ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI TITRASI ASAM BASA SISWA SMA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan pemahaman konsep pada materi titrasi asam basa siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan data hasil penelitian diperoleh dari hasil tes siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian, wawancara dan dokumentasi tentang materi titrasi asam basa. Penelitian ini dilakukan di SMA Percontohan UPI dengan subjek sebanyak 30 orang siswa SMA Kelas XII IPA yang telah mempelajari materi titrasi asam basa. Kesulitan pemahaman konsep yang dialami oleh siswa yaitu siswa kesulitan dalam menjelaskan pemilihan indikator sebanyak 53,33%, siswa kesulitan dalam menuliskan persamaan dan menyetarakan persamaan reaksi asam sulfat dan natrium hidroksida sebanyak 56,65%, siswa kesulitan dalam menentukan konsentrasi asam yang bervalensi dua sebanyak 70,00% dan 10,00% kesalahan siswa dalam menentukan konsentrasi asam dan basa bervalensi satu. Siswa kesulitan dalam 86,66% siswa tidak dapat menentukan jenis titrasi berdasarkan kurva dan siswa kesulitan dalam menentukan jenis zat pada setiap daerahsebesar 80,00%. Faktor penyebab kesulitan pemahaman konsep yang dialami siswa disebabkan oleh cara mengajar guru dan siswa itu sendiri.
Article Details
How to Cite
Tri Astuti, R., & Marzuki, H. (2018). ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI TITRASI ASAM BASA SISWA SMA. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 22-27. https://doi.org/10.19109/ojpk.v1i1.1862
Section
Articles
How to Cite
Tri Astuti, R., & Marzuki, H. (2018). ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI TITRASI ASAM BASA SISWA SMA. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 22-27. https://doi.org/10.19109/ojpk.v1i1.1862
References
Arifin, M., dkk. (2003). Strategi Belajar Mengajar Kimia. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA UPI.
Brousseau, G. (2002). Theory of didactical situations in mathematics. New York: Kluwer Academic Publishers.
Indrayani, P. (2013). Analisis pemahaman makroskopik, mikroskopik, dan simbolik titrasi asam-basa siswa kelas XI IPA SMA serta upaya perbaikannya dengan pendekatan mikroskopik. Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), hlm 208-216.
Nahkleh, M., B. (1992). Why some student don’t learn chemistry. Journal of Chemical Education, 69 (3), hlm.191-195.
Sheppard, K. (2006).High school students’ understanding of titration and related acidbase phenomena. Chemistry Education Research and Practice, 7(1), hlm 32-45.
Sprenger, M. (2011). Cara mengajar agar siswa tetap ingat. Jakarta: Erlangga.
Windura, S. (2010). Memory champion at school. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Brousseau, G. (2002). Theory of didactical situations in mathematics. New York: Kluwer Academic Publishers.
Indrayani, P. (2013). Analisis pemahaman makroskopik, mikroskopik, dan simbolik titrasi asam-basa siswa kelas XI IPA SMA serta upaya perbaikannya dengan pendekatan mikroskopik. Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), hlm 208-216.
Nahkleh, M., B. (1992). Why some student don’t learn chemistry. Journal of Chemical Education, 69 (3), hlm.191-195.
Sheppard, K. (2006).High school students’ understanding of titration and related acidbase phenomena. Chemistry Education Research and Practice, 7(1), hlm 32-45.
Sprenger, M. (2011). Cara mengajar agar siswa tetap ingat. Jakarta: Erlangga.
Windura, S. (2010). Memory champion at school. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.