Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Arab di MIN Kemu OKU Selatan
Main Article Content
Abstract
Model pembelajaran Cooperative Learning tipe tebak kata adalah pembelajaran yang menggunakan media kartu teka-teki berpasangan dengan kartu jawaban teka-teki. Tebak kata dapat dijadikan model alternatif untuk mendorong siswa aktif dan belajar bekerjasama dengan pasangannya. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwasanya hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode Cooperative Learning tipe tebak kata masih sangat rendah. Hal ini dibuktikan dengan siswa yang mendapat nilai tinggi (58 keatas) pre-test sebanyak 5 orang (21,74%), nilai sedang (37-57) sebanyak 16 orang (69,56%), dan nilai rendah (36 kebawah) sebanyak 2 orang (8,7 %). Dan hasil belajar siswa sesudah diterapkannya model pembelajaran tebak kata yang memperoleh nilai tinggi (98 keatas) sebanyak 8 orang (34,78%), nilai sedang (88-97) sebanyak 7 orang (30,44%) dan mendapatkan nilai rendah (86 kebawah) sebanyak 8 orang (34,78%). Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menyatakan Ho tidak terdapat pengaruh dan Ha menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe tebak kata terhadap hasil belajar siswa diterima. Hal ini dapat dilihat dari 2,07 < 17,42 > 2,82. Jadi dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe tebak kata dapat diandalkan sebagai metode yang baik untuk mengajarkan bahasa Arab.
Article Details
How to Cite
Ferianti, F., & Hamzah, A. (2018). Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Arab di MIN Kemu OKU Selatan. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3(2), 134-143. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jip.v3i2.1647
Section
Artikel Asli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdullah Sani Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara
Ismail Fajri. 2014. Evaluasi Pendidikan. Palembang: Tunas Gemilang Press
Jihat Asep dan Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Pressindo
Kustawan Dedy. 2013. Analisis Hasil belajar program perbaikan dan pengayaan peserta didik berkebutuhan khusus. Bandung: Luxima Merto Media
Rusmaini, 2011. Ilmu Pendidikan. Palembang: CV. Grafika Telindo
Sudjana Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suprijono Agus. 2009. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar
Susanto Ahmad. 2012. Teori dan Pembelajaran disekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka
Taniredja Tukiran dkk. 2013. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta
Hamalik Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara
Ismail Fajri. 2014. Evaluasi Pendidikan. Palembang: Tunas Gemilang Press
Jihat Asep dan Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Pressindo
Kustawan Dedy. 2013. Analisis Hasil belajar program perbaikan dan pengayaan peserta didik berkebutuhan khusus. Bandung: Luxima Merto Media
Rusmaini, 2011. Ilmu Pendidikan. Palembang: CV. Grafika Telindo
Sudjana Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suprijono Agus. 2009. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar
Susanto Ahmad. 2012. Teori dan Pembelajaran disekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka
Taniredja Tukiran dkk. 2013. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta