PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X

Main Article Content

Resti Astuti

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe card sort di kelas X.F SMA Negeri 1 Indralaya. Materi Yang digunakan dalam Penelitian ini yaitu materi hidrokarbon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan (T0) yaitu 62,3 dengan ketuntasan klasikal 33,33%, siklus I (T1) yaitu 64,46 dengan ketuntasan klasikal 57,14%, siklus II (T2) yaitu 73,83 dengan ketuntasan klasikal 73,33% dan pada siklus III (T3) yaitu 79,82% dengan ketuntasan klasikal 85,71%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe card  sort dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa. Peneliti memberikan saran kepada guru, sekolah, dan peneliti lain dapat menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe card sort dikelas sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : hasil belajar, card sort, penelitian tindakan kelas

Article Details

How to Cite
Astuti, R. (2018). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 1(2), 51-59. https://doi.org/10.19109/ojpk.v1i2.2521
Section
Articles

How to Cite

Astuti, R. (2018). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 1(2), 51-59. https://doi.org/10.19109/ojpk.v1i2.2521

References

Boyle,M., PJ. (2005). Using Card Sort. Briefing paper 11 Version 1 Issued July 2005. http://www.heacademy.ac.uk/.

Haryanto. 2011. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Card Sort dan Index Card Match Terhadap Prestasi Belajar Getaran dan Gelombang. JP2F. Volume 2 Nomor 2. Hal 165-174.

Morris, Todd. 2011. A Card Game To Help Students Learn Chemical Formulas. Journal of Chemical Education. Vol 88 Nomor (10). Hal.1397–1399.

Muhtadi, Ali. 2009. Implementasi Konsep Pembelajaran Active Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Aktifitas Mahasiswa dalam Perkuliahan. Majalah Ilmiah Pembelajaran, Volume 5 Nomor (1). Hal 28-38. http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/51092838_0216-7999.pdf.

Pradina, Resti Ari. 2010. Penguasaan Konsep Sistem Reproduksi Dengan Pembelajaran Aktif Menggunakan Kartu Sortir. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Qomariah. 2011. Using Card Sort Technique to Improve the Students’ Reading Comprehension (A Classroom Action Research at the eighth Grade Students of SMP Negeri 3 Purwodadi in the Academic Year of 2010/2011). Thesis. Surakarta. Graduate School, Sebelas Maret University.

Silberman, Mel. 2011. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.

Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryosubroto.2007. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, Hamzah, Nurdin Mohamad. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara