Kemampuan Komunikasi Pustakawan dalam Layanan Informasi di Perpustakaan
Main Article Content
Abstract
Perpustakaan sebagai sumber informasi memiliki strategi penting dan memiliki peluang yang cukup besar dalam bidang kepustakawanan dan diseminasi informasi. Seiring dengan kehidupan masyarakat yang berkembang pesat, perpustakaan harus tanggap terhadap kebutuhan akan informasi. Oleh karena itukomunikasi merupakan hal yang tidak kalah pentingnya dalam ilmu perpustakaan. Dalam sebuah komunikasi akan terdapat unsur yaitu siapa yang menyampaikan, apa yang disampaikan, melalui saluran apa, kepada siapa, dan apa pengaruhnya, ini semua berkaitan dengan kegiatan di perpustakaan khususnya pada layanan informasi yang tidak lain langsung berhadapan dengan pengguna.Komunikasi yang digunakan dalam layanan informasi adalah komunikasi interpersonal dimana komunikasi dengan yang melibatkan orang lain, meliputi sikap empati, keterbukaan, mendukung, positif, dan kesetaraan. Semua lembagaapalagi bagi pustakawan yang memiliki tugas luar biasa dalam melayani pengguna haruslah memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, jika pustakawan memiliki keahlian dan pandai berkomunikasi, maka terciptalah citra positif bagi pengguna itu sendiri dan pengguna menunjukkan sikap positif terhadap pustakawan.Oleh karena itu, semakin baik komunikasi maka semakin baik pula pelayanan dan penyampaian informasi dalam memenuhi kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh para pengguna di perpustakaan.
Article Details
How to Cite
Kemampuan Komunikasi Pustakawan dalam Layanan Informasi di Perpustakaan. (2021). Wardah, 22(2), 65-73. https://doi.org/10.19109/wardah.v22i2.10827
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Kemampuan Komunikasi Pustakawan dalam Layanan Informasi di Perpustakaan. (2021). Wardah, 22(2), 65-73. https://doi.org/10.19109/wardah.v22i2.10827