Proses Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka di MTs Raudhatul Iman Tebo Jambi

Authors

  • Uswatun Hasanah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Muhammad Zalnur Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.19109/w3152331

Keywords:

Process, Innovation, Independent Curriculum

Abstract

In implementing innovative learning methods as part of the Merdeka Curriculum, teacher readiness and competence are key factors affecting successful implementation, with the main challenge being limited training and technical skills. The purpose of this study was to determine Learning Innovation in the Implementation of the Merdeka Curriculum at MTs Raudhatul Iman Tebo Jambi. Descriptive Qualitative research method. Research results Inadequate infrastructure and the digital divide among students are also significant barriers. In addition, the involvement of students and parents in the learning process still needs to be improved, given the importance of their support in creating a conducive learning environment. Conclusion With a strong commitment and the right strategy, MTs Raudhatul Iman can overcome the barriers and successfully implement Merdeka Curriculum effectively, improve the quality of education, and make a positive contribution to the development of education.

References

Achadah, Alif. “Implementasi Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran.” Jurnal Studi Pendidikan Islam 9 (2021).

Al, Bunga Wannesia Et. “Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka di Era Society 5.0,” Media Penelitian Pendidikan.” Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran 16, no. 2 (2022).

Al, Dede Ahmad Muhtarom Et. “Suplemen Toleransi Pada Materi Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Untuk Sekolah Menengah Pertama.” Academy Of Education Journal 15, no. 1 (2024).

Al, Mulik Cholilah Et. “Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21.” Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran 1, no. 2 (2023).

Ali, Muhammad, dan Syarnubi Syarnubi. “Dampak Sertifikasi Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru (Studi Pemetaan (PK) GPAI On-Line Tingkat SMA/SMK Provinsi Sumatera Selatan.” Tadrib 6, no. 2 (2020): 141–58.

Alimron, Alimron, Syarnubi Syarnubi, dan Maryamah Maryamah. “Character Education Model in Islamic Higher Education.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam 15, no. 3 (2023).

Aly, Selviana Al-Jannah and Hery Noer. “Kurikulum Sebagai Pilar Pengembangan Individual Siswa SMA: Pendekatan Holistik Untuk Masa Depan Yang Berkilau.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5, no. 4 (2023).

Arisca, Lestari, Karoma Karoma, Syarnubi Syarnubi, dan Ahmad Syarifuddin. “Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pai Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Di Smp Negeri 06 Palembang.” Junal PAI Raden Fatah 2, no. 3 (2020).

Ballanie, Novia, Mutia Dewi, dan Syarnubi Syarnubi. “Internalisasi Pendidikan Karakter pada Anak dalam Bingkai Moderasi Beragama.” Prosiding Seminar Nasional 1, no. 1 (2023).

Fauzi, Muhammad, Hasty Andriani, dan Syarnubi Syarnubi. “Budaya Belajar Santri Berprestasi di Pondok Pesantren.” In Prosiding Seminar Nasional 1, no. 1 (2023): 140–47.

Febriyanti, Eka, Fajri Ismail, dan Syarnubi Syarnubi. “Penanaman Karakter Peduli Sosial Di Smp Negeri 10 Palembang.” Jurnal PAI Raden Fatah 4, no. 1 (2022): 39–51. doi:10.19109/pairf.v4i1.5390.

Fitriyani, Ema Dwi, Abu Mansur, dan Syarnubi Syarnubi. “Model Pembelajaran Pesantren dalam Membina Moralitas Santri di Pondok Pesantren Sabilul Hasanah Banyuasin.” Jurnal PAI Raden Fatah 2, no. 1 (2020): 103–16.

Frinaldi, Oggie Bima Nugraha And Aldri. “Inovasi Yang Ditawarkan Kurikulum Merdeka Belajar Dan Bagaimana Implementasinya.” Menara Ilmu 17 (2023).

Hartati, Jusmeli, Wasith Achadi, Syarnubi Syarnubi, dan Mirza Naufa Muhammad. “Hubungan Prokrastinasi dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam FITK UIN Raden Patah Palembang.” Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya 5, no. 4 (2022): 612.

