Pengaruh Penggunaan M-Banking terhadap Minat Nasabah dalam Bertransaksi di Bank Sumsel Babel Syariah Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model

Main Article Content

Yesi Triani Maftukhatusolikhah Maftukhatusolikhah Rinol Sumantri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah Usefulness mempengaruhi minat nasabah bertransaksi menggunakan mobile banking pada Bank Sumsel Babel Syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yakni pengamatan langsung terhadap obyek yang diteliti guna mendapatkan data yang relevan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian analisis kuantitatif, yaitu menggunakan analisis data secara mendalam dalam bentuk angka. Penulis melakukan pengumpulan data dengan beberapa tahap yaitu : Observasi, wawancara, dan studi pustaka. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan menggunakan Kuesioner sebagai teknik pengumpulan data yang akan diteliti Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiwa UIN Raden Fatah Palembang yang menggunakan Mobile Banking. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang menggunakan layanan mobile banking yang berjumlah 30 orang responden yang beragam-ragam. Hasil dari peneltian ini adalah diketahui bahwa nilai Fhitung = 11,259 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksikan variabel Minat atau dengan kata lain ada pengaruh Usefulness (X) terhadap variabel Minat (Y). Koefisien regresi X sebesar 0,727 menyatakan bahwa setiap pertambahan 1% nilai Usefulness, maka nilai Minat bertambah sebesar 0,727 Koefisen regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap Y adalah positif.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Triani, M. Maftukhatusolikhah, and R. Sumantri, “Pengaruh Penggunaan M-Banking terhadap Minat Nasabah dalam Bertransaksi di Bank Sumsel Babel Syariah Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model”, Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, vol. 11, no. 1, pp. 1-6, Jun. 2022.
Section
Articles