, Tafsir Manafi’ Al-Qur’an dan Tafsir karangan As-Tsa’libi. Sedangkan Quraish Shihab menggunakan analisis leksikal-linguistik, munasabah, hadits, pendapat ulama dan ra’yu.
Article Details
How to Cite
Epistemologi Penafsiran Ayat ‘Seribu Dinar’ (at-Thalaq [65]: 2-3) : Studi Komparasi Abdurra’uf as-Singkili dan M. Quraish Shihab. (2019). Medina-Te : Jurnal Studi Islam, 15(1), 39-57. https://doi.org/10.19109/medinate.v15i1.3260
Section
Artikel
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
Epistemologi Penafsiran Ayat ‘Seribu Dinar’ (at-Thalaq [65]: 2-3) : Studi Komparasi Abdurra’uf as-Singkili dan M. Quraish Shihab. (2019). Medina-Te : Jurnal Studi Islam, 15(1), 39-57. https://doi.org/10.19109/medinate.v15i1.3260
References
Al-Qaththan, Manna Khalil. Mabahits fi Ulum Al-Qur`an, Kairo : Maktabah Wahdah, t.t.
Amiruddin, M.Hasbi. Perjuangan Ulama Aceh di Tengah Konflik, Yogyakarta: Ceninnets Press, 2004.
As-Singkili, Teungku Syeikh Abdurrauf. Turjumanu Al-Mustafid, Juz 26-30, alih aksara: Ismail Thaib, Yogyakarta: Toko Kitab Beirut, 1432 H/ 2011 M.
Damanhuri. Akhlak: Perspektif Tasawuf Syeikh Abdurrauf As-Singkili, Jakarta: Lectura Press, 2014.
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemah, Bandung: Syamil Qur’an, 2007.
Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam. Ensiklopedi Islam, Jakarta: PT Ichtiar Baru Van Hoeve, 1993.
Ghofur, Saiful Amin. Profil Para Mufasir Al-Qur’an, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.
Gusmian, Islah. “Tafsir Al-Qur`an Di Indonesia : Sejarah dan Dinamika”, Jurnal Nun,Vol. 1, No. 1, 2015.
Kasmantoni. Lafadz Kalam dalam Tafsir al-Misbah Quraish Shihab Studi Analisa Semantik, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Tesis, 2008.
Latif, Mukhtar. Orientasi Ke-Arah Pemahaman Filsafat Ilmu, Jakarta: Kencana Prenamedia Group, 2014.
Nasution, Harun dkk. Ensiklopedi Islam Indonesia jilid 3, Jakarta : Djambatan, 2002.
_______, Filsafat dan Mistisisme dalam Islam, cet. xii, Jakarta: Bulan Bintang, 2008.
Raziqin, Baidatul. 101 Jejak Tokoh Islam Indonesia, Yogyakarta, e-Nusantara, 2009.
Shihab, Alwi. Islam Inklusif: Menuju Terbuka dalam Beragama, Bandung: Mizan, 1999.
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah : Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Vol. 14, Jakarta: Lentera Hati, 2002.
_______, Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Al-Mizan, 2003.
_______, Mu’jizat Al-Qur’an Di Tinjau dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiyyah dan Pemberitaan Ghaib, Jakarta: Mizan, 2007.
_______, Secercah Cahaya Ilahi: Hidup Bersama Al-Qur’an, Bandung: Mizan, 2007.
Sunanto, Musyrifah. Sejarah Peradaban Islam Indonesia, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2007.
Suprapto, Bibit. Ensiklopedi Ulama Nusantara : Riwayat Hidup, Karya dan Sejarah Perjuangan 157 Ulama Nusantara, Jakarta : Gelegar Media Indonesia, 2009.
Syarizal. Syeikh Abdurrauf dan Corak Pemikiran Hukum Islam, Banda Aceh: Yayasan PeNa, 2003.
Amiruddin, M.Hasbi. Perjuangan Ulama Aceh di Tengah Konflik, Yogyakarta: Ceninnets Press, 2004.
As-Singkili, Teungku Syeikh Abdurrauf. Turjumanu Al-Mustafid, Juz 26-30, alih aksara: Ismail Thaib, Yogyakarta: Toko Kitab Beirut, 1432 H/ 2011 M.
Damanhuri. Akhlak: Perspektif Tasawuf Syeikh Abdurrauf As-Singkili, Jakarta: Lectura Press, 2014.
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemah, Bandung: Syamil Qur’an, 2007.
Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam. Ensiklopedi Islam, Jakarta: PT Ichtiar Baru Van Hoeve, 1993.
Ghofur, Saiful Amin. Profil Para Mufasir Al-Qur’an, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.
Gusmian, Islah. “Tafsir Al-Qur`an Di Indonesia : Sejarah dan Dinamika”, Jurnal Nun,Vol. 1, No. 1, 2015.
Kasmantoni. Lafadz Kalam dalam Tafsir al-Misbah Quraish Shihab Studi Analisa Semantik, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Tesis, 2008.
Latif, Mukhtar. Orientasi Ke-Arah Pemahaman Filsafat Ilmu, Jakarta: Kencana Prenamedia Group, 2014.
Nasution, Harun dkk. Ensiklopedi Islam Indonesia jilid 3, Jakarta : Djambatan, 2002.
_______, Filsafat dan Mistisisme dalam Islam, cet. xii, Jakarta: Bulan Bintang, 2008.
Raziqin, Baidatul. 101 Jejak Tokoh Islam Indonesia, Yogyakarta, e-Nusantara, 2009.
Shihab, Alwi. Islam Inklusif: Menuju Terbuka dalam Beragama, Bandung: Mizan, 1999.
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah : Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Vol. 14, Jakarta: Lentera Hati, 2002.
_______, Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Al-Mizan, 2003.
_______, Mu’jizat Al-Qur’an Di Tinjau dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiyyah dan Pemberitaan Ghaib, Jakarta: Mizan, 2007.
_______, Secercah Cahaya Ilahi: Hidup Bersama Al-Qur’an, Bandung: Mizan, 2007.
Sunanto, Musyrifah. Sejarah Peradaban Islam Indonesia, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2007.
Suprapto, Bibit. Ensiklopedi Ulama Nusantara : Riwayat Hidup, Karya dan Sejarah Perjuangan 157 Ulama Nusantara, Jakarta : Gelegar Media Indonesia, 2009.
Syarizal. Syeikh Abdurrauf dan Corak Pemikiran Hukum Islam, Banda Aceh: Yayasan PeNa, 2003.