Komunikasi Persuasif Antara Guru Dan Siswa di Man 1 Pidie Jaya

Main Article Content

Jufrizal Jufrizal
Fera Indasari

Abstract

Komunikasi persuasif merupakan komunikasi yang efektif antara guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, namun komunikasi persuasif antara guru dan siswa tidak difungsikan secara maksimal dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini berjudul “Komunikasi Persuasif Antara Guru dan Siswa (Penilitian di MAN 1 Pidie Jaya)”. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana pemahaman guru dan siswa terhadap proses komunikasi persuasif dalam kegiatan belajar mengajar. Bagaimana tanggapan siswa terhadap proses komunikasi guru dalam kegiatan belajar mengajar. Strategi komunikasi persuasif guru dalam kegiatan  belajar mengajar. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk pemahaman guru dan siswa terhadap proses komunikasi persuasif dalam kegiatan belajar mengajar, tanggapan siswa terhadap proses komunikasi guru, dan Strategi komunikasi persuasif guru dalam kegiatan  belajar mengajar di 1 Pidie Jaya. Penelitian ini mengkombinasikan antara penelitian kualitatif dan kuantitaif, data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan kuensioner. Sampel dari penelitian ini adalah guru MAN 1 Pidie Jaya sebanyak 5 responden dan 40 siswa-siswi. Analisis data dilakukan dengan cara memeriksa kuisioner yang telah dijawab oleh responden, mengumpulkan hasil wawancara dari para guru, kemudian menghitung frekuensi dan persentase dari artenatif jawaban, mengklafikasikan data dan menyusun secara sistematis data yang telah diperoleh serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa, komunikasi persuasif antara guru dan siswa belum berjalan maksimal. Hal utama yang menyebabkan para siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar adalah terletak pada proses komunikasi persuasif guru. Dalam kegiatan belajar mengajar, para guru di MAN 1 Pidie Jaya menggunakan srategi komunikasi persuasif dengan sistem pendekatan  langsung kepada siswanya. Komunikasi persuasif yang dilakukan guru bersifat emosional antara siswa dan guru.
 

Article Details

How to Cite
Komunikasi Persuasif Antara Guru Dan Siswa di Man 1 Pidie Jaya. (2021). TABAYYUN, 2(2), 1-13. https://doi.org/10.19109/tabayyun.v2i2.11595
Section
Articles

How to Cite

Komunikasi Persuasif Antara Guru Dan Siswa di Man 1 Pidie Jaya. (2021). TABAYYUN, 2(2), 1-13. https://doi.org/10.19109/tabayyun.v2i2.11595

References

Richard West dan Lynn H. Turner, Pengantar Teori Komunikasi:Analisis dan Aplikasi, cet III : Jakarta: Salemba Humanika.
Soejono,SH, & H. Abdurrahman, SH. MH, Metode Penelitian Suatu Pemikiran dan Penerapan, Cetakan II: Jakarta: Rineka Cipta, 2005
Soleh Sumirat dkk, Komunikasi Persuasif, Jakarta, Universitas Terbuka, 2004.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. Alfabeta, 2007.
Suharmini Arikunto, Prosedur Penelitian,Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Sumardi Suryabrata, Metode Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.
Tommy, Suprapto, Pengantar Teori Komunikasi, Jogjakarta: Media Presindo, 2006.