Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for INTELEKTUALITA?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK PENULISAN

JURNAL INTELEKTUALITA

  

Judul

Tidak melebihi 15 kata/karakter ditulis capital, tebal (bold), Font Time News Roman (TNR) 12, justify, spasi 1,15.

 

Penulis, ownership, dan e-mail

Nama penulis tanpa gelar, nama lembaga (ownership), dan e-mail korespondensi penulis

 

Abstrak/Abstract

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris antara 100 s.d. 200 kata yang memuat pokok dan hasil atau temuan dalam artikel/hasil penelitian.

 

Kata Kunci/Keyword

Ditulis maksimal 4 kata (bisa dalam bentuk phrase) merupakan kata kunci artikel/penelitian

 

Naskah Jurnal

Naskah berupa hasil penelitian (kajian pustaka maupun lapangan) terdiri dari maksimal 20 halaman yang ditulis dalam format Time News Roman (TNR) 12, Justify, dan 1,15 spasi. Naskah disusun dalam tiga bagian yaitu: Pendahuluan, Isi Naskah/Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka untuk kajian pustaka. Sedangkan hasil penelitian disusun dalam tiga bagian yaitu: Pendahuluan, Metodologi Penelitian, Hasil Penelitian dan Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka.

 

Pendahuluan:

Berisi tentang latar belakang, pokok bahasan naskah, pentingnya tema yang dibahas, dan tujuan dari pokok bahasan naskah. Pada bagian ini disarankan untuk menghindari penjelasan detail mengenai landasan teori, pernyataan masalah, dan sejenisnya seperti yang diterbitkan pada karya tulis bentuk skripsi/tesis/disertasi. Pendahuluan ditulis tebal (bold) tanda heading.

 

Isi Naskah/Pembahasan:

Berisi pembahasan-pembahasan sesuai dengan tema naskah. Dalam pembahasan terdiri dari sub-sub pembahasan sesuai dengan tema. Isi naskah/Pembahasan utama ditulis lock caps (kapital besar di awal kata), tebal (bold) tanpa heading.

Dalam penulisan sub-sub tema (terkecil) diusahakan hindari penomoran ke bawah melainkan dibuat dalam bentuk paragraf (contoh: diantaranya: 1) .....; 2) .....; 3) .....)

 

Metodologi Penelitian

Metodologi penelitian dijelaskan dalam bentuk naratif dan singkat yang meliputi: jenis penelitian, sumber data, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, dan analisis data.

 

Instrumen Pendukung

Instrumen pendukung dapat berupa gambar (grafik/bagan) atau tabel. Gambar/tabel direkomendasikan dalam format hitam putih, dan jika dibuat dalam format berwarna, harus dipastikan bahwa masih dapat terbaca dengan jelas ketika naskah dicetak hitam putih. Gambar/tabel tersebut harus diberi nomor urut dan keterangan ringkas di atasnya dengan format; centered, TNR 12, spasi 1,15. Isi tabel ditulis dengan format TNR 10, spasi 1.

 

Kesimpulan

Kesimpulan ditulis untuk mengarahkan pembaca mendapatkan hal-hal penting yang tidak dangkal dan sempit. Kesimpulan ditulis tebal (bold) tanpa heading.

 

Penulisan pengutipan menggunakan body note. Contoh (Ramayulis, 2011: 23)

 

Penulisan Daftar Pustaka sebaiknya menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti MendeleyEnd Note,Zotero, atau lainnya. Format penulisan yang digunakan di jurnal Teknik adalah sesuai dengan format APA 6thEdition (American Psychological Association).

 


 

Penulisan Daftar Pustaka

Buku

Rusli, Ris'an. (2014). Tasawuf dan Tarekat. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

 

Pustaka yang berupa majalah/jurnal ilmiah

Bekker, J. G., Craig, I. K., & Pistorius, P. C. (1999). Modeling and Simulation of Arc Furnace Process. ISIJ International, 39(1), 23–32.

 

Prosiding Seminar

Roeva, O. (2012). Real-World Applications of Genetic Algorithm. In International Conference on Chemical and Material Engineering (pp. 25–30). Semarang, Indonesia: Department of Chemical Engineering, Diponegoro University.

 

Disertasi/thesis/skripsi

Istadi, I. (2006). Development of A Hybrid Artificial Neural Network – Genetic Algorithm for Modelling and Optimization of Dielectric-Barrier Discharge Plasma Reactor. PhD Thesis. Universiti Teknologi Malaysia.

 

HandBook

Hovmand, S. (1995). Fluidized Bed Drying. In Mujumdar, A.S. (Ed.) Handbook of Industrial Drying (pp.195-248). 2nd Ed. New York: Marcel Dekker.

 

Artikel dalam Koran

Pitnov, B. (2002). "Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan?" Majapahit Pos, hlm. 4 dan 11.

 

Buku Terjemahan

Ari, D., Jacob, & Razavieh, A. (1976). Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.

 

Internet

Kumaidi. (1998). "Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya". Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Jilid 5, No. 4, (http://malang.ac.id, diakses 20 Januari 2000).

 

 

Penyerahan Artikel/Naskah

Jurnal Intelektualita memberikan tiga alternatif penyerahan naskah, yaitu sebagai berikut:

  1. Manual. Naskah diserahkan dalam bentuk CD dengan softcopy (Ms. Word 2007) hardcopy. Dikirim ke alamat Contact
  2. Email. File dalam bentuk Ms. Word (Doc/RTF) dikirim ke intelektualita@radenfatah.ac.id
  3. Open Journal System. Cara pengiriman dapat dilihat di Online Submisson

 

Alamat Redaksi:

Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Jl. Prof. K.H. Zainal Abidin Fikri No. 01 Km. 3,5 Palembang Sumatera Selatan

OJS: http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita

Email: intelektualita@radenfatah.ac.id

 

 

Copyright Notice

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)

Fast-Track Review: 0.00 (IDR)

Article Publication: 0.00 (IDR)