Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang

Main Article Content

Donas Ahmad Najib Elhefni Elhefni

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah dari hasil observasi awal penulis di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah IV Palembang, bahwa proses pembelajaran dan hasil belajar siswa masih kurang baik, pembelajaran masih monoton dan kurang menarik motivasi belajar siswa yang berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa.Perumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana hasil belajar siswa sebelum penggunaan pembelajaran bermakna (meaningfull learning) pada mata pelajaran Tematik IPS Terpadu di MI Ahliyah IV Palembang? Bagaimana hasil belajar siswa setelah penggunaan pembelajaran bermakna (meaningfull learning) pada mata pelajaran Tematik IPS Terpadu di MI Ahliyah IV Palembang? dan bagaimana pengaruh penerapan hasil belajar siswa sebelum penggunaan pembelajaran bermakna (meaningfull learning) pada mata pelajaran Tematik IPS Terpadu di MI Ahliyah IV Palembang?Hasil belajar siswa sesudah pembelajaran bermakna (meaningfull learning) dapat dikatakan tinggi dan berhasil lebih baik. Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan pembelajaran bermakna (meaningfull learning) terhadap hasil belajar siswa dengan to jauh lebih besar daripada tt yaitu : 2,01 < 4,2 > 2,68. pembelajaran bermakna (meaningfull learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MI Ahliyah IV Palembang. 

Article Details

How to Cite
Najib, D., & Elhefni, E. (2017). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 19-28. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jip.v2i1.1063
Section
Artikel Asli