Development of a Pictorial-Based Five-Tier Multiple Choice Diagnostic Test to Identify Misconceptions in the Material of Colligative Properties of Solutions
Main Article Content
Abstract
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
References
Agung, D., Fuziah, C., & Salsabila, H. (2022). Identifikasi miskonsepsi penurunan titik beku dan kenaikan titik didih pada mahasiswa pendidikan kimia . Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 12(2), 135–143. https://doi.org/10.21009/JRPK.122.08
Alfiatin, A. L., & Oktiningrum, W. (2019). Pengembangan soal higher order thinking skills berbasis budaya jawa timur untuk mengukur penalaran siswa sd. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 30–43. https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3395
Anugerah, S. H. (2017). Analisis kesalahan konsep sifat koligatif larutan pada mahasiswa kimia Universitas Negeri Malang dan eliminasinya menggunakan media visualisasi statik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(2), 178–184. https://dx.doi.org/10.17977/jip.v21i2.8374
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Renika Cipta https://cir.nii.ac.jp/crid/1130000795354347648
Arsyad, M. A. M., & Sihaloho, M. (2016). Analisis miskonsepsi pada konsep hidrolisis garam siswa kelas xi sman 1 telaga. Jambura Journal of Educational Chemistry, 11(2), 190-195
A’yun, Q. (2018). Analisis miskonsepsi siswa menggunakan tes diagnostik multiple choice berbantuan CRI (Certainty of Response Index). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2108–2119. https://doi.org/10.15294/jipk.v12i1.13302
Elvinawati, E., Rohiat, S., & Solikhin, F. (2022). Identifikasi miskonsepsi mahasiswa dalam mata kuliah kimia sekolah ii pada materi asam basa. ALOTROP, 6(1), 10–14. https://doi.org/10.33369/atp.v6i1.20303
Fariyani, Q., & Rusilowati, A. (2015). Pengembangan four-tier diagnostic test untuk mengungkap miskonsepsi fisika siswa sma kelas x. Jurnal of Innovative Science Education, 4(2), 41-49.https://journal.unnes.ac.id/sju/jise/article/view/9903
Fitri, D. A., Maison, M., & Kurniawan, D. A. (2023). Analisis Kebutuhan Awal: Inovasi Five-Tier Diagnostic Test untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 100-104. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.830
Hadi, S., Ismara, K. I., & Tanumihardja, E. (2015). Pengembangan Sistem Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Kompetensi Dasar Kejuruan Siswa SMK. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 19(2), 168–175. https://doi.org/10.21831/pep.v19i2.5577
Hartono, A., Hasairin, A., & Diningrat, D. S. (2022). Development of hots-based questions on biology learning. Jurnal Biolokus, 5(1), 54–65. https://doi.org/10.30821/biolokus.v5i1.1351
Hasibuan, Y. V., Hasairin, A., & Restuati, M. (2024). Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar bioteknologi kelas xii sma berbasis hots dan kemampuan berpikir kritis. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4), 4317-4326. https://doi.org/10.58230/27454312.1092
Imaduddin, M. (2018). Analisis miskonsepsi submikroskopik konsep larutan pada calon guru kimia. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(2), 1-12. https://doi.org/10.23971/eds.v6i2.983
Inggit, S. M., Liliawati, W., & Suryana, I. (2021). Identifikasi miskonsepsi dan penyebabnya menggunakan instrumen Five-Tier Fluid Static Test (5TFST) pada peserta didik kelas xi sekolah menengah atas. Journal of Teaching and Learning Physics, 6(1), 49–68. https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i1.11016
Islami, D., Suryaningsih, S., & Bahriah, E. S. (2019). Identifikasi miskonsepsi siswa pada konsep ikatan kimia menggunakan Tes Four-Tier Multiple-Choice (4TMC). JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 9(1), 21–29. https://doi.org/10.21009/JRPK.091.03
Kirbulut, Z. D., & Geban, O. (2014). Using three-tier diagnostic test to assess students’ misconceptions of states of matter. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 10(5), 509-521.https://doi.org/10.12973/eurasia.2014.1128a
Mardeni, P. R. (2023). Review Artikel: Five-Tier Multiple Choice untuk Mendeteksi Penyebab Miskonsepsi Kesetimbangan Kimia. Prosiding Seminar Nasional Kimia (SNK), 50-61
Ocy, D. R., Rahayu, W., & Makmuri, M. (2023). Rasch Model Analysis: Development Of Hots-Based Mathematical Abstractionability Instrumen According To Riau Islands Culture. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(4), 3542. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i4.7613
