MUSLIM DIGITAL MARKET FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAKWAH MELALUI KALIGRAFI

Authors

  • Rahmah El Fauziah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung
  • Uwes Fatoni Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.19109/1ppyvh86

Keywords:

Da'wah, Calligraphy, Promotion Media

Abstract

The development of technology and the times force humans to adapt, including in preaching. Although new communication technology (da'wah transmission) cannot completely replace old technology, it can allow old technology to take on a new role. This causes moving with the times in the corridor of Islam so that it can develop in accordance with the methods of da'wah transmission, which includes the use of Facebook social media as a tool to promote da'wah through calligraphy, so this study reveals several things about the utilization of Facebook and cutting elements of da'wah based on the title "Utilization of Facebook as a Means of Da'wah Through Calligraphy". Using a descriptive approach, this research describes and analyzes ideas by using data collection techniques through in-depth interviews with resource persons, namely the founders and collaborators of the calligraphy community in Padang, West Sumatra, "Kaligrafi Sakato". From the results of this study, it was found that Facebook is seen as an effective means of preaching through verses of the Qur'an and the Prophet's Sunnah that are beautifully written by the recipients of calligraphy services, namely the Sakato calligraphy community

References

Ahmad Tayfiq Ma`mun. “Efektivitas Pembelajan Bahasa Arab Melalui Media Sosial Whatsapp Di Program BISA (Belajar Islam Dan Bahasa Arab).” Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015.

Ali, Muhammad, dan Syarnubi Syarnubi. “Dampak Sertifikasi Terhadap Kompetensi Pedagodik Guru (Studi Pemetaan (PK) GPAI On-Line Tingkat SMA/SMK Provinsi Sumatera Selatan.” Tadrib vol 6, no. 2 (2020): 141–58.

Alimron, Alimron, Syarnubi Syarnubi, dan Maryamah Maryamah. “Character Education Model in Islamic Higher Education.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam 15, no. 3 (2023).

Apriansyah, Gio, Mardeli Mardeli, Syarnubi Syarnubi, dan Nyayu Soraya. “Pengaruh Pendidikan Non Formal (Tpa) Terhadap Pemahaman Materi Tentang Agama Islam.” Jurnal PAI Raden Fatah 4, no. 3 (2022).

Arisca, Lestari, Karoma Karoma, Ahmad Syarifuddin, dan Syarnubi Syarnubi. “Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAI Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa di SMP Negeri 06 Palembang.” Jurnal PAI Raden Fatah vol 2, no. 3 (2020): 295–308.

Ballanie, Novia, Mutia Dewi, dan Syarnubi Syarnubi. “Internalisasi Pendidikan Karakter pada Anak dalam Bingkai Moderasi Beragama.” Prosiding Seminar Nasional 2023 vol 1, no. 1 (2023).

Fauzi, Muhamad, Hasty Andriani, Romli Romli, dan Syarnubi Syarnubi. “Budaya Belajar Santri Berprestasi di Pondok Pesantren.” Prosiding Seminar Nasional 1, no. 1 (2023): 140.

Febriyanti, Eka, Fajri Ismail, dan Syarnubi Syarnubi. “Penanaman Karakter Peduli Sosial Di Smp Negeri 10 Palembang.” Jurnal PAI Raden Fatah 4, no. 1 (2022): 39–51. doi:10.19109/pairf.v4i1.5390.

Fitriyani, Ema Dwi, Abu Mansur, dan Syarnubi Syarnubi. “Model Pembelajaran Pesantren dalam Membina Moralitas Santri di Pondok Pesantren Sabibul Hasanah Banyuasin.” Jurnal PAI Raden Fatah 2, no. 1 (2020): 104.

Hajriyanti, Santi, Akmal Hawi, dan Syarnubi Syarnubi. “Pengaruh Penerapan Strategi Firing Line Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelask VII di SMP N Sukaraya Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas.” Junal PAI Raden Fatah 3, no. no.1 (2021): 62.

Indira, Sari Ema, Ismail Sukardi, dan Syarnubi Syarnubi. “Hubungan Antara Pemanfaatan Internet sebagai Media Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang.” Jurnal PAI Raden Fatah vol 2, no. 2 (2020): 202–16.

Hartati, Jusmeli, Wasith Achadi, Syarnubi Syarnubi, And Muhammad Mirza Naufa. “Hubungan Prokrastinasi dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam FITK UIN Raden Patah Palembang.” Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya 5, No. 4 (2022): 608–18.

Harto, Kasinyo, and Syarnubi Syarnubi. "Model pengembangan pembelajaran PAI berbasis living values education (lve)." Tadrib 4, no. 1 (2018): 1-20.

Hawi, Akmal, and Syarnubi Syarnubi. "Remaja Pecandu Narkoba: Studi tentang Rehabilitasi Integratif di Panti Rehabilitasi Narkoba Pondok Pesantren Ar-Rahman Palembang." Tadrib 4, no. 1 (2018): 99-119.

Malta, Malta, Syarnubi Syarnubi, dan Sukirman Sukirman. “Konsep Pendidikan Anak dalam Keluarga Menurut Ibrahim Amini.” Junal PAI Raden Fatah 4, no. 2 (2022): 141.

Mansir, Firman, dan Syarnubi Syarnubi. “Guildance and Counseling: The Integration of Religion and Science in 21st Century Building.” Islamic Education in Indonesia 4, no. 2 (2021).

