Peran Serta Masyarakat Melalui Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Pengawas dalam Pengelolaan Wilayah Pesisir yang berkelanjutan

Main Article Content

Ahmad Usman Nike Ardiansyah Syamsuddin Syamsuddin Haeril Haeril

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan peningkatan program pemberdayaan sosial masyarakat lokal melalui penguatan partisipasi masyarakat dalam pengawasan sumber daya pesisir. Metode penelitian yang digunakan adalah kombinasi (mixed methods). Penelitian dilakukan di Dinas Kelautan Perikanan, Dinas Pariwisata, Badan Lingkungan Hidup, dan lima kecamatan pesisir di Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan dan pemberdayaan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas), sejak pengalihan kewenangan pengawasan kepada Pemerintah Provinsi, keberadaan Pokmaswas tidak lagi efektif terutama keterpaduan dalam hal pengawasan dan penangkapan pelaku illegal fishing serta pelaku pengeboman ikan akibat lemahnya koordinasi. Selain itu pengalihan kewenangan tersebut telah menciptakan rantai perintah dan aliran informasi yang panjang juga secara langsung menyebabkan prosedur pengambilan keputusan menjadi tidak efisien.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Usman, N. Ardiansyah, S. Syamsuddin, and H. Haeril, “Peran Serta Masyarakat Melalui Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Pengawas dalam Pengelolaan Wilayah Pesisir yang berkelanjutan”, Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, vol. 12, no. 1, pp. 96-103, May 2023.
Section
Articles