Harto, Kasinyo, dan Syarnubi Syarnubi. “Model pengembangan pembelajaran PAI berbasis living values education (LVE).” Tadrib :Jurnal PAI Raden Fatah 4, no. 1 (2018): 3.

Hawi, Akmal, dan Syarnubi Syarnubi. “Remaja Pecandu Narkoba: Studi Tentang Rehabilitasi Integratif di Panti Rehabilitasi Narkoba Pondok Pesantren Ar-Rahman Palembang.” Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4, no. 1 (2018): 99–119.

Ina Magdalena, Elsa Rizqina Agustin, and Syahnia Maulida Fitria. “Konsep Model Pembelajaran.” Sindoro: Cendikia Pendidikan 3, no. 1 (2024).

Luciana, Luciana. “Implementasi Kurikulum 2013 Pada Madrasah Ibtidiyah Swasta Madinatussalam, Nurul Fadhilah Dan Hidayatussalam Di Kecamatan Percut Sei Tuan.” UINSU Medan, 2021.

Malta, Malta, Syarnubi Syarnubi, dan Sukirman Sukirman. “Konsep Pendidikan Anak dalam Keluarga Menurut Ibrahim Amini.” Junal PAI Raden Fatah 4, no. 2 (2022).

Martina, Martina, Nyayu Khodijah, dan Syarnubi Syarnubi. “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Tulung Selapan kabupaten OKI.” Junal PAI Raden Fatah 1, no. 2 (2019): 164.

Misyuraidah, Misyuraidah, dan Syarnubi Syarnubi. “Gelar Adat Dalam Upacara Perkawinan Adat Masyarakat Komering di Sukarami Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan.” Intizar 23, no. 2 (2017).

Mustika, Maisy Aprilia and Dea. “mplementation Of The Teacher’s Role In Implementing The Kurikulum Merdeka In Elementary School” 21, no. 2 (2024).

Nurahman, Nurrahman, Fitri Oviyanti, dan Syarnubi Syarnubi. “Hubungan Antara Kegiatan Ekstrakulikuler dengan Keaktifan Siswa dalam Berdiskusi di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 4 Palembang.” Jurnal PAI Raden Fatah 3, no. 2 (2021): 166–75.

Nurhayati, Reni, dan Prihatini. “Inovasi Kurikulum Dalam Kurikulum Merdeka,” 2023.

One. “Struktur Kurikulum Merdeka Tingkat Madrasah Tsanawiyah (Mts),” n.d. https://www.nihayatulamal.sch.id/Berita-Struktur-Kurikulum-Merdeka-Tingkat-Madrasah-Tsanawiyah-Mts.Html.

Rahmi, Rina. “Inovasi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.” Al-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 2020.

Rosalia Romadhoni, Mukhammad Bakhruddin, And Najamuddin Mulyono. “mplementasi Karakter Religious Dalam Kegiatan Keagamaan Di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 8 (2023).

Sari, Ema Indira, Ismail Sukardi, dan Syarnubi Syarnubi. “Hubungan Antara Pemanfaatan Internet sebagai Media Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang.” Jurnal PAI Raden Fatah 2, no. 2 (2020): 202–16.

Sni, Hermus Hero And Maria Ermalinda. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Inpres Iligetang.” Jrpd (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) 1, no. 2 (2018).

Songgirin, Amin. Sistem Pendidikan Kader Dan Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management, 2022.

Sukirman, Sukirman, Masnun Baiti, dan Syarnubi, Syarnubi. “Konsep Pendidikan menurut Al-Ghazali.” Jurnal PAI Raden Fatah vol 5, no. 3 (2023): 451–69.

Sukirman, Sukirman, Baiti Masnun, dan Syarnubi Syarnubi. “Pendidikan Agama Islam dan Isu Kekerasan dalam Hak Asasi Manusia.” Jurnal PAI Raden Fatah 5, no. 2 (2023): 433–48.

Sundari, Elgy. “Transformasi Pembelajaran Di Era Digital: Mengintegrasikan Teknologi Dalam Pendidikan Modern.” Sindoro: Cendikia Pendidikan 4, no. 5 (2024).

