Problematika Pembelajaran BTQ di SMK Pemuda Krian
DOI:
https://doi.org/10.19109/mh1kez10Keywords:
Problems, Learning, BTQAbstract
This research aims to analyze the problematics of BTQ learning at SMK Pemuda Krian, both from internal and external factors. The research method used is descriptive qualitative with data collection through interviews, observation, and documentation. The results showed that internal factors affecting the ability to read the Qur'an of class X DKV students include student motivation, intelligence, and interest and talent in the pronunciation of Arabic letters. The main obstacles faced are difficulties in pronouncing hijaiyah letters according to makhraj, limited basic knowledge of makharijul huruf and tajweed, and the influence of local dialects. Influential external factors include the family environment, parental support, and teacher teaching methods. Efforts and strategies implemented by SMK Pemuda Krian to overcome these obstacles include regular practice programs and special classes, dialectical approaches and basic training in makharijul huruf, theory classes and practical tajweed exercises, and the provision of adequate learning resources. This study concludes that these various factors and strategies greatly affect students' ability to read the Qur'an properly and correctly.References
, LAMDIK. “PENERAPAN METODE TALAQQI KEPADA ANAK-ANAK DALAM PENGAJARAN ILMU MAKHORIJUL HURUF DAN TAJWID DI MAJLIS TA’ALIM ATTAWAB KP. KELAPA KEC. BOJONGGEDE KAB. BOGOR” 4, no. 1 (2023): 88–100.
Abdurroozzaq, Novandi, and Jaenal Abidin. “Konsep Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Kitab Hidayatus Shibyan.” Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Keislaman 9, no. 2 (2022): 148–54. https://www.journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/1112/858.
AHMAD, FARIZ. HASIL OBSERVASI DENGAN SALAH SATU WALIMURUD TERKAIT MOTIVASI BELAJAR DARI DUKUNGAN ORANG TUA PADA TANGGAL 24 JULI 2024 (2024).
Aisyah Ayun Khoirurrizki, and Betty Mauli Rosa Bustam. “ANALISIS RENDAHNYA MINAT BACA AL-QUR’AN PADA ANAK USIA SEKOLAH.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial 1, no. 1 (2023): 47–59. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i1.12.
Aisyah Rahma Fitri Tanjung, Nabila Syafinka Putri, M.Ilyas Ramadhan. “Efektifitas Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswa Di Sekolah SMP Muhammadiyah 50 Medan.” Pendidikan Sosial Humaniora 1, no. 3 (2023): 122–31. https://juridiksiam.unram.ac.id/index.php/juridiksiam%0A.
Apriani, Linda. “MENURUNNYA MINAT MEMBACA AL-QUR’AN DAN SOLUSINYA BAGI ANAK USIA SEKOLAH DI DESA SIDARESMI KECAMATAN PABEDILAN KABUPATEN CIREBON (STUDI KASUS ANAK USIA 13-18 TAHUN DI BLOK MANIS),” 2020, 25.
Arifin, Bustanil, and Setiawati Setiawati. “Gambaran Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Quran.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 2 (2021): 4886–94. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1709.
Diaz, M, R Barquez, and D Verzi. “EFEKTIVITAS METODE IQRO’ DALAM MENINGKATKANKEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS II DI MIT AL-MABRUR TAWANGSARI” 36, no. June (2020): 5860.
Djul Fadli, Akhmad, and Rahendra Maya. “UPAYA ORANGTUA DALAM MENINGKATKANMINAT BACA AL-QURAN ANAK DALAM KELUARGA.” Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hidayah Bogor no. (2020): 13.
Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21, no. 1 (2021): 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.
faizah, mazidatul, Siska Binti Qoirot, and Mohamad Nasirudin. “Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Santri TPQ Al Mustaqim Dengan Bimbingan Fashohatul Lisan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Keagamaan 1, no. 1 (2020): 38–41.
Falah, Saiful. “ESENSI GURU DALAM VISI-MISI PENDIDIKAN MELALUI OPTIMALISASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK.” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 01 (2021): 1. https://doi.org/10.30868/im.v4i01.1175.
FARIZ AHMAD. HASIL OBSERVASI DI DALAM KELAS MENINJAU SECARA LANGSUNG BERBAGAI MACAM KESULITAS SISWA DAN SISWI kesulitan dalam pengucapan huruf-huruf hijaiyah PADA TANGGAL 22 JULI 2024 (2024).
———. HASIL OBSERVASI WAWANCARA DENGAN SALAH SATU siswa kelas X DKV di SMK Pemuda Krian pada terkait dengan minat bakat siswa tanggal 23 juli 2024 (2024).
———. HASIL WAWANCARA DENGAN KEPALA SEKOLAH SMK Pemuda Krian TERKAIT DENGAN metode pengajaran guru mencakup variasi metode pengajaran yang digunakan, keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran BTQ DI KELAS, PADA TANGGAL 24 JULI 2024 (2024).
