IMPLIKASI GAYA LEADERSHIP KEPALA SEKOLAH PADA KARAKTER ISLAMI GURU DI SMP TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA

Authors

  • Laila Zurli Azzahra Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muh. Nur Rochim Maksum Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.19109/pairf.v6i1.21610

Keywords:

Leadership Style, Islamic Character

Abstract

Terdapat dua tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini. (1) Untuk mengetahui gaya leadership yang dikembangkan oleh Kepala Sekolah terhadap karakter islami guru di SMP Ta'mirul Islam Surakarta. (2) Untuk mengetahui implikasi gaya leadership Kepala Sekolah terhadap karakter islami guru di SMP Ta'mirul Islam Surakarta. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan salah satu guru yang mengampu mata pelajaran Bahasa Arab. Dalam penelitian ini, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ada tiga. (1) Gaya leadership yang dikembangkan oleh Kepala Sekolah terhadap karakter islami guru di SMP Ta’mirul Islam Surakarta adalah kegitan tahsin, kegiatan ngaji kitab, kegiatan tausiyah, kegiatan muqoddaman online, kegiatan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), kegiatan supervisi dinas, pengembangan karakter dengan menggunakan cara-cara unik dari Kepala Sekolah, dan menggunakan metode bicara dari hati ke hati. (2) Implikasi dari gaya leadership Kepala Sekolah sangat efektif dan signifikan terhadap karakter islami guru di SMP Ta’mirul Islam Surakarta.

