UPAYA SEKOLAH DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 7 PROGRAM UNGGULAN COLOMADU
DOI:
https://doi.org/10.19109/pairf.v6i1.19718Keywords:
Principal, Morals, StudentsAbstract
The principal is a leader in an institution, namely a school, who has full responsibility for the school he leads. One of these responsibilities is to ensure that every student does righteous deeds, in accordance with Islamic values. This study aims to look at the principal's efforts to cultivate morals at SMP Muhammadiyah 7 Colomadu Superior Program, in this case, the teacher is always a good example for students so that students are inspired by the akhlakul kharimah that is exemplified. The method used in this research is through data collection techniques and interviews, which are conducted using a phenomenological qualitative approach. The object of this research is the principal, teachers, and students at the junior high school. The sources used are data from data collection and interviews. The results of this study can be seen that the principal's efforts to foster the morals of students are by creating programs, such as internship programs, specialization classes, joint dhuha prayers, murotal activities together before learning activities, and before asr prayers, Sunday morning congregation activities every two months, and tahfidz quarantine., besides that, it also provides good examples related to morals to students and gives advice to students related to morals.References
Achadah, Alif, dan Nila Nur Faizah. “Budaya Sholat Berjama’ah dalam Upaya Membentuk Karakter Religius Siswa.” TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM vol 3, no. 2 (2021): 1–6.
Alimron, Alimron, Syarnubi Syarnubi, and Maryamah Maryamah. "Character Education Model in Islamic Higher Education." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 15, no. 3 (2023).
Ali, Muhammad, and Syarnubi Syarnubi. "Dampak Sertifikasi Terhadap Kompetensi Pedagodik Guru (Studi Pemetaan (PK) GPAI On-Line Tingkat SMA/SMK Provinsi Sumatera Selatan." Tadrib 6.2 (2020): 141-158.
Amira, Aliyah, Akmal Hawi, dan Mardeli. “Hubungan antara Kompetensi Kepribadian Guru dengan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas IX di SMP Islam Az-Zahrah 2 Palembang.” Junal PAI Raden Fatah 1, no. 2 (2019): 130.
Anggraeni, Lutfia. Peran Kepala Sekolah Dalam Membina Al-Akhlak Al-Kharimah Siswa SMP Islam Ma’arif 02 Malang. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2009.
Atmodiwiryo, Subagio. Manajemen Pendidikan Indonesia. Ardadizya jaya, 2017.
Ballianie, Novia, Mutia Dewi, and Syarnubi Syarnubi. " Internalisasi Pendidikan Karakter pada Anak dalam Bingkai Moderasi Beragama." Prosiding Seminar Nasional 2023. Vol. 1. No. 1. 2023.
Dewi, Yesi Riana. Upaya Kepala Sekolah dan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Peserta Didik SD N Kangkung Kecamatan Buni Waras Lampung. Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan, 2017.
Fajri, Norsa Muhammad. Kebijakan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Kelas X Terhadap Guru PAI di SMA Negeri 1 Kalasan. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016.
Fauzi, Saski Anggreta, dan Dea Mustika. “Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran di kelas v sekolah dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4, no. 3 (2022).
Fauzi, Muhamad, Hasty Andriani, Romli, and Syarnubi Syarnubi. “Budaya Belajar Santri Berprestasi di Pondok Pesantren.” In Prosiding Seminar Nasional 2023. Palembang, 2023.
Febriyanti, Eka, Fajri Ismail, and Syarnubi Syarnubi. "Penanaman Karakter Peduli Sosial di SMP Negeri 10 Palembang." Jurnal PAI Raden Fatah 4, no. 1 (2022): 39-51.
Fitriyani, Ema Dwi, Abu Mansur, and Syarnubi Syarnubi. "Model Pembelajaran Pesantren Dalam Membina Moralitas Santri di Pondok Pesantren Sabilul Hasanah Banyuasin." Jurnal PAI Raden Fatah 2, no. 1 (2020): 103-116.
Ginanjar M. H. “Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam vol 2, no. 4 (2017).
Hajriansyah Hajriansyah. ““Akhlak Terpuji Dan Yang Tercela: Telaah Singkat Ihya’ Ulumuddin Jilid Iii,”.” NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam Vol 1, no. 1 (2017): 17–26.
Hajriyanti, Santi, Akmal Hawi, dan Syarnubi. “Pengaruh Penerapan Strategi Firing Line Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelask VII di SMP N Sukaraya Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas.” Junal PAI Raden Fatah 3, no. no.1 (2021): 62.