Sutarmizi, Sutarmizi, dan Syarnubi Syarnubi. “Strategi Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Rumpun PAI di MTs Mu’alimunislamiyah Kabupaten Musi Banyuasin.” Tadrib 8, no. 1 (2022): 56–74.

Syafi’i, Muhammad Imam. “Eksplorasi Pendekatan Pembelajaran Berpusat Pada Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh: Peluang Dan Tantangan.” Lubna: Journal Of Islamic Elementary Education 1, no. 1 (2024).

Syaparuddin, Syaparuddin, Meldianus Meldianus, dan Elihami Elihami. “Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKN Peserta Didik.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1, no. 1 (2020).

Syarnubi, Syarnubi, ‘Hakikat Evaluasi dalam Pendidikan Islam’, Jurnal PAI Raden Fatah, 5.2 (2023), 468–86

Syarnubi, Syarnubi, Alimron, Alimron And Fauzi Muhammad, ‘Model Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi’, CV. Insan Cendekia Palembang, 2022

Syarnubi, Syarnubi, Alimron, Alimron And Sukirman, Sukirman ‘Curriculum Design For The Islamic Religious Education Study Program In The Era Of The Industrial Revolution 4.0’, Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15.4 (2023)

Syarnubi, Syarnubi, ‘Guru Yang Bermoral dalam Konteks Sosial, Budaya, Ekomomi, Hukum dan Agama (Kajian Terhadap UU No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen’, Jurnal PAI Raden Fatah, 1.2 (2019), 22

Syarnubi, Syarnubi, ‘Manajemen Konflik dalam Pendidikan Islam dan Problematika: Studi Kasus di Fakultas Dakwah UIN SUKA Yogyakarta’, Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2.1 (2016), 151–78

Syarnubi, Syarnubi, ‘Pendidikan Karakter Pada Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang’, Phd Diss., Uin Reden Fatah Palembang, 2020

Syarnubi, Syarnubi, ‘Penerapan Paradigma Integrasi-Interkoneksi dalam Peningkatan Mutu Lulusan’, Jurnal Pai Raden Fatah, 4.4 (2022), 375–95

Syarnubi, Syarnubi, ‘Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengarayan’, Tadrib, 5.1 (2019), 87–103

Syarnubi, Syarnubi, Muhammad Fuazi, Baldi Anggara, Septia Fahiroh, Annisa Naratu Mulya, Desti Ramelia, And Others, ‘Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Nilai Moderasi Beragama’, In Prosiding Seminar Nasional, 1.1 (2023), 112–17

Syarnubi, Syarnubi, Arvin Efriani, Suzana Pranita, Zulhijra Zulhijra, Baldi Anggara, Alimron Alimron, Maryamah Maryamah, and Rohmadi Rohmadi. "An analysis of student errors in solving HOTS mathematics problems based on the newman procedure." In AIP Conference Proceedings, vol. 3058, no. 1. AIP Publishing, 2024.

Syarnubi, Syarnubi, and Septia Fahiroh. "Shame Compensation in Islamic and Psychological Perspectives." Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 10, no. 1 (2024): 12-31.

Tuerah, Jeanne M. Tuerah Roos M. S. “Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2023.

Wahyudi, Lilik. “Mutu Layanan Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Roudlotul Hidayah Kota Bangun Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar.” Unisan Jurnal 3, no. 3 (2024).

Wulandari, Yuniar, Muh Misdar, dan Syarnubi Syarnubi. “Efektifitas Peningkatan Kesadaran Beribadah Siswa Mts 1 Al-Furqon Pampangan Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir.” Junal PAI Raden Fatah 3, no. 4 (2021).

Yanti, Santi Hajri, Akmal Hawi, dan Syarnubi Syarnubi. “Pengaruh Penerapan Strategi Firing Line Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP N Sukaraya Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas.” Jurnal PAI Raden Fatah vol 3, no. 1 (2021): 55–65.

Downloads

Published

02-07-2024

How to Cite

Proses Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka di MTs Raudhatul Iman Tebo Jambi. (2024). Jurnal PAI Raden Fatah, 6(3), 724-737. https://doi.org/10.19109/w3152331