Resiliensi Pendidikan Karakter Melalui Transformasi Nilai-Nilai Local Wisdom Tuping Sekura
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis internalisasi pendidikan karakter melalui Tuping Sekura sebagai upaya memperkuat karakter individu dalam menghadapi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, nilai-nilai karakter yang terkandung dalam Tuping Sekura adalah religius, toleransi, peduli sosial, kerja sama, dan bersyukur. Kedua, Tuping Sekura sebagai suatu kearifan lokal yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter dapat menjadi sebuah pondasi dalam pembentukan ketahanan seorang individu dalam menghadapi suatu krisis. Dan ketiga, proses resiliensi pendidikan karakter melalui transformasi nilai-nilai kearifan lokal Tuping Sekura dapat dilakukan melalui penyampaian pesan moral secara langsung, hidden curriculum, nasihat dan teguran, serta sosialisai peraturan yang dikolaborasikan dengan implementasi dalam tataran akademik guna menguatkan moral dari siswa meskipun pebelajaran dilakukan melalui Daring.
Article Details
How to Cite
[1]
“Resiliensi Pendidikan Karakter Melalui Transformasi Nilai-Nilai Local Wisdom Tuping Sekura”, intelektualita, vol. 10, no. 2, pp. 371–376, Oct. 2021, doi: 10.19109/intelektualita.v10i2.9914.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Resiliensi Pendidikan Karakter Melalui Transformasi Nilai-Nilai Local Wisdom Tuping Sekura”, intelektualita, vol. 10, no. 2, pp. 371–376, Oct. 2021, doi: 10.19109/intelektualita.v10i2.9914.