Hamid, Darmadi. “Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional.” Jurnal Edukasi 13, no. 2 (2015): 161–74.
Hidayat, Tatang, Ahmad Syamsu Rizal, dan Fahrudin Fahrudin. “Peran Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2018): 1–10. doi:10.29313/tjpi.v7i2.4117.
Malta, Malta, Syarnubi Syarnubi, and Sukirman Sukirman. "Konsep Pendidikan Anak dalam Keluarga Menurut Ibrahim Amini." Jurnal PAI Raden Fatah 4, no. 2 (2022): 140-151.
Martina, Martina, Nyayu Khodijah, and Syarnubi Syarnubi. "Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Tulung Selapan Kabupaten OKI." Jurnal PAI Raden Fatah 1, no. 2 (2019): 164-180.
Mardeli, Lola Fadilah, Ratih Novianti, Juwita Puspita Sari, Zulhijra, dan Sukirman. “Tafakur Pandemi Covid-19: Telaah Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidiksn Islam 11, no. 01 (2022): hlm 205.
Matta, Anis. Membentuk Karakter Cara Islam. Jakarta: Al- I’tisom Cetakan. III, 2006.
Moleong., Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif,. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Mu’min, Bahrul. Manajemen Kesiswaan dalam Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MA Nahdlatul Arifin Sumberejo Ambulu Jember, 2021.
Muslicah, Dwi. Peran Kepala Sekolah Dalam Menannkan Akhlaqul Kharimah di SMP Negeri 1 Bulu Temanggung Tahun Pelajaran 2018/2019,2020. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2020.
Qodariah. “Akhlak Dalam Perspektif Alqurān.” Jurnal Al-Fath, vol 11, no. 2 (2017).
Sukirman, Masnun Baiti, dan Syarnubi. “Konsep Pendidikan menurut Al-Ghazali.” Jurnal PAI Raden Fatah vol 5, no. 3 (2023): 451–69.
Sutiono, R., Riadi, H., & Wahid, A. “Akhlak Dalam Perspektif Al-Quran. Akademika.” Jurnal Peurawi vol 13, no. 2 (2017).
Sari, Ema Indira, Ismail Sukardi, and Syarnubi Syarnubi. " Hubungan Antara Pemanfaatan Internet sebagai Media Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang." Jurnal PAI Raden Fatah 2.2 (2020): 202-216.
Sukirman, Sukirman, Masnun Baiti, and Syarnubi Syarnubi. "Konsep Pendidikan menurut Al-Ghazali." Jurnal PAI Raden Fatah 5, no. 3 (2023): 451-469.
Sutarmizi, Sutarmizi, and Syarnubi Syarnubi. " Strategi Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Rumpun PAI di MTs. Mu’alliminislamiyah Kabupaten Musi Banyuasin." Tadrib 8.1 (2022): 56-74.
Syarnubi, Syarnubi, Alimron Alimron, and Fauzi Muhammad. Model Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Palembang: CV. Insan Cendekia Palembang, 2022.
Syarnubi, Syarnubi, Firman Mansir, Mulyadi Eko Purnomo, Kasinyo Harto, and Akmal Hawi. "Implementing Character Education in Madrasah." Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2021): 77-94.
Syarnubi, Syarnubi. "Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengarayan." Tadrib 5, no. 1 (2019): 87-103.
Syarnubi, Syarnubi. "Guru yang bermoral dalam konteks sosial, budaya, ekonomi, hukum dan agama (Kajian terhadap UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen)." Jurnal PAI Raden Fatah 1, no. 1 (2019): 21-40.
Syarnubi, Syarnubi. "Pendidikan Karakter pada Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang." PhD diss., UIN Reden Fatah Palembang (2020).
Syarnubi, Syarnubi. "Manajemen Konflik Dalam Pendidikan Islam dan Problematikanya: Studi Kasus di Fakultas Dakwah UIN-SUKA Yogyakarta." Tadrib 2, no. 1 (2016): 151-178.
Syarnubi, Syarnubi, Muhamad Fauzi, Baldi Anggara, Septia Fahiroh, Annisa Naratu Mulya, Desti Ramelia, Yumi Oktarima, and Iflah Ulvya. "Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama." In Prosiding Seminar Nasional 2023, vol. 1, no. 1, pp. 112-117. 2023.
Syarnubi, Syarnubi. "Penerapan Paradigma Integrasi-Interkoneksi dalam Peningkatan Mutu Lulusan." Jurnal PAI Raden Fatah 4.4 (2022): 375-395.
