Qasidah Al-Munfarijah Karya Imam Yusuf At-Tauzariy dan Qasidah Qod Kafani Karya Imam Abdullah Al-Haddid (Analisis Sastra Bandingan)

  • Andri .
  • Muhammad Walidin

Abstract

Penelitian ini berjudul Qasidah al-Munfarijah Karya Imam Yusuf at- Tauzariy dan Qasidah Qod Kafanie Karya Imam Abdullah al-Haddad. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persamaan dan perbedaan genre, majas, dan suasana pada Qasidah al-Munfarijah Karya Imam Yusuf at-Tauzariy dan Qasidah Qod Kafanie Karya Imam Abdullah al-Haddad. Penelitian ini merupakan penelitian sastra bandingan dengan fokus penelitian genre, majas, dan suasana pada Qasidah al-Munfarijah Karya Imam Yusuf at-Tauzariy dan Qasidah Qod Kafanie Karya Imam Abdullah al-Haddad. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode bandingan. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan tekhnik membaca, mendengar, mencatat, dan transkipsi. Setelah data terkumpul, kemudian dilakukan reduksi data, analisis dan penyimpulan hasil penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif-analisis komparatif. Berdasarkan hasil analisis perbandingan struktur didapatkan deskripsi persamaan dan perbedaan dari dua sumber data sehingga dapat disimpulkan bahwa Qasidah al-Munfarijah Karya Imam Yusuf at-Tauzariy yaitu keinginan dari penyair itu sendiri sebuah kebebasan dari sebuah penderitaan dan kesengsaraan yang dilakukan oleh Raja diktator kepada dirinya dan juga rakyatnya yang tujuannya mencapai kebahagiaan di jalan Ridha Tuhan dan juga pada Qasidah Qod Kafanie Karya Imam Abdullah al-Haddad tetap dalam tegar dalam penyakit yang dideritanya guna mencapai kebahagiaan dan ridha Tuhan jua.
Published
15-08-2022
How to Cite
., A., & Walidin, M. (2022). Qasidah Al-Munfarijah Karya Imam Yusuf At-Tauzariy dan Qasidah Qod Kafani Karya Imam Abdullah Al-Haddid (Analisis Sastra Bandingan). Kitabina : Jurnal Bahasa & Sastra, 2(02), 62-77. https://doi.org/https://doi.org/10.2345/kitabina.v2i02.13556