ANALYSIS OF CUSTOMER DECISION PREFERENCES ON GLOD COLLATERAL LOANS AT BANK MANDIRI MITRA SYARIAH

Main Article Content

Ikhda Maslikhatul Imaroh
Firman Setiawan

Abstract

This quantitative research aims to identify factors that influence customers' decisions in choosing gold collateral services at Bank Mitra Syariah. The population of this study was 4,947 customers on gold collateral loans at sharia partner banks. The sample size used in the research was 370 customers who were selected using a purposive sampling method with the criteria being that the respondent was at least 17 years old and had a gold collateral loan. Data was collected using a questionnaire containing questions related to variables on a Likert scale, and processed using SPSS version 25 software. The results of the analysis showed that the variables promotion, ijarah fees, late fines, place and service quality had a positive and significant influence on customer decisions. On the other hand, the estimated value variable shows a positive and insignificant influence on customer decisions. The conclusion is that the factors that influence customer decisions, namely promotions, ijarah fees, late fines, location and service quality, are the main drivers in customers' decisions to choose gold collateral loans, while the estimated value has no effect on sustainable gold collateral loans.

Article Details

How to Cite
ANALYSIS OF CUSTOMER DECISION PREFERENCES ON GLOD COLLATERAL LOANS AT BANK MANDIRI MITRA SYARIAH. (2024). I-Finance: A Research Journal on Islamic Finance, 10(2), 218-235. https://doi.org/10.19109/jcwf8h96
Section
Artikel

How to Cite

ANALYSIS OF CUSTOMER DECISION PREFERENCES ON GLOD COLLATERAL LOANS AT BANK MANDIRI MITRA SYARIAH. (2024). I-Finance: A Research Journal on Islamic Finance, 10(2), 218-235. https://doi.org/10.19109/jcwf8h96

References

Aditiawati, I., & Syah, T. A. (2024). Pengaruh Biaya Pemeliharaan, Nilai Taksiran, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Nasabah Gadai Emas Di Pegadaian Syariah Kc Kusumanegara Yogyakarta. Jurnal Inovasi Ekonomi Dan Bisnis, 2(1). Https://Doi.Org/10.53866/Profit.V2i1.566

Aditya, A. F., Iqbal, M., & Sopian, A. (2019). Pengaruh Alokasi Dana Desa Terhadap Pemberdayaan Masyarakat Dan Peningkatan Kesejahtraan Masyarakat Di Desa Langonsari Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung. Ilmiah Akuntansi , 10, 41–57.

Aini, S. Q. (2020). Praktik Denda Keterlambatan Pelunasan Produk Pembiayaan Arrum Haji Di Pegadaian Syariah Blauran Surabaya Dalam Tinjauan Hukum Islam. Maliyah, 10(1), 151–171.

Angga Dasma Hendra, & Rino Riyaldi. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Nasabah Dalam Memilih Tabungan Wadi’ah Di Pt. Bank Riau Kepri Syariah Capem Siak Lubuk Dalam. Jurnal Mbisku: Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 01(01), 50–59. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.56633/Mbisku.V1i1.625

Anzal. (2021). Pengaruh Promosi Dan Pembiayaan Rahn Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Jasa Pt. Pegadaian Cabang Syariah Luwu.

Aprilia, C. (2023). Pengaruh Biaya Penitipan (Ujrah) Dan Denda Keterlambatan Pelunasan Terhadap Keputusan Nasabah Produk Gadai Emas (Studi Kasus Pada Pegadaian Syariah Cabang Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara).

Arroyhani, S. N. (2023). Analisis Manajemen Risiko Pada Pembiayaan Gadai Emas Di Pegadaian Syariah Ups Perjuangan.

Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Ekomabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14. Https://Doi.Org/10.37366/Ekomabis.V1i01.2

Asti, Y., & Tambunan, K. (2023). Strategi Promosi Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Produk Pembiayaan Gadai Emas Pada Bank Syariah Indonesia Kcp Kisaran. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 8(2), 116–124. Https://Doi.Org/10.37366/Jespb.V8i02.1030

Bachmid, S., Musyawarah, I., Hidayah, N. R. H., & Pratamasyari, D. A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Gadai Emas Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 11(1), 59–80. Https://Doi.Org/10.1504/Ijkms.2020.105073

Cynthia, D., Hermawan, H., & Izzudin. Ahmad. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 104–112.