Wulandari, Yuniar, Muh Misdar, and Syarnubi Syarnubi. "Efektifitas Peningkatan Kesadaran Beribadah Siswa MTs 1 Al-Furqon Pampangan Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir." Jurnal PAI Raden Fatah 3.4 (2021): 405-418.
Yanti, Santi Hajri, Akmal Hawi, and Syarnubi Syarnubi. "Pengaruh Penerapan Strategi Firing Line Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP N Sukaraya Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas." Jurnal PAI Raden Fatah 3, no. 1 (2021): 55-65.
Alimron, Alimron, Syarnubi Syarnubi, and Maryamah Maryamah. "Character Education Model in Islamic Higher Education." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 15, no. 3 (2023).
Ali, Muhammad, and Syarnubi Syarnubi. "Dampak Sertifikasi Terhadap Kompetensi Pedagodik Guru (Studi Pemetaan (PK) GPAI On-Line Tingkat SMA/SMK Provinsi Sumatera Selatan." Tadrib 6.2 (2020): 141-158.
Amira, Aliyah, Akmal Hawi, dan Mardeli. “Hubungan antara Kompetensi Kepribadian Guru dengan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas IX di SMP Islam Az-Zahrah 2 Palembang.” Junal PAI Raden Fatah 1, no. 2 (2019): 130.
Anggraeni, Lutfia. Peran Kepala Sekolah Dalam Membina Al-Akhlak Al-Kharimah Siswa SMP Islam Ma’arif 02 Malang. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2009.
Atmodiwiryo, Subagio. Manajemen Pendidikan Indonesia. Ardadizya jaya, 2017.
Ballianie, Novia, Mutia Dewi, and Syarnubi Syarnubi. " Internalisasi Pendidikan Karakter pada Anak dalam Bingkai Moderasi Beragama." Prosiding Seminar Nasional 2023. Vol. 1. No. 1. 2023.
Dewi, Yesi Riana. Upaya Kepala Sekolah dan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Peserta Didik SD N Kangkung Kecamatan Buni Waras Lampung. Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan, 2017.
Fajri, Norsa Muhammad. Kebijakan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Kelas X Terhadap Guru PAI di SMA Negeri 1 Kalasan. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016.
Fauzi, Saski Anggreta, dan Dea Mustika. “Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran di kelas v sekolah dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4, no. 3 (2022).
Fauzi, Muhamad, Hasty Andriani, Romli, and Syarnubi Syarnubi. “Budaya Belajar Santri Berprestasi di Pondok Pesantren.” In Prosiding Seminar Nasional 2023. Palembang, 2023.
Febriyanti, Eka, Fajri Ismail, and Syarnubi Syarnubi. "Penanaman Karakter Peduli Sosial di SMP Negeri 10 Palembang." Jurnal PAI Raden Fatah 4, no. 1 (2022): 39-51.
Fitriyani, Ema Dwi, Abu Mansur, and Syarnubi Syarnubi. "Model Pembelajaran Pesantren Dalam Membina Moralitas Santri di Pondok Pesantren Sabilul Hasanah Banyuasin." Jurnal PAI Raden Fatah 2, no. 1 (2020): 103-116.
Ginanjar M. H. “Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam vol 2, no. 4 (2017).
Hajriansyah Hajriansyah. ““Akhlak Terpuji Dan Yang Tercela: Telaah Singkat Ihya’ Ulumuddin Jilid Iii,”.” NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam Vol 1, no. 1 (2017): 17–26.
Hajriyanti, Santi, Akmal Hawi, dan Syarnubi. “Pengaruh Penerapan Strategi Firing Line Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelask VII di SMP N Sukaraya Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas.” Junal PAI Raden Fatah 3, no. no.1 (2021): 62.
Hamid, Darmadi. “Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional.” Jurnal Edukasi 13, no. 2 (2015): 161–74.
Hidayat, Tatang, Ahmad Syamsu Rizal, dan Fahrudin Fahrudin. “Peran Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2018): 1–10. doi:10.29313/tjpi.v7i2.4117.
Malta, Malta, Syarnubi Syarnubi, and Sukirman Sukirman. "Konsep Pendidikan Anak dalam Keluarga Menurut Ibrahim Amini." Jurnal PAI Raden Fatah 4, no. 2 (2022): 140-151.
Martina, Martina, Nyayu Khodijah, and Syarnubi Syarnubi. "Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Tulung Selapan Kabupaten OKI." Jurnal PAI Raden Fatah 1, no. 2 (2019): 164-180.
