PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) MATERI SENI RUPA MENGGAMBAR KELAS 4 DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ULUM KARANG BINANGUN BELITANG OKU TIMUR

Main Article Content

Yuni Mandasari Nadjamuddin Nadjamuddin

Abstract

Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini dibuat sebagai berikut untuk mengetahui bagaimana sistem belajar mengajar yang baik untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar; untuk mengetahui lebih jelas tipe gaya belajar visual siswa dalam proses pendidikan; dengan mengetahui tipe gaya belajar siswa, guru dapat mudah dengan memadukan kreativitas siswa melalui gaya belajar yang mereka miliki.Adapun permasalah dari data-data yang adabahwa siswa-siswi kelas 4 MI Darul Ulum Karang Binangun Belitang OKU Timur mudah bosan dalam proses pembelajaran SBK materi seni rupa menggambar, Siswa seolah menganggap menggambar itu sulit dalam mengikuti pembelajaran  sehingga kurangnya  semangat  dalam   mengembangkan karyanya di kelas. Kurangnya pemahaman guru tentang tipe gaya belajar visual siswa sehingga siswa kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran SBK. Dari sejumlah 17 siswa 10 diantaranya sudah mempunyai gaya belajar visual yang terarah, sedangkan 7 siswa lainnya hampir mendekati karakteristik gaya belajar siswa. Dengan karakteristik yang telah ada ini, penulis dapat dengan mudah mengembangkan ilmu kepada siswa kelas 4 MI Darul Ulum. Dengan gaya belajar siswa guru dapat membangkitkan kreativitas siswa yang mulanya tidak kreatif menjadi kreatif, yang awal mula pasif menjadi sedikit aktif dengan gaya belajar yang ia miliki. Berdasarkan penelitian penulis bahwa penelitian ini berhasil untuk siswa kelas 4 menjadi kreatif dengan hasil karya menggambar mereka yang berwarna-warni inilah penulis menyimpulkan bahwa siswa kelas 4 memiliki kreativitas, ada 7 siswa tergolong sangat kreatif dalam menggambar di kelas, sedangkan 10 siswa lainnya tergolong kreatif setelah adanya penelitian.Dapat disimpulkan bahwa dari uji data dengan menggunakan Korelasi Product Moment ini bahwa “ada hubungan antara gaya belajar siswa terhadap kreativitas siswa mata pelajaran SBK materi seni rupa mengambar” karena keriteria apabila < r tabel maka Ho diterima jika > r tabel maka Ho ditolak. Dapat dinilai bahwa df 15 pada taraf 5%= 0,514 dan 1% = 0,641, jika kita menggunakan salah satu dari r tabel maka dapat dinilai (3,919) > r tabel (0,641), berarti Ho ditolak. 

Article Details

How to Cite
Mandasari, Y., & Nadjamuddin, N. (2016). PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) MATERI SENI RUPA MENGGAMBAR KELAS 4 DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ULUM KARANG BINANGUN BELITANG OKU TIMUR. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 1(1), 58-79. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jip.v1i1.517
Section
Artikel Asli

References

Al-qur’an dan Terjemahnya. 2010. Jawa Barat: Diponegoro.

Amilda. 2010. Kesulitan Belajar. Palembang: IAIN Raden Fatah Press.

B. Hurlock, Elizabeth. 2011. Perkembangan Anak. Jakarta: Bumi Aksara.

Bahri Djamarah, Syaiful dan Aswan Zein. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.


Craft, Anna. 2003. Membangun Kreativitas Anak ( Creativity Across the Primary Curriculum). London: Inisisi Press.

Darmadi, Hamid. Dimensi-dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

DePorter , Boobi dan Mike Hernacki. 2007. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Dirman dan Cicih Juarsih. 2014. Karakteristik Pesert Didik (Dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa). Jakarta: Rineka Cipta.

J.Elias, Maurice, dkk. 2003. Cara-cara Efektif Mengasuh Anak dengan EQ: Mengapa Penting Membina Disiplin, Tanggung Jawab, dan Kesehatan Emosional Anak-anak Pada Masa Kini. Bandung: Mizan Pustaka.

Khodijah, Nyayu. 2006. Psikologi Belajar. Palembang: IAIN Raden Fatah Press.

L.Silberman, Melvin. 2011. Active Learningn 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia dan Nusamedia.

Masnipal.2013. Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional (Pijakan Mahasiswa, Guru, dan Pengelola TK/RA/KB/TPA).Jakarta: Gramedia.

Misbahuddin dan Iqbal Hasan. 2013. Analisis Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Munandar, Utami. 2011. PengembanganKreativitas Anak Berbakat. Jakarta:Rineka

Nasution. 2011. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Kencana.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia