Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Menggunakan Pendekatan Berdiferensiasi Materi Perubahan Lingkungan Di Kelas X 1 SMA Negeri 2 Bandar Lampung.

Main Article Content

FIRSTI ASTARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X 1 SMAN Negeri 2 Bandar Lampung dengan menggunakan pendekatan berdiferensiasi pada materi perubahan ligkungan Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian kelas X 1 SMA Negeri 2 Bandar Lampung sebanyak 37 peserta didik, terdiri dari 29 perempuan dan 8 laki-laki. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi pada beberapa tahapan meliputi : perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi.Peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 7% dari 74 menjadi 80 Meningkatnya kategori nilai sangat tinggi sebesar 5% yaitu dari 27 anak menjadi 29 anak. Meningkatnya rata-rata nilai tersebut disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan berpusat pada peserta didik dan peserta didik mudah menyerap materi melalui pendekatan berdiferensiasi. bahwa penerapan pendekatan berdiferensiasi dapat membantu meningkatkan berpikir kreatif peserta didik kelas X.1 SMAN 2 Bandar Lampung. Penerapan pendekatan berdiferensiasi dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X.1 SMAN 2 Bandar Lampung. Peningkatan nilai rat-rata pada siklus II kategori nilai tinggi peserta didik meningkat sebesar 5% yaitu dari 27 peserta didik menjadi 29 peserta didik.

Article Details

How to Cite
[1]
ASTARI, F. 2023. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Menggunakan Pendekatan Berdiferensiasi Materi Perubahan Lingkungan Di Kelas X 1 SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan MIPA. 12, 1 (Jul. 2023), 6-13.
Section
Articles