Putri, R. E., & Subekti, H. (2021). Analisis miskonsepsi menggunakan metode four- tier certainty of response index: Studi eksplorasi di SMP Negeri 60 Surabaya. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 220-226. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38279
Rahmawan, S., & Ashfarini, D. (2024). Identification of Misconceptions and Causes of Misconceptions in Stoichiometry Material Using Four Tier Multiple Choice (4TMC). Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 8(1), 39–48. https://doi.org/10.19109/ojpk.v8i1.21649
Rahmawan, S., Firman, H., Siswaningsih, W., & Rahayu, D. S. (2021). Development of Pictorial-based Two-Tier Multiple Choice Misconception Diagnostic Test on Buffer Solutions. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 6(2), 132–143. https://doi.org/10.15575/jtk.v6i2.13219
Rohman, S. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Berbasis Taksonomi Bloom. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 8(1), 86–108. https://doi.org/10.61815/alibrah.v8i1.262
Rositasari, D., Saridewi, N., & Agung, S. (2015). Pengembangan tes diagnostik two-tier untuk mendeteksi miskonsepsi siswa sma pada topik asam-basa. EDUSAINS, 6(2), 169–176. https://doi.org/10.15408/es.v6i2.1148
Rukmana, A. P., Mayasari, T., & Yusro, A. C. (2019). Pengembangan Four-Tier Diagnostic Test Untuk Mendeteksi Miskonsepsi Pada Fisika Sma. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika (UNDIKSHA), 39-48
Sanaky, M. M., Saleh, L. M., & Titaley, H. D. (2021). Analisis faktor-faktor penyebab keterlambatan pada proyek pembangunan gedung asrama man 1 tulehu maluku tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432-439.https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615
Santi, A. N. I. (2022). Analisis miskonsepsi siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit menggunakan instrumen multipresentasi four-tier diagnostic test berbasis piktorial. UNESA Journal of Chemical Education, 11(3), 210-219
Siswaningsih, W. (2014). Pengembangan tes diagnostik two-tier untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi kimia siswa sma. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 19(1), 117-127. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v19i1.487
Siswaningsih, W., Firman, H., & Rofifah, R. (2015). Pengembangan tes diagnostik two-tier berbasis piktorial untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(2), 144-149. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.577
Sumintono, B. (2021). Penilaian keterampilan berpikir tingkat tinggi: aplikasi pemodelan rasch pada asesmen pendidikan. Prosiding Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. https://jbse.ulm.ac.id/index.php/PMPIPA/article/view/22
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi & Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT Grasindo.
Susilaningsih, E. (2016). Desain instrumen tes diagnostik pendeteksi miskonsepsi untuk analisis pemahaman konsep kimia mahasiswa calon guru. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1432–1437. https://doi.org/10.15294/usej.v5i3.13184
Tayubi, Y. R. (2005). Identifikasi Miskonsepsi Pada Konsep-Konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Mimbar Pendidikan, 24(3), 4–9.
Vavra, K. L., Janjic-Watrich, V., Loerke, K., Phillips, L. M., Norris, S. P., & Macnab, J. (2011). Visualization in Science Education. 41(1).
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Wilantika, N., Khoiri, N., & Hidayat, S. (2018). Pengembangan Penyusunan Instrumen Four-Tier Diagnostic Test Untuk Mengungkap Miskonsepsi Materi Sistem Ekskresi Di SMA Negeri Mayong Jepara. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 8(2), 200–214. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2699
Yosephine Louise, I. S., Sugiyarto, K. H., & Al, H. P. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Konsep Kimia Dan Upaya Mengatasinya Melalui Chemistry Clinic Bagi Pada Guru Anggota Mgmp Kimia. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 1(2), 114–118. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v1i2.15569
Yuliati, Y. (2017). Miskonsepsi siswa pada pembelajaran ipa serta remediasinya. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 50–58. https://doi.org/10.31949/be.v2i2.1197
Zaleha, Z., Samsudin, A., & Nugraha, M. G. (2017). Pengembangan instrumen tes diagnostik vcci bentuk four-tier test pada konsep getaran. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 3(1), 36–42. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.980