———. HASIL WAWANCARA SECARA LANGSUNG dengan salah satu guru BTQ, Farnsy Herani Putri MEMBAHAS TENTANG KESULITAN DAN HAMBATAN SISWA DAN SISWI kelas X DKV di SMK Pemuda Krian PADA TANGGAL22 JULI 2024 (2024).
———. PENELITIAN LAPANGAN DI DALAM KELAS UNTUK OBERVASI TERKAIT PEMBELAJARAN BTQ SECARA LANGSUNG PADA TANGGAL 22 JULI 2024 (2024).
Fauji, Imam, Eni Fariyatul Fahyuni, Abdul Muhid, and Zaki Nur Fahmawati. “Implementing Child-Friendly Teaching Methods To Improve Qur’an Reading Ability.” Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (2020): 69–78. https://doi.org/10.15575/jpi.v6i1.8078.
Fetrimen, Fetrimen. “Penerapan Literasi Terintegrasi Membaca Al- Qur’an Dengan Proses Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Jamiatul Khoir Kota Tangerang.” Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 12, no. 1 (2023): 1. https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.121781.
Hisyam, Muhammad. “Strategi Guru BTQ Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di SMP Muhammadiyah 4 Gempol Pasuruan,” 2023.
Ishak, Muhammad., Syafaruddin., and Masganti Sit. “Pelaksanaan Program Tilawah Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di Mas Al Ma’Sum Stabat.” Jurnal Edu Religia 1, no. 4 (2020): 610–12.
Kamil, Rheschy Auliya. “Problematika Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Siswa” 3, no. 2 (2023): 199–207.
Karawang, Universitas Singaperbangsa. “Problematika Pembelajaran Al- Qur’an Pada Smp Ibnu Sina Bandung,” 2020, 185–92.
Kartika, Mila. “Problematika Peserta Didik Dalam Membaca Al-Qur’an Di SMP Negeri 1 Lembah Melintang.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6 (2022): 1–8.
Kasmira, Ainun Jariyah, and Maya Reski Tasman. “Peningkatan Kemampuan Membaca Alquran Melalui Metode Tajwid Card Pada Santri Tk/Tpa Nurul Iman Jalan Rappokalling Kelurahan Tammua Kec. Tallo.” Pena 2, no. 2 (2020): 329–38.
Khadijah, S. “PROBLEMATIKA MEMBACA AL-QUR’AN ANAK DI DESA SIMANINGGIR KECAMATAN SIABU KABUPATEN MANDAILING NATAL,” 2016. http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/4740%0Ahttp://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4740/1/123100202.pdf.
Kirana. “Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Baca Al’Qur’an Pada Siswa Jelas II IPS Di SMA Negeri 1 Tanalili Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara,” 2020, 1–76.
Kusuma, Yuanda. “Model-Model Perkembangan Pembelajaran Btq Di Tpq/Tpa Di Indonesia.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 1 (2020): 46–58. https://doi.org/10.18860/jpai.v5i1.6520.
Mahdali, Fitriyah. “Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan.” Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hadis 2, no. 2 (2020): 143–68. https://doi.org/10.15548/mashdar.v2i2.1664.
Membaca, Minat. “Peningkatan Minat Membaca Dan Menulis Al-Quran Siswa Melalui Metode Demonstrasi” 1, no. 3 (2020): 254–77.
Nurkhatiqah, Atila, Camelia Fitri, and Dhiya Rahmatina. “BEDAH MAKNA, UNSUR DAN ASPEK IJAZ AL-QURAN.” MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis 2, no. 2 (2022): 150–58. https://doi.org/10.54443/mushaf.v2i2.29.
Pérez Dávila, Juan. “HUBUNGAN PEMAHAMAN ILMU TAJWID DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN KELAS V DI MIN 1 BANDAR LAMPUNG” 21, no. 1 (2020): 1–9.
Rahmadani, Hayin Elma, Muh Nur, Rochim Maksum, Deddy Ramdhani, and Triono Ali Mustofa. “Problematika Pembelajaran Baca Tulis AL- Qur’an Pada Generasi Z,” 2020, 144–57.
Safitri, Elinda, Irma Adriati, Arifmiboy, and Charles. “Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Penguasaan Ilmu Tajwid Siswa Di Tpa Al-Mukminin Base Camp Kabupaten Pasaman Barat.” Jurnal Multidisiplin Ilmu 1, no. 3 (2022): 474–80.
Soleha, Siti Maratus, and Imam Fauji. “Al-Quran Learning for Autistic Children in School.” Academia Open 6 (2022): 1–11. https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.2689.
Unique, Aflii. “Efektivitas Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Cilik TPQ Darunnajah Jakarta” 1, no. 0 (2020): 1–23.