Mardeli, Lola Fadilah, Ratih Novianti, Juwita Puspita Sari, Zulhijra, dan Sukirman. “Tafakur Pandemi Covid-19: Telaah Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidiksn Islam 11, no. 01 (2022): hlm 205.
Matta, Anis. Membentuk Karakter Cara Islam. Jakarta: Al- I’tisom Cetakan. III, 2006.
Moleong., Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif,. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Mu’min, Bahrul. Manajemen Kesiswaan dalam Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MA Nahdlatul Arifin Sumberejo Ambulu Jember, 2021.
Muslicah, Dwi. Peran Kepala Sekolah Dalam Menannkan Akhlaqul Kharimah di SMP Negeri 1 Bulu Temanggung Tahun Pelajaran 2018/2019,2020. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2020.
Qodariah. “Akhlak Dalam Perspektif Alqurān.” Jurnal Al-Fath, vol 11, no. 2 (2017).
Sukirman, Masnun Baiti, dan Syarnubi. “Konsep Pendidikan menurut Al-Ghazali.” Jurnal PAI Raden Fatah vol 5, no. 3 (2023): 451–69.
Sutiono, R., Riadi, H., & Wahid, A. “Akhlak Dalam Perspektif Al-Quran. Akademika.” Jurnal Peurawi vol 13, no. 2 (2017).
Sari, Ema Indira, Ismail Sukardi, and Syarnubi Syarnubi. " Hubungan Antara Pemanfaatan Internet sebagai Media Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang." Jurnal PAI Raden Fatah 2.2 (2020): 202-216.
Sukirman, Sukirman, Masnun Baiti, and Syarnubi Syarnubi. "Konsep Pendidikan menurut Al-Ghazali." Jurnal PAI Raden Fatah 5, no. 3 (2023): 451-469.
Sutarmizi, Sutarmizi, and Syarnubi Syarnubi. " Strategi Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Rumpun PAI di MTs. Mu’alliminislamiyah Kabupaten Musi Banyuasin." Tadrib 8.1 (2022): 56-74.
Syarnubi, Syarnubi, Alimron Alimron, and Fauzi Muhammad. Model Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Palembang: CV. Insan Cendekia Palembang, 2022.
Syarnubi, Syarnubi, Firman Mansir, Mulyadi Eko Purnomo, Kasinyo Harto, and Akmal Hawi. "Implementing Character Education in Madrasah." Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2021): 77-94.
Syarnubi, Syarnubi. "Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengarayan." Tadrib 5, no. 1 (2019): 87-103.
Syarnubi, Syarnubi. "Guru yang bermoral dalam konteks sosial, budaya, ekonomi, hukum dan agama (Kajian terhadap UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen)." Jurnal PAI Raden Fatah 1, no. 1 (2019): 21-40.
Syarnubi, Syarnubi. "Pendidikan Karakter pada Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang." PhD diss., UIN Reden Fatah Palembang (2020).
Syarnubi, Syarnubi. "Manajemen Konflik Dalam Pendidikan Islam dan Problematikanya: Studi Kasus di Fakultas Dakwah UIN-SUKA Yogyakarta." Tadrib 2, no. 1 (2016): 151-178.
Syarnubi, Syarnubi, Muhamad Fauzi, Baldi Anggara, Septia Fahiroh, Annisa Naratu Mulya, Desti Ramelia, Yumi Oktarima, and Iflah Ulvya. "Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama." In Prosiding Seminar Nasional 2023, vol. 1, no. 1, pp. 112-117. 2023.
Syarnubi, Syarnubi. "Penerapan Paradigma Integrasi-Interkoneksi dalam Peningkatan Mutu Lulusan." Jurnal PAI Raden Fatah 4.4 (2022): 375-395.
Wulandari, Yuniar, Muh Misdar, and Syarnubi Syarnubi. "Efektifitas Peningkatan Kesadaran Beribadah Siswa MTs 1 Al-Furqon Pampangan Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir." Jurnal PAI Raden Fatah 3.4 (2021): 405-418.
Yanti, Santi Hajri, Akmal Hawi, and Syarnubi Syarnubi. "Pengaruh Penerapan Strategi Firing Line Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP N Sukaraya Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas." Jurnal PAI Raden Fatah 3, no. 1 (2021): 55-65.
Downloads
Issue
Section
Articles
How to Cite
UPAYA SEKOLAH DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 7 PROGRAM UNGGULAN COLOMADU. (2024). Jurnal PAI Raden Fatah, 6(1), 31-49. https://doi.org/10.19109/pairf.v6i1.19718