Dirmawati, & Muthahharah Arli Putri. (2024). Minat Menggadaikan Emas Pada Produk Gadai Berdasarkan Akad Rahn Dan Promosi. Journal Of Regional Economics And Development, 1(2), 1–21. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47134/Jred.V1i2.140

Firmansyah, A. (2020a). Pengaruh Produk, Harga Dan Lokasi Kepuasan Konsumen Serta Niat Pembelian Ulang Pada Produk Gadai Emas Ib Barokah Di Bank Jatim Cabang Syariah Surabaya. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 182. Https://Doi.Org/10.30737/Ekonika.V5i2.1086

Firmansyah, A. (2020b). Pengaruh Produk, Harga Dan Lokasi Kepuasan Konsumen Serta Niat Pembelian Ulang Pada Produk Gadai Emas Ib Barokah Di Bank Jatim Cabang Syariah Surabaya. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 182. Https://Doi.Org/10.30737/Ekonika.V5i2.1086

Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (Jrmb) Fakultas Ekonomi Uniat, 4(1), 37–44.

Harahap, N. L. (2022). Pengaruh Biaya Penitipan (Ujrah) Dan Denda Keterlambatan Pelunasan Produk Gadai Emas Terhadap Keputusan Nasabah (Studi Kasus Pt. Pegadaian (Persero) Unit Pegadaian Syariah Sibuhuan).

Ikhsan, N., Fadilla, & Choirunnisak. (2022). Pengaruh Promosi Dan Harga Emas Terhadap Minat Nasabah Produk Bsi Gadai Emas (Studi Kasus Ex Bank Syariah Mandiri Kc Simpang Patal Palembang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah , 2(2), 351–376. Https://Doi.Org/10.36908/Jimpa

Lubis, N., Harahap, A. Y., & Fajriah, A. N. (2023). Pengaruh Nilai Taksiran Dan Biaya Ijarah Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Rahn Pada Pt. Pegadaian Syariah. Jurnal Bisnis Net, 6(2), 723–730.

Madjid, M. N., Fielnanda, R., & Sesarwati, B. (2023). Pengaruh Fluktuasi Harga Emas Dan Promosi Terhadap Minat Nasabah Pada Produk Tabungan Emas Di Pegadaian Syariah Jelutung. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 2(1), 55–64. Http://Ejurnal.Stie-Trianandra.Ac.Id/Index.Php

Maghfirah, L., & Nurdin, R. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Produk Rahn Pada Pegadaian Syariah (Studi Kasus Pada Kantor Pusat Pegadaian Syariah Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, 1(1), 109–126. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24815/Jimeki.V1i1.13022

Maharani, N. S. (2020). Pengaruh Promosi Dan Fluktuasi Harga Emas Terhadap Minat Nasabah Pada Produk Tabungan Emas. Muhasabatuna: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 1(2), 80–96. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.54471/Muhasabatuna.V2i1.702

Mardiasih, T. S. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Pasar. Iqtishadequity, 2(1), 1–10.

Munarsih, M., & Matahari, S. A. (2022). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt Sinergia Beaute Indonesia Jakarta Pusat. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 5(1), 27–44. Https://Doi.Org/10.33753/Madani.V5i1.192

Nastiawati, F. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusannasabah Menggunakan Produk Gadai (Rahn) Dipegadaian Syariah (Studi Kasus Di Cps Pasar Renteng) Oleh.

Ni’mah, K., Purnomo, J. H., & Hidayati, N. N. (2020). Pengaruh Marketing, Nilai Taksiran Dan Biaya Titip Pada Gadai Emas Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Fasilitas Gadai Emas Di Pt. Bank Syariah Mandiri Kcp Tuban. Lisan Al-Hal: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 14(1), 1–38. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35316/Lisanalhal.V14i1.622

Nofiyanti, H., & Arifiansyah, F. (2023). Analisis Pembiayaan Rahn Sebagi Produk Pembiayaan Yang Unggul Di Bank Mandiri Mitra Sukses Cabang Sidayu Gresik. Iqtisadie: Journal Of Islamic Banking And Shariah Economy, 3(1), 64–72.

Purnamasari, I. (2020). Pengaruh Nilai Taksiran, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Gadai Emas Di Pt. Bank Syariah Mandiri Kcp Balung Jember.