References

Abdul, Muid. “Thesis: Upaya Kepala Madrasah Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Islam Di MTsN Wonorejo Pasuruan.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2016.
Ahdar. Teori Filsafat Pendidikan Islam. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini Anggota IKAPI, 2022.
Ali, Muhammad, and Syarnubi Syarnubi. "Dampak Sertifikasi Terhadap Kompetensi Pedagodik Guru (Studi Pemetaan (PK) GPAI On-Line Tingkat SMA/SMK Provinsi Sumatera Selatan." Tadrib 6.2 (2020): 141-158.
Alimron, Alimron, Syarnubi Syarnubi, and Maryamah Maryamah. "Character Education Model in Islamic Higher Education." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 15, no. 3 (2023).
Amira Aliyah, Akmal Hawi, Mardeli. “Hubungan antara Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas Ix Di Smp Islam Az-Zahrah 2 Palembang.” Jurnal PAI Raden Fatah Vol 1, no. 2 (2019): 131.
Arisca, Lestari, Karoma Karoma, Syarnubi Syarnubi, And Ahmad Syarifuddin. “Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAI Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa di Smp Negeri 06 Palembang.” Junal PAI Raden Fatah 2, No. 3 (2020).
Azizah, N. “Perilaku Moral dan Religiusitas Siswa Berlatar Belakan Pendidikan Umum dan Agama.” Jurnal Psikologi., 2015.
Ballianie, Novia, Mutia Dewi, and Syarnubi Syarnubi. " Internalisasi Pendidikan Karakter pada Anak dalam Bingkai Moderasi Beragama." Prosiding Seminar Nasional 2023. Vol. 1. No. 1. 2023.
Dimas Assyakurrohim, D. I. “Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif.” Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 2023, 5.
Ermayani, Tri. “Pembentukan Karakter Remaja Melalui Keterampilan Hidup.” Jurnal Pendidikan Karak te v, no. 2 (2015): 127–41.
Fauzi, Muhamad, Hasty Andriani, and Syarnubi Syarnubi. "Budaya Belajar Santri Berprestasi di Pondok Pesantren." In Prosiding Seminar Nasional 2023, vol. 1, no. 1, pp. 140-147. 2023.
Febriyanti, Eka, Fajri Ismail, and Syarnubi Syarnubi. "Penanaman Karakter Peduli Sosial di SMP Negeri 10 Palembang." Jurnal PAI Raden Fatah 4, no. 1 (2022): 39-51.
Fitriyani, Ema Dwi, Abu Mansur, and Syarnubi Syarnubi. "Model Pembelajaran Pesantren Dalam Membina Moralitas Santri di Pondok Pesantren Sabilul Hasanah Banyuasin." Jurnal PAI Raden Fatah 2, no. 1 (2020): 103-116.
Firdaus, Muhamad Yoga. “Diskursus Al-Qur’an Dan Prosesi Pewahyuan.” Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 12, no. 1 (2022): 1–6.
Indra Ruyani, Hapzi Ali, Kasful Anwar Us. “Literature Review Mutu Pendidikan Islam: Berfikir Kesisteman, Konsep Al Quran Dan Konsep Hadist.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial Vol 3, no. 2 (2022): 530–40.
Lili., Swieto. “Pengaruh Kebiasaan Belajar Pada Era Disrupsi dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X IPS SMAN 10 Malang.” Tesis. Universitas Negeri Malang. Diakses pada 23 Agustus 2022, 2021.
Hartati, Jusmeli, Wasith Achadi, Syarnubi Syarnubi, And Muhammad Mirza Naufa. “Hubungan Prokrastinasi dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam FITK UIN Raden Patah Palembang.” Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya 5, No. 4 (2022): 608–18.
Harto, Kasinyo, and Syarnubi Syarnubi. "Model pengembangan pembelajaran PAI berbasis living values education (lve)." Tadrib 4, no. 1 (2018): 1-20.
Hawi, Akmal, and Syarnubi Syarnubi. "Remaja Pecandu Narkoba: Studi tentang Rehabilitasi Integratif di Panti Rehabilitasi Narkoba Pondok Pesantren Ar-Rahman Palembang." Tadrib 4, no. 1 (2018): 99-119.
Malta, Malta, Syarnubi Syarnubi, and Sukirman Sukirman. "Konsep Pendidikan Anak dalam Keluarga Menurut Ibrahim Amini." Jurnal PAI Raden Fatah 4, no. 2 (2022): 140-151.
Martina, Martina, Nyayu Khodijah, and Syarnubi Syarnubi. "Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Tulung Selapan Kabupaten OKI." Jurnal PAI Raden Fatah 1, no. 2 (2019): 164-180.
Misyuraidah, Misyuraidah, and Syarnubi Syarnubi. 2017. “Gelar Adat Dalam Upacara Perkawinan Adat Masyarakat Komering di Sukarami Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan”. Intizar 23 (2), 241-60. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intizar.v23i2.2239.
Maksum, M.N.R, S.T Wahidah, Istanto, dan N.L. Inayati. “Strategi Kepala Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Religius di SMA Negeri 1 Simo.” Prosiding The Annual Conference on Islamic Religious Education vol 2, no. 1 (2022): 683.
Novia, Aisyah. “Siswa SD Bunuh Diri Imbas Di-bully, Pemerhati Anak: Guru-Sekolah Tak Peka,” 2023.
Nurfalah, Yasin. “‘Penanaman nilai-nilai agama Islam terhadap anak didik.’” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman Vol 29, no. 1 (2018): 85–99.
Nurrahman, Nurrahman, Fitri Oviyanti, and Syarnubi Syarnubi. "Hubungan Antara Kegiatan Ekstrakurikuler dengan Keaktifan Siswa dalam Berdiskusi di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 4 Palembang." Jurnal PAI Raden Fatah 3.2 (2021): 166-175.
