PENGARUH PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA DI MIN 2 PALEMBANG

Main Article Content

Mustopa Mustopa Badaruddin Badaruddin

Abstract

Judul penelitian ini adalah  Pengaruh  Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA di MIN  2 Palembang. Peneliti mengangkat judul tersebut dikarenakan pelaksanaan pembelajaran IPA di MIN 2 Palembang selama ini memiliki banyak kelemahan antara lain, proses pembelajaran IPA masih kurang  melibatkan siswa pada aktivitas keterampilan proses atau kerja ilmiah IPA, terbatasnya alat – alat praktikum dan waktu yang dimiliki guru.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran brain based learning pada Mata Pelajaran IPA, bagaimanaaktivitas belajar siswa kelas V Mata Pelajaran IPA, dan apakah adapengaruh penerapan model pembelajaran brain based learning terhadap aktivitas belajar siswa kelas V Mata Pelajaran IPA di MIN  2 Palembang.Untuk menganalisa  data dalam penelitian ini maka penulis  menggunakan teknik analisa kualitatif dan statistik. Dengan  rumus TSR dan  korelasi.Berdasarkan permasalahan di atas, penerapan model pembelajaran brain based learning di MIN 2 Palembang, dapat dilihat dari hasil analisa angket sebagai berikut:  Penerapan model pembelajaran brain based learning di MIN 2 Palembang masuk dalam kategori sedang, hal ini dilihat dari jumlah responden (siswa) sebanyak 47 (78,33%) dari jumlah seluruh sampel sebanyak 60 (100%) orang siswa. Dan aktivitas balajar siswa di MIN 2 Palembang adalah dalam kategori sedang. Dalam hal ini siswa sebagai sampel penelitian jumlahnya sebanyak 60 (100%) orang siswa. Ternyata sebanyak 52 ( 86,67%) orang siswa memiliki aktivitas belajar pada kategori sedang.Adanya hubungan yang signifikan antara pelaksanaan model pembelajaran brain based learning terhadap aktivitas belajar siswa di bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam, Hal ini dilihat dari hasil rxy yang besarnya 1,115 tersebut lebih besar dari harga r tabel baik pada taraf signifikan 5% yaitu 0,250 maupun pada taraf signifikan 1% yaitu 0,325. Oleh karena itu taraf signifikasi 5% (0,250) < 1,115> (0,325) pada tarag signifikasi 1%.

Article Details

How to Cite
Mustopa, M., & Badaruddin, B. (2016). PENGARUH PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA DI MIN 2 PALEMBANG. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 1(2), 331-348. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/667
Section
Artikel Asli