Purwita, E. D. (2024). Analisi Pengaruh Citra Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Pembiayaan Arrum Emas Syariah Dengan Persepsi Harga Sebagai Variabel Intervening Pada Pegadaian Syariah Purwokerto.

Putri, S. E. (2022). Pengaruh Nilai Taksiran, Ujrah Dan Promosi Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Produk Pembiayaan Gadai Emas Syariah (Studi Kasus Pada Bank Riau Kepri Syariah Cabang Pembantu Batam). Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 2(1), 127–139. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.54437/Irsyaduna.V2i2.568

Rahayu, W., & Rapida, I. (2024). Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Rahin Memilih Gadai Emas Di Pt Bank Bjb Syariah Kcp Arcamanik Bandung. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah, 7(2), 134–141. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32627/Maps.V7i2.946

Rahman, H., & Mukarromah, L. (2021). Implementasi Gadai Emas (Ar-Rahn) Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Pt. Bprs Bhakti Sumekar Cabang Pragaan). Investi: Jurnal Investasi Islam, 02(01), 128–140. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32806/Ivi.V2i1.88

Rahmawati, A. L., & Mutmainah, K. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Gadai Di Pegadaian Syariah (Studi Kasus Pada Pegadaian Syariah Kebondalem Magelang). Journal Of Economic, Business And Engineering (Jebe), 1(2).

Rizki, M. (2021a). Pengaruh Biaya Ijarah Terhadap Keputusan Nasabah Melakukan Gadai Emas Dipegadaian Syariah. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 2827–8372.

Rizki, M. (2021b). Pengaruh Biaya Ijarah Terhadap Keputusan Nasabah Melakukan Gadai Emas Dipegadaian Syariah. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 2827–8372.

Rizki, M. (2022). Pengaruh Nilai Taksiran Terhadap Keputusan Nasabah Melakukan Gadai Emas Dipegadaian Syariah. Journal Ekombis Review, 10(1), 469–474. Https://Doi.Org/10.37676/Ekombis.V10is1

Romdhoni, A. H., & Sari, D. R. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, Dan Religiusitas Terhadap Minat Nasabah Untuk Menggunakan Produk Simpanan Pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02), 136. Https://Doi.Org/10.29040/Jiei.V4i02.307

Saniyatun Farida, B., & Mahfud, Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Nasabah Dengan Religious Behavior Sebagai Variabel Moderator (Studi Kasus Pada Produk Tabungan Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Wonosobo). Journal Of Economic, Business And Engineering (Jebe), 2(2), 348–356. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32500/Jebe.V2i2.1751

Saputra, R. (2024). Pengaruh Pengetahuan. Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Gadai Emas Di Bank Syariah Indonesia Kabupaten Sarolangun. Ats-Tsarwah: Jurnal Hukum Ekonomi Islam, 04(1), 15–27. Https://E-Journal.Stishid.Ac.Id/Index.Php/Ats-Tsarwah/Article/View/266/192

Saputri, N. D., Fitriadi, D. H., & Suriani. (2023). Pengaruh Pelayanan Transaksi Gadai Dan Sanksi Keterlambatan Pelunasan Terhadap Keputusan Nasabah Gadai Emas Di Bmt Tunas Harapan Syariah Cabang Pringgasela. Jurnal Perbankan Syariah, 2(1), 13–25. Https://Journal.Uinmataram.Ac.Id/Index.Php/Jps/Index

Suwarti. (2022). Pengaruh Kualitas Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Gadai Emas (Studi Kasus Pada Nasabah Pt Pegadaian (Persero) Upc Sumpiuh-Banyumas).

Syari, M. (2022). Pengaruh Nilai Taksiran, Biaya-Biaya, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menggunakan Jasa Pembiayaan Gadai Emas Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Kcp Kedaton).

Tolan, M. S., Pelleng, F. A. O., & Punuindoong, A. (2021). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Shop Mita (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Wanea Kelurahan Karombasan Selatan Lingkungan Iv Kota Manado). Productivity, 2(5), 360–364.

Wahyudi, N. S. P., & Sobarna, N. (2023). Mekanisme Penerapan Denda Keterlambatan Pembayaran Dalam Akad Murabahah Pada Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wa Tamwil Nusa Ummat Sejahtera Cabang Tanjungsari. Eco-Iqtishodi, 5(1), 79–92.