Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Virus Kelas X di SMA Negeri 1 Sanga Desa

Main Article Content

Adida Igandi
Abdurrahmansyah Abdurrahmansyah
Syarifah Syarifah

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sanga Desa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan Quasi Experimental dan desain yang digunakan adalah the matching only pretest-postest. Populasi yang digunakan seluruh kelas X di SMA Negeri 1 Sanga Desa tahun 2016/2017. Dari 5 kelas populasi diambil 2 kelas yang dijadikan sebagai sampel yakni kelas X IPA 1 dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol dengan penentuan sampel menggunakan teknik sampel cluster random Sampling Penelitian ini dilaksanakan selama 2 kali pertemuan di kelas ekperimen dengan menggunakan metode problem solving dan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional. Berdasarkan hasil rata- rata post test kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukan bahwa pada kelas eksperimen 82.00 lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 62.37 Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi virus dapat dilihat dari nilai N-gain dimana kelas eksperimen memiliki nilai N gain 0,68 dengan kategori tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 0,33 dengan kategori rendah. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 6.901 dan ttabel = 1,671 dengan taraf kepercayaan 95% (a=0,05). Data tersebut menunjukan bahwa thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa metode problem solving berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sanga Desa pada materi virus.

Article Details

How to Cite
[1]
“Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Virus Kelas X di SMA Negeri 1 Sanga Desa”, intelektualita, vol. 8, no. 2, pp. 103–112, Dec. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v8i2.4659.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Virus Kelas X di SMA Negeri 1 Sanga Desa”, intelektualita, vol. 8, no. 2, pp. 103–112, Dec. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v8i2.4659.

References

Arends, Richard I. Learning to Teach. New York: The McGraw-Hill Companies Inc, 2009.
Danandjaja, James. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng and Lain-Lain. Jakarta: Pustaka Utama, 2007.
Lidinillah, Dindin Abdul Muiz. “Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning).” Jurnal Pendidikan Inovatif 5, no. 1 (2013): 17.
Noviar, Dian, and Dwi Reni Hastuti. “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Scientific Approach Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Di SMA N 2 Banguntapan TA 2014/2015.” Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi 8, no. 2 (2015): 42–47.
Sani, Ridwan Abdullah. “Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013.” Jakarta: Bumi Aksara, 2014.