Oktiani, Indri. “Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Kependidikan 5 (2017).
Putra Pratama, Irja, Indah Anggara, dan Fitri Oviyanti. “Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di SMP Syabab Al-Fatih Sri Mulya Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir.” Jurnal PAI Raden Fatah Vol. 2, N0 (2020).
Rahayu, Fitri. “Konsep Evaluasi Dalam Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 13, no. 2 (2019): 1–14. doi:10.47435/al-qalam.v8i1.199.
Sartika. “Skripsi: Implikasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Perilaku Religius Peserta Didik Di SMK DDI PAREPARE.” ParePare: IAIN ParePare, 2021, n.d.
Sari, Ema Indira, Ismail Sukardi, and Syarnubi Syarnubi. " Hubungan Antara Pemanfaatan Internet sebagai Media Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang." Jurnal PAI Raden Fatah 2.2 (2020): 202-216.
Sukirman, Sukirman, Masnun Baiti, and Syarnubi Syarnubi. "Konsep Pendidikan menurut Al-Ghazali." Jurnal PAI Raden Fatah 5, no. 3 (2023): 451-469.
Sukirman, Sukirman, Masnun Baiti, and Syarnubi Syarnubi. "Pendidikan Agama Islam dan Isu Kekerasan dalam Hak Asasi Manusia." Jurnal PAI Raden Fatah 5.2 (2023): 433-448.
Sutarmizi, Sutarmizi, and Syarnubi Syarnubi. " Strategi Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Rumpun PAI di MTs. Mu’alliminislamiyah Kabupaten Musi Banyuasin." Tadrib 8.1 (2022): 56-74.
Syarnubi, Syarnubi, Alimron Alimron, and Fauzi Muhammad. Model Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Palembang: CV. Insan Cendekia Palembang, 2022.
Syarnubi, Syarnubi, Ahmad Syarifuddin, and Sukirman Sukirman. "Curriculum Design for the Islamic Religious Education Study Program in the Era of the Industrial Revolution 4.0." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 15, no. 4 (2023).
Syarnubi, Syarnubi. 2023. “Hakikat Evaluasi dalam Pendidikan Islam”. Jurnal PAI Raden Fatah 5 (2), 468-86.
Syarnubi, Syarnubi. "Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengarayan." Tadrib 5, no. 1 (2019): 87-103.
Syarnubi, Syarnubi. "Guru yang bermoral dalam konteks sosial, budaya, ekonomi, hukum dan agama (Kajian terhadap UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen)." Jurnal PAI Raden Fatah 1, no. 1 (2019): 21-40.
Syarnubi, Syarnubi. "Pendidikan Karakter pada Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang." PhD diss., UIN Reden Fatah Palembang (2020).
Syarnubi, Syarnubi. "Manajemen Konflik Dalam Pendidikan Islam dan Problematikanya: Studi Kasus di Fakultas Dakwah UIN-SUKA Yogyakarta." Tadrib 2, no. 1 (2016): 151-178.
Syarnubi, Syarnubi, Muhamad Fauzi, Baldi Anggara, Septia Fahiroh, Annisa Naratu Mulya, Desti Ramelia, Yumi Oktarima, and Iflah Ulvya. "Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama." In Prosiding Seminar Nasional 2023, vol. 1, no. 1, pp. 112-117. 2023.
Syarnubi, Syarnubi. "Penerapan Paradigma Integrasi-Interkoneksi dalam Peningkatan Mutu Lulusan." Jurnal PAI Raden Fatah 4.4 (2022): 375-395.
Tim Penyusun. “Undang-Undang Republik Indonesia". Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia, 2003.
Ulfah, Ulfah, Yuli Supriani, and Opan Arifudin. “‘Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi.’” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 5, no. 1 (2022): 153–61.
Wahidin, Unang. “Pendidikan Karakter Bagi Remaja.” Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 03 (2017). doi:10.30868/ei.v2i03.29.
Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.
Widiastuti, N, M. I Dacholfany, dan S. Aminin. “Manajemen Kompetensi Sosial Guru Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Siswa Di Paud Tk Negeri Pembina Lampung Tengah. Poace: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, https://doi.org/10.24127/poace.v2i1.1225.” Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan vol 21 (2022).
Wirantasa, U. “Pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA vol 7, no. 1 (2017).
Wulandari, Yuniar, Muh Misdar, and Syarnubi Syarnubi. "Efektifitas Peningkatan Kesadaran Beribadah Siswa MTs 1 Al-Furqon Pampangan Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir." Jurnal PAI Raden Fatah 3.4 (2021): 405-418.
Yanti, Santi Hajri, Akmal Hawi, and Syarnubi Syarnubi. "Pengaruh Penerapan Strategi Firing Line Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP N Sukaraya Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas." Jurnal PAI Raden Fatah 3, no. 1 (2021): 55-65.
Zahraini, Z, dan Z Zainudin. “Modernization of Islamic Education: Study on the Alteration of Education Managerial at Nurul Hakim Islamic Boarding School West Lombok West Nusa Tenggara.” International Journal of Multicultural and … 8, no. 3 (2021): 477–83.

Downloads

Published

30-01-2024

How to Cite

IMPLIKASI GAYA LEADERSHIP KEPALA SEKOLAH PADA KARAKTER ISLAMI GURU DI SMP TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA. (2024). Jurnal PAI Raden Fatah, 6(1), 289-296. https://doi.org/10.19109/pairf.v6i1.21610