SENSIVITAS MORAL SAINS DAN KEISLAMAN DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING YANG TERINTEGRASI SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE (SSI) PADA MATA KULIAH KIMIA DASAR

Main Article Content

Aida Imtihana

Abstract

Proses pembelajaran memerlukan strategi pembelajaran yang tepat dan efektif guna mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Kecocokan strategi pembelajaran dengan kondisi siswa sangat berdampak terhadap hasil proses pembelajaran siswa. Pendekatan model kooperatif tipe STAD dipandang cocok untuk memotivasi dan meninggkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran kimia pada siswa kelas X IS 2 MAN 2 Kota Padang. Sehubungan dengan itu telah dilakukan penelitian tidakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe STAD diserta LKS dan peta konsep dalam mata pelajaran kimia lintas minat pada siswa kelas X IS 2 MAN 2 Kota Padang. Penelitian tindakan kelas dirancang dengan menggunakan pendekatan model kooperatif tipe STAD diserta LKS dan peta konsep pada materi ikatan kimia. Kelas sampel penelitian adalah siswa kelas X IS 2 MAN 2 Kota Padang yang terdaftar pada semester ganjil tahun pembelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 39 orang. Penelitian terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap (perencanaan, pelaksanaan, evalusi dan refleksi), pada siklus 1 adalah STAD diserta LKS dan pada siklus 2 adalah STAD diserta LKS dan peta konsep. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan model kooperatif tipe STAD disertai dengan LKS dan peta konsep dapat meningkat hasil pembelajaran kognitif, aktifitas positif dan menurunkan aktifitas negatif dalam pembelajaran kimia lintas minat pada siswa kelas X IS 2 MAN 2 Kota Padang.

Article Details

How to Cite
Imtihana, A. (2018). SENSIVITAS MORAL SAINS DAN KEISLAMAN DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING YANG TERINTEGRASI SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE (SSI) PADA MATA KULIAH KIMIA DASAR. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 1(2), 13-24. https://doi.org/10.19109/ojpk.v1i2.2248
Section
Articles

How to Cite

Imtihana, A. (2018). SENSIVITAS MORAL SAINS DAN KEISLAMAN DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING YANG TERINTEGRASI SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE (SSI) PADA MATA KULIAH KIMIA DASAR. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 1(2), 13-24. https://doi.org/10.19109/ojpk.v1i2.2248

References

Boyle,M., PJ. (2005). Using Card Sort. Briefing paper 11 Version 1 Issued July 2005. http://www.heacademy.ac.uk/.

Haryanto. 2011. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Card Sort dan Index Card Match Terhadap Prestasi Belajar Getaran dan Gelombang. JP2F. Volume 2 Nomor 2. Hal 165-174.

Morris, Todd. 2011. A Card Game To Help Students Learn Chemical Formulas. Journal of Chemical Education. Vol 88 Nomor (10). Hal.1397–1399.

Muhtadi, Ali. 2009. Implementasi Konsep Pembelajaran Active Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Aktifitas Mahasiswa dalam Perkuliahan. Majalah Ilmiah Pembelajaran, Volume 5 Nomor (1). Hal 28-38. http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/51092838_0216-7999.pdf.

Pradina, Resti Ari. 2010. Penguasaan Konsep Sistem Reproduksi Dengan Pembelajaran Aktif Menggunakan Kartu Sortir. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Qomariah. 2011. Using Card Sort Technique to Improve the Students’ Reading Comprehension (A Classroom Action Research at the eighth Grade Students of SMP Negeri 3 Purwodadi in the Academic Year of 2010/2011). Thesis. Surakarta. Graduate School, Sebelas Maret University.

Silberman, Mel. 2011. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.

Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryosubroto.2007. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, Hamzah, Nurdin Mohamad. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara