PENGGUNAAN PIGMEN ALAMI PADA TENUN TROSO DENGAN FIKSASI ASAM-BASA: PENDEKATAN GREEN CHEMISTRY MELALUI PROJECT BASED LEARNING

Main Article Content

Syafrudin K Najih

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar (kognitif) dan sikap siswa terhadap pembelajaran kimia (SPK) pada materi asam dan basa melalui pembelajaran berbasis proyek dan berpendekatan green chemistry di MA Matholi’ul Huda Troso Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental design dan bentuk nonequivalent control group design. Pengambilan sampel secara cluster random sampling. Metode pengumpulan data melalui soal tes (hasil belajar) multiple choice, observasi, wawancara, dokumentasi dan angket SPK. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan uji pihak kanan (uji t) pada taraf signifikansi 5% dan derajat keabsahan 66, diperoleh thitung = 4,199 lebih dari ttabel = 1,668 untuk hasil belajar dan thitung = 8,743 lebih dari ttabel = 1,668 untuk SPK. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar dan SPK dengan model pembelajaran PjBL dan berpendekatan green chemistry lebih besar daripada rata-rata hasil belajar dan SPK dengan model pembelajaran konvensional. Adapun rata-rata hasil belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 77,60 dengan presentase ketuntasan 69% dan 61,97 dengan presentase ketuntasan 42%. Rata-rata SPK kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 75,74 dan 58,42. Uji peningkatan dengan N-gain hasil belajar diperoleh hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,59 (kategori sedang) dan 0,24 (kategori rendah). Sementara, N-gain SPK antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,32 (kategori sedang) dan -0,03 (kategori rendah).

Article Details

How to Cite
Najih, S. K. (2019). PENGGUNAAN PIGMEN ALAMI PADA TENUN TROSO DENGAN FIKSASI ASAM-BASA: PENDEKATAN GREEN CHEMISTRY MELALUI PROJECT BASED LEARNING. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 3(1), 54-64. https://doi.org/10.19109/ojpk.v3i1.3368
Section
Articles

How to Cite

Najih, S. K. (2019). PENGGUNAAN PIGMEN ALAMI PADA TENUN TROSO DENGAN FIKSASI ASAM-BASA: PENDEKATAN GREEN CHEMISTRY MELALUI PROJECT BASED LEARNING. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 3(1), 54-64. https://doi.org/10.19109/ojpk.v3i1.3368

References

Afriana, J. (2015). Project based learning (PjBL). Makalah. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Baș, G. (2011). Investigating the effects of project-based learning on students’ academic achievement and attitudes towards english lesson. J. New Horizons In Education, 1(4), 1-15.

Cheung, D. (2011). Evaluating student attitudes toward chemistry lesson to enhance teaching in the secondary school. J. Educacion Quimica, 22(2), 117-122.

Fitria, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid di MAN Indrapuri. Skripsi. Aceh: UIN AR-Raniry

Gerhana, M.T.C., Mardiyana, M. & Pramudya, I. (2017). The effectiveness of project based learning in trigonometry. J. of Physics: Conf. Series 895, 1-6.

Khan, G.N. dan Arshad, A. (2012). Higher secondary school students’ attitude toward chemistry. Journal of Asian Social Science, 8(6), 165-169.

Pujilestari, T. (2015). Review: Sumber dan pemanfaatan zat warna alami untuk keperluan industri. Dinamika Kerajinan dan Batik, 32(2), 93-106.

Septiani, P.Y. (2015). Penerapan model project based learning pada materi hidrokarbon dan minyak bumi untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa SMAN 14 Semarang. Skripsi. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Sitaresmi, K.S., Sulistyo, S. & Suryadi, B.U. (2017). Penerapan pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi siswa pada materi sistem periodik unsur (SPU) kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun pelajaran 2015/ 2016. J. Pendidikan Kimia, 6(1), 54-61.

Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Warsono dan Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yunus, F.W. dan Zainun, M.A. (2013). Attitude towards learning chemistry among secondary school students in Malaysia. J. of Asian Behavioural Studie,. 3(11), 1-11.