Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Palembang

Main Article Content

Ade Akhmad Saputra
Syafi'i Syafi'i
Ahmad Zainuri
Duski Ibrahim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi peningkatan mutu layanan perpustakaan  di MAN 3 Palembang dan menganalisis karakteristik strategi peningkatan mutu layanan perpustakaan di MAN 3 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, adapun yang menjadi sumber primer dalam penelitian ini berjumlah 3 orang, yakni kepala perpustakaan, dua orang pengelola perpustakaan. Adapun teknik analisis data menggunakan metode analisis mengunakan Model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahapkan yaitu: reduksi data, tampilan data, dan gambar kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka untuk strategi peningkatan mutu layanan perpustakaan di MAN 3 Palembang ada lima strategi yang dilakukan, yaitu; Realiabilitas, memberikan layanan perpustakaan sesuai dengan SOP perpustakaan. Daya tangggap, merespon permintaan pemustaka. Jaminan, akses layanan dengan mudah. Empati, pengelola perpustakaan berusaha berpikir untuk bisa memahami kebutuhan  pemustaka. Bukti fisik, menata dan merawat sarana prasarana agar suasana nyaman. Ciri dari strategi peningkatan mutu layanan perpustakaan di MAN 3 Palembang, yaitu: Pertama, Fokus dari strategi peningkatan mutu layanan perpustakaan adalah pengembangan koleksi, promosi layanan dan buku baru. Kedua, Keunikan pada program book lover, program promosi, layanan infak buku, dan layanan pendampingan diperuntukkan kepada siswa yang akan mengikuti olimpiade dan perlombaan di luar sekolah. Ketiga, perpustakaan memiliki nama Baitul Hikmah dan slogan-slogan yang menarik.

Article Details

How to Cite
[1]
“Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Palembang”, intelektualita, vol. 8, no. 2, pp. 199–210, Dec. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v8i2.5460.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Palembang”, intelektualita, vol. 8, no. 2, pp. 199–210, Dec. 2019, doi: 10.19109/intelektualita.v8i2.5460.

References

Alma, Buchari. Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2005.
Basuki, Sulistyo. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1991.
Kemenag, Humas. “Tugino Resmikan Nama Baru Perpustakaan MAN 3.” Kanwil Kemenag Sumsel, 2016. https://sumsel.kemenag.go.id/berita/view/418093/tugino-resmikan-nama-baru-perpustakaan-man-3.
Mannan, Endang Fitriyah. “ANALISIS KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP EKSISTENSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA.” Jurnal Palimpsest 2, no. 2 (2011).
Nawawi, M Tony, and Ida Puspitowati. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Perpustakaan Sebagai Prediktor Terhadap Kepuasan Civitas Akademika Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara Di Jakarta.” Jurnal Ekonomi 20, no. 2 (2017): 320–34.
Soeatminah. Perpustakaan, Kepustakawanan Dan Pustakawan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1992.
Wanda, Listiani. Mengukur Mutu Layanan Referensi. Yogyakarta: Perpustakan UIN Sunan Kalijaga, 2008.