Pengaruh Supervisi Akademik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Tanjung Raja
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menguji 1) pengaruh supervise akademik terhadap kinerja guru 2) pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru, dan 3) pengaruh supervisi akademik dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif sebagai metode penelitiannya. Pada penelitian ini menunjukan bahwa 1) ada pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru dengan nilai thitung sebesar 9,815 dan nilai ttabel sebesar 1,987, 2) ada pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru dengan nilai thitung sebesar 3,015 dan nilai ttabel sebesar 1,987, 3) ada pengaruh supervisi akademik dan kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru dengan nilai fhitung sebesar 64,652 dan nilai ftabel sebesar 3,10. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam meningkatkan kinerja guru diperlukan adanya supervisi akademik dan kompetensi profesional guru
Article Details
How to Cite
[1]
“Pengaruh Supervisi Akademik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Tanjung Raja”, intelektualita, vol. 9, no. 1, pp. 103–114, Apr. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i1.5582.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Pengaruh Supervisi Akademik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Tanjung Raja”, intelektualita, vol. 9, no. 1, pp. 103–114, Apr. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i1.5582.
References
Anwar, M. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Pranadamedia Group, 2018.
Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Penyusun, Tim. ‘Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional’. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia, 2003.
Prasojo, Latif Diat, and Sujono. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media, 2011.
Priyatno. Panduaan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Jakarta: Andi, 2017.
Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Penyusun, Tim. ‘Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional’. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia, 2003.
Prasojo, Latif Diat, and Sujono. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media, 2011.
Priyatno. Panduaan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Jakarta: Andi, 2017.