Development of Science E-Modules Based on Local Potential to Improve Student’s Science Literacy
Main Article Content
Abstract
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
References
Abdi, A., Aristya, P. D., & Budiarso, A. S. (2023). Pengembangan modul flipbook digital berbasis stem materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan literasi sains. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 57–66. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.294
Amelia, V., Darmansyah., & Fitria, Y. (2023). Pemanfaatan platform let’s read dalam mendukung kegiatan literasi siswa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6459–6473. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11631
Branch, R. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Choiroh, F., Wahyuni, S., & Rusdianto. (2024). Pengembangan e-modul berbasis flip pdf professional pada materi sistem ekskresi untuk meningkatkan hasil belajar ipa siswa smp. Jurnal Pendidikan Biologi (Biogenerasi), 9(2), 2024. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v9i2.4082
Fuadina, Z. N., Supeno, S., Ahmad, N., & Sugihartoko, S. (2022). Pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbantuan diagram berpikir multidimensi dalam pembelajaran ipa terhadap literasi sains siswa di smp. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 102–110. https://doi.org/10.37478/optika.v6i2.1965
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809
Herdiana, L. E., Sunarno, W., & Indrowati, M. (2021). Studi analisis pengembangan e-modul ipa berbasis inkuiri terbimbing dengan sumber belajar potensi lokal terhadap kemampuan literasi sains. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 87. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57247
Permataningsih, I., Istyadji, M., & Hafizah, E. (2021). Pengembangan bahan ajar ipa smp topik klasifikasi materi dan perubahannya untuk menunjang literasi sains. Vidya Karya, 35(1), 49–60. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/JVK/index Vol
Kurniawan, R., & Syafriani, S. (2021). Praktikalitas dan efektivitas penggunaan e-modul fisika sma berbasis guided inquiry terintegrasi etnosains untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(2), 135–141. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss2/572
Kurniawati, T. D., Akhdinirwanto, R. W., & Fatmaryanti, S. D. (2021). Pengembangan e-modul menggunakan aplikasi 3d pageflip professional untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 2(1), 32–41. https://doi.org/10.37729/jips.v2i1.685
Lestari, R. D. A., Wahyuni, S., & Ridlo, Z. R. (2023). Pengembangan e-modul berbasis potensi lokal berbantuan google sites untuk mengembangkan literasi sains siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(3), 245–254. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2024.v14.i3.p245-254
Niate, M., & Djulia, E. (2022). Profil kemampuan literasi sains kelas x pada aspek kompetensi materi vertebrata. Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 14(2), 33–41. https://doi.org/10.24815/jbe.v14i2.29859
Paramitha, M., Fadllah, S., & Sari, M. (2023). Pengembangan multimedia interaktif berbasis aplikasi canva pada materi sistem pernapasan. Jurnal BIOEDUIN, 13(2), 58–68. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v13i2.21203
Pratama, F. A. K. F., Wahyuni, S, & Putra, P. D. A. (2022). Jurnal paedagogy. Jurnal Paedagogy, 9(1), 2022. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/index
Putra, K. D. P., Wibawa, K. A., & Noviantari, P. S. (2024). Kemampuanliterasi matematissiswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 105–114. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.5
Putri, R. M., Asrizal, A., & Usmeldi, U. (2022). Metaanalisis efek pendekatan stem pada literasi sains dan pemahaman konsep peserta didik di setiap satuan pendidikan. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(1), 86–98. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i1.23897
Sherliyanti, Y., & Jauhariyah, M. N. R. (2023). Validitas instrumen penilaian berbasis kelas untuk mengukur kompetensi literasi sains peserta didik pada materi pemanasan global. Inovasi Pendidikan Fisika, 13(1), 168–176. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2446
Wahyuni, S., Wulandari, E. U. P., Rusdianto, Fadilah, R. E., & Yusmar, F. (2022). pengembangan mobile learning module berbasis android untuk meningkatkan literasi digital siswa smp. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 125–134. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.266
Yuliana, D., Baijuri, A., Suparto, A. A., Seituni, S., & Syukria, S. (2023). Pemanfaatan aplikasi canva sebagai media video pembelajaran kreatif, inovatif, dan kolaboratif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6(2), 247–257. https://doi.org/10.37792/jukanti.v6i2.1025
Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya literasi sains peserta didik indonesia: hasil pisa dan faktor penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283