Menggagas Model Pembelajaran Discovery-Inquiry pada Pendidikan Anak Usia Dini

Atik Wartini, M Khoirul Hadi al-asy’ari, Asyruni Multahada

Abstract


Paper ini adalah kajian yang berbasis library research. Paper ini mencoba mengkaji tentang model pembelajaran discovery –inquiry pada PAUD. Paper ini sangat menarik karena, pertama model pembelajaran discovery-inquiry dapat melatih cara berfikir yang sistematis pada anak usia dini. Kedua, model pembelajaran discovery-inquiry kebanyakan digunakan pada penerapan pendekatan pembelajaran sains dan mathematics. Pada paper ini terdapat tiga pertanyaan, yaitu pertama bagaimana model pembelajaran discovery-inquiry pada PAUD. Kedua, Bagaimana motede pembelajaran discovery-inquiry pada PAUD?. Ketiga, bagaimana kelemahan dan keunggulan model pembelajaran discovery-inquiry pada PAUD?. Tujuan dari kajian ini adalah, untuk mengetahui model, metode, keunggulan dan kelemahan model pembelajaran discovery-inquiry pada PAUD. Kesimpulan dari paper ini, yang pertama konsep pembelajaran discovery-inquiry merupakan rangkaian kegiatan belajar yang menekankan pada proses berfikir kritis dan analitis. Kedua, metode discovery-inquiry antara lain, yaitu discovery-inquiry terpimpin, bebas dan bebas termodifikasi. Keunggulan dari metode ini adalah membantu anak untuk mengembangkan kemampuan berfikir dan kelemahannya adalah anak harus memiliki kesiapan dan kematangan mental. 


Keywords


Discovery-Inquiry, PAUD, Pendidikan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.19109/intizar.v23i1.1614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office:
LP2M UIN Raden Fatah Palembang
Jl. Prof. K.H. Zainal Abidin Fikri No. 01 Km. 3,5 Palembang Sumatera Selatan
Email: intizar.radenfatah@gmail.com/ intizar@radenfatah.ac.id
OJS: http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar
Phone: Padjrin (0822-8266-1682)

 


Creative Commons Licence
Intizar by http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED by: