Dinamika Resepsi terhadap Surah al-Fil (Analisis Teori Resepsi Hans Robert Jauss)

Main Article Content

Hilda Husaini Rusdi

Abstract

Surah al-Fil merupakan salah satu teks ayat al-Qur’an yang menarik diteliti dari latar belakang mana pun, salah satunya dengan pendekatan teori resepsi sastra Hans Robert Jauss. Teori Jauss menekankan terhadap tanggapan pembaca atau penikmat karya sastra pada suatu teks. Wujud