Making UNO Smart Chemistry Card Game Media based on the Nomenclature of Hydrocarbon Compounds
Main Article Content
Abstract
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
References
Ahmad, D. Z., Gunawan, A., Suryana, A., Suherni, E. S., & Mulyani, S. (2023). Pelaksanaan supervisi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Studia Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 73–84.
Arief, M. M. (2021). Media pembelajaran ipa di sd/mi (tujuan penggunaan, fungsi, prinsip pemilihan, penggunaan, dan jenis media pembelajaran). Jurnal Tarbiyah Darussalam, 5(8), 13–28.
Arikunto. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi aksara.
Asmawadi, A. (2021). Fun learning melalui media whatsapp pada pembelajaran jarak jauh untuk kelas 1 sekolah dasar. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 1–10.
Bistari, Aunurrahman, Sulisttyarini, Gafur, S., Maryuni, S., Herawati, H., Rusdiono, Nurdhini, A., & Anwar, H. (2021). Buku Pedoman Metode Berbasis Proyek. Universitas Tanjungpura. https://mipa.untan.ac.id/file/penjaminan_mutu/7dc549dc530aca27acc2d32aa2167e50
Ilhami, A., & Hermita, N. (2020). A modification of uno games:" chemuno card games (ccg)" based on" chemistry triangle" to enhance memorization of the periodic table. Universal Journal of Educational Research, 8(12B), 8411–8419.
Júnior, J. N. da S., Lima, M. A. S., Pimenta, A. T. Á., Nunes, F. M., Monteiro, Á. C., Sousa, U. S. de, Júnior, A. J. M. L., Zampieri, D., Alexandre, F. S. O., Sousa, U. S. de, Pacioni, N. L., & Winum, J.-Y. (2021). Design, implementation, and evaluation of a game-based application for aiding chemical engineering and chemistry students to review the organic reactions. Education for Chemical Engineers, 34, 106–114. https://doi.org/10.1016/j.ece.2020.11.007
Kertati, I., Zamista, A. A., Rahman, A. A., Yendri, O., Pratama, A., Rusmayadi, G., Nurhayati, K., Zebua, R. S. Y., Artawan, P., & Arwizet, K. (2023). Model & metode pembelajaran inovatif era digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Kusum, J. W., Akbar, M. R., & Fitrah, M. (2023). Dimensi Media Pembelajaran (Teori dan Penerapan Media Pembelajaran Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Lestari, G., Farida, I., & Helsy, I. (2021). Pembuatan Media Cheminosmart Pada Materi Tata Nama Senyawa Anorganik. Gunung Djati Conference Series, 2, 220–235.
Lutpiani, A. (2021). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada pembentukan Patina tembaga berbasis Green Chemistry. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Mea, F. (2024). Peningkatan efektivitas pembelajaran melalui kreativitas dan inovasi guru dalam menciptakan kelas yang dinamis. Inculco Journal of Christian Education, 4(3), 252–275.
Miftah, M. (2022). Model dan format media pembelajaran berbasis tik untuk meningkatkan minat dan pemahaman materi ajar. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 312–320.
Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi pemanfaatan media pembelajaran online sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah menengah atas. Journal on Education, 6(1), 35–47. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2911
Naba, C., Akbar, M. A., & Supianto, A. A. (2022). Pengembangan permainan edukasi berbasis augmented reality untuk pembelajaran senyawa hidrokarbon bagi siswa sekolah menengan atas (sma). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(3), 631–638. https://doi.org/10.25126/jtiik.2022935743
Novita, R., & Harahap, S. Z. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran sistem komputer di smk. Jurnal Informatika, 8(1), 36–44. https://doi.org/10.36987/informatika.v8i1.1532
Rahayu, A. (2019). Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui media pembelajaran kimunoterintegrasinilai-nilai islam. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA, 127–133.
Rahmawati, R., Muttaqin, M., & Listiawati, M. (2019). Peran permainan kartu uno dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 9(2), 64–75.
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059
Robinson, E., Hasan, Y., Artikel Abstrak, I., & Kunci, K. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Animaker Dalam Pembuatan Media Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(01), 18–23.
Sangiddah, S., Leksono, I. P., & Rusmawati, R. D. (2023). The Influence of Snakes and Ladders Game Media, Concrete Media and Initial Skills on Mathematics Learning Outcomes. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(3), 624. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i3.7723
Sari, Y., Solehah, G. H., & Mashuri, M. T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Kartu Uno Pada Materi Senyawa Hidrokarbon Terhadap Hasil Belajar Siswa. Vidya Karya, 33(1), 35. https://doi.org/10.20527/jvk.v33i1.5391
Sarwinda, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu UNO Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi. SJEE (Scientific Journals of Economic Education), 7(2), 80–85.
Sholihah, I. M. (2021). Pembuatan game edukasi puzzle berbasis android pada Materi Benzena dan turunannya. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Silaban, R., Panggabean, F. T. M., Hutapea, F. M., Hutahaean, E., & Alexander, I. J. (2020). Implementasi Problem Based-Learning (Pbl) Dan Pendekatan Ilmiah Menggunakan Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Mengajar Ikatan Kimia. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(2), 69–76. https://doi.org/10.31957/jipi.v8i2.1234
Sukmawati, A. S., Rusmayadi, G., Amalia, M. M., Hikmah, Rumata, N. A., Chatra, A., Abdullah, A., Sari, A., Hulu, D., Wikaningtyas, R., Munizu, M., & Sa’dianoor. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Penerapan Praktis Analisis Data berbasis Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Suliyanah, Deta, U. A., Kurniawan, F. K., Lestari, N. A., Yantidewi, M., Jauhariyah, M. N. R., & Prahani, B. K. (2021). Literature review on the use of educational physics games in improving learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1805(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1805/1/012038
Supiadi, E., Sulistyo, L., Rahmani, S. F., Riztya, R., & Gunawa, H. (2023). Efektivitas model pembelajaran terpadu dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa di sekolah. Journal on Education, 5(3), 9494–9505.
Susanty, H. (2022). Problematika pembelajaran kimia peserta didik pada pemahaman konsep dan penyelesaian soal soal hitungan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(6), 1929. https://doi.org/10.35931/aq.v16i6.1278
Utami, Mi. M. I. P., & Hidayah, F. F. (2019). Deskripsi kesalahan siswa dalam memberi nama senyawa hidrokarbon jenuh dan tak jenuh. Seminar Nasional Edusainstek , 320–326.
Zurna, H. P. B., Irfan, D., & Effendi, H. (2023). Studi Literatur riview pengembangan media pembelajaran menggunakan articulate story line di sekolah menengah kejuruan. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 3(2), 72–78. https://doi.org/10.24036/javit.v3i2.130