Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah

  • Mardiah Astuti Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang
Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Sejak tahun 2010, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional mencanangkan penerapan pendidikan karakter bagi semua tingkat pendidikan, baik sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Program ini dicanangkan bukan tanpa alasan. Sebab, selama ini dunia pendidikan dinilai kurang berhasil dalam mengantarkan generasi bangsa menjadi pribadi-pribadiĀ  berkarakter danĀ  bermartabat. Disebabkan demoralisasi dan dekandensi moral bangsa yang sudah terpuruk salah satu penyebab munculnya pendidikan karakter. Adapun metodologi penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, dan alat pengumpul datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian analisis datanya menggunakan tringulasi data dengan langkah-langkah pertama reduksi data yakni menganalisis data-data yang penting dan yang tidak penting dilanjutkan display data atau menyajikan data yang sudah dipilih kemudian yang terakhir adalah pengambilan kesimpulan dan verifikasi Adapun hasil penelitian yang pertama adalah berkenaan dengan karakter yang dikembangkan di MIN se-Kota Palembang, dimana karakter yang dikembangkan di MIN se-Kota Palembang adalah karakter-karakter yang dikembangkan oleh pemerintah yakni berjumlah 16 karakter, meskipun dari setiap sekolah berbeda dalam penekanan karakter-karakter yang di kembangkan dan dihabituasikan, kemudian hasil penelitian yang kedua adalah berkenaan implementasi pendidikan karakter di MIN se-Kota Palembang dilaksanakan melalui implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi, antara lain:1) Pengintegrasian dalam program pengembangan diri antara lain terintegrasi pada kegiatan rutin disekolah, terintegrasi pada kegiatan spontan, terintegrasi pada keteladanan, dan terintegrasi pada pengkondisian. 2). Pengintegrasian Pada Mata Pelajaran. 3). Pengintegrasian Dalam Budaya Sekolah
Published
02-07-2018