Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah

  • Rahmat Rifai Lubis Sekolah Tinggi Agama Islam Sumatera-Medan
  • Miftahul Husni Nasution Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Sejak tahun 2010, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional mencanangkan penerapan pendidikan karakter bagi semua tingkat pendidikan, baik sekolah dasar hingga perguruan tinggi.Program ini dicanangkan bukan tanpa alasan. Sebab, selama ini dunia pendidikan dinilai kurang berhasil dalam mengantarkan generasi bangsa menjadi pribadi-pribadi  berkarakter dan  bermartabat. Disebabkan demoralisasi dan dekandensi moral bangsa yang sudah terpuruk salah satu penyebab munculnya pendidikan karakter. Yahya Kan menjelaskan bahwa pendidikan karakter adalah proses pembelajaran dengan membiasakan anak untuk berpikir dan berprilaku dan membantu individu untuk hidup dan bekerja sama sebagai keluarga, masyarakat an bangsa, serta  membantu orang lain utuk membuat keputusan yang dapat dipertanggung jawabkan. Ada beberapa model-model Penerapan Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah, 1) Model sebagai mata pelajaran tersendiri (monolitik), 2).Model terintegrasi dalam semua bidang studi, 3).Model di luar pengajaran, 4). Model gabungan. Kemudian berkenaan dengan implementasi pendidikan karakter dapat dilakukan melalui  implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi, antara lain:1) Pengintegrasian dalam program pengembangan diri antara lain terintegrasi pada kegiatan rutin disekolah, terintegrasi pada kegiatan spontan, terintegrasi pada keteladanan, dan terintegrasi pada pengkondisian. 2). Pengintegrasian Pada Mata Pelajaran. 3). Pengintegrasian Dalam Budaya Sekolah.
Published
30-08-2017