Martina, Martina, Nyayu Khodijah, Syarnubi Syarnubi. “Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Tulung Selapan Kabupaten OKI.” Jurnal PAI Raden Fatah Vol 2, no. 1 (2019): 164–80.

Misyuraidah, Misyuraidah, dan Syarnubi Syarnubi. “Gelar Adat Dalam Upacara Perkawinan Adat Masyarakat Komering di Sukarami Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan.” Intizar 23, no. 2 (2017).

Neni Anggraini, Muhammad Isnaini, dan Syarnubi Syarnubi. “Hubungan Antara Karakteristik Kepribadian Orang Tua Terhadap Sikap Sosial Siswa Di Mts Nurul Waton Desa Sungsang 3 Kecamatan Banyuasin Ii Kabupaten Banyuasin.” Tadrib Vol. 3, no. No. 3 (2021).

Nurrahman, Nurrahman, Fitri Oviyanti, dan Syarnubi Syarnubi. “Hubungan Antara Kegiatan Ekstrakurikuler dengan Keaktifan Siswa dalam Berdiskusi di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 4 Palembang.” Jurnal PAI Raden Fatah vol 3, no. 2 (2021): 166–75.

Soraya, Nyayu, Maryam, Syarnubi, dan Zulhijra. “Nilai-Nilai Pendidikan Moral Akhlak Masyarakat Melayu.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 01 (2022): hlm 91.

Sukirman Sukirman, Yulia Aziza, Abdurahmansyah Abdurahmansyah, dan Syarnubi Syarnubi. “Penerapan Metode Kitabah dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santriwati Kelas XI di Madrasah Aliyah Al-furqon Prabumulih.” Junal PAI Raden Fatah 4, no. 4 (2020).

Sukirman, Sukirman, Masnun Baiti, dan Syarnubi Syarnubi. “Pendidikan Agama Islam dan Isu Kekerasan dalam Hak Asasi Manusia.” Jurnal PAI Raden Fatah 5, no. 2 (2023).

Sukirman Sukirman, Masnun Baiti, Syarnubi Syarnubi, dan Muhammad Fauzi. “Konsep Pendidikan Menurut Al-Ghazali.” Jurnal PAI Raden Fatah 5, no. 3 (2023): 449–66.

Sutarmizi, Sutarmizi, dan Syarnubi Syarnubi. “Strategi Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Rumpun PAI di MTs. Mu’alliminislamiyah Kabupaten Musi Banyuasin.” Tadrib vol 8, no. 1 (2022): 56–74.

Syarnubi, Syarnubi, Alimron Alimron, and Fauzi Muhammad. Model Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Palembang: CV. Insan Cendekia Palembang, 2022.

Syarnubi, Syarnubi, Ahmad Syarifuddin, and Sukirman Sukirman. "Curriculum Design for the Islamic Religious Education Study Program in the Era of the Industrial Revolution 4.0." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 15, no. 4 (2023).

Syarnubi, Syarnubi. 2023. “Hakikat Evaluasi dalam Pendidikan Islam”. Jurnal PAI Raden Fatah 5 (2), 468-86.

Syarnubi, Syarnubi. "Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengarayan." Tadrib 5, no. 1 (2019): 87-103.

Syarnubi, Syarnubi. "Guru yang bermoral dalam konteks sosial, budaya, ekonomi, hukum dan agama (Kajian terhadap UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen)." Jurnal PAI Raden Fatah 1, no. 1 (2019): 21-40.

Syarnubi, Syarnubi. "Pendidikan Karakter pada Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang." PhD diss., UIN Reden Fatah Palembang (2020).

Syarnubi, Syarnubi. "Manajemen Konflik Dalam Pendidikan Islam dan Problematikanya: Studi Kasus di Fakultas Dakwah UIN-SUKA Yogyakarta." Tadrib 2, no. 1 (2016): 151-178.

Syarnubi, Syarnubi, Muhamad Fauzi, Baldi Anggara, Septia Fahiroh, Annisa Naratu Mulya, Desti Ramelia, Yumi Oktarima, and Iflah Ulvya. "Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama." In Prosiding Seminar Nasional 2023, vol. 1, no. 1, pp. 112-117. 2023.

Syarnubi, Syarnubi. "Penerapan Paradigma Integrasi-Interkoneksi dalam Peningkatan Mutu Lulusan." Jurnal PAI Raden Fatah 4.4 (2022): 375-395.

Utami, Anggi Putri, Syarnubi, Mardeli, dan Nyayu Soraya. “Analisis Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Kegiatan Ekstrakurikuler.” Jurnal PAI Raden Fatah 5, no. 4 (2023): hlm 706.

Wulandari, Yuniar, Muh Misdar, and Syarnubi Syarnubi. "Efektifitas Peningkatan Kesadaran Beribadah Siswa MTs 1 Al-Furqon Pampangan Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir." Jurnal PAI Raden Fatah 3.4 (2021): 405-418.

Yanti, Santi Hajri, Akmal Hawi, and Syarnubi Syarnubi. "Pengaruh Penerapan Strategi Firing Line Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP N Sukaraya Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas." Jurnal PAI Raden Fatah 3, no. 1 (2021): 55-65.

Downloads

Published

30-01-2024

How to Cite

MUSLIM DIGITAL MARKET FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAKWAH MELALUI KALIGRAFI. (2024). Jurnal PAI Raden Fatah, 6(1), 425-440. https://doi.org/10.19109/1ppyvh86