Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Virus Kelas X di SMA Negeri 1 Sanga Desa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sanga Desa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan Quasi Experimental dan desain yang digunakan adalah the matching only pretest-postest. Populasi yang digunakan seluruh kelas X di SMA Negeri 1 Sanga Desa tahun 2016/2017. Dari 5 kelas populasi diambil 2 kelas yang dijadikan sebagai sampel yakni kelas X IPA 1 dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol dengan penentuan sampel menggunakan teknik sampel cluster random Sampling Penelitian ini dilaksanakan selama 2 kali pertemuan di kelas ekperimen dengan menggunakan metode problem solving dan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional. Berdasarkan hasil rata- rata post test kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukan bahwa pada kelas eksperimen 82.00 lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 62.37 Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi virus dapat dilihat dari nilai N-gain dimana kelas eksperimen memiliki nilai N gain 0,68 dengan kategori tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 0,33 dengan kategori rendah. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 6.901 dan ttabel = 1,671 dengan taraf kepercayaan 95% (a=0,05). Data tersebut menunjukan bahwa thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa metode problem solving berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sanga Desa pada materi virus.
Article Details
How to Cite
[1]
“Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Virus Kelas X di SMA Negeri 1 Sanga Desa”, intelektualita, vol. 8, no. 2, pp. 103–112, Dec. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v8i2.4659.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Virus Kelas X di SMA Negeri 1 Sanga Desa”, intelektualita, vol. 8, no. 2, pp. 103–112, Dec. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v8i2.4659.
References
Arends, Richard I. Learning to Teach. New York: The McGraw-Hill Companies Inc, 2009.
Danandjaja, James. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng and Lain-Lain. Jakarta: Pustaka Utama, 2007.
Lidinillah, Dindin Abdul Muiz. “Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning).” Jurnal Pendidikan Inovatif 5, no. 1 (2013): 17.
Noviar, Dian, and Dwi Reni Hastuti. “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Scientific Approach Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Di SMA N 2 Banguntapan TA 2014/2015.” Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi 8, no. 2 (2015): 42–47.
Sani, Ridwan Abdullah. “Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013.” Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Danandjaja, James. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng and Lain-Lain. Jakarta: Pustaka Utama, 2007.
Lidinillah, Dindin Abdul Muiz. “Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning).” Jurnal Pendidikan Inovatif 5, no. 1 (2013): 17.
Noviar, Dian, and Dwi Reni Hastuti. “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Scientific Approach Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Di SMA N 2 Banguntapan TA 2014/2015.” Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi 8, no. 2 (2015): 42–47.
Sani, Ridwan Abdullah. “Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013.” Jakarta: Bumi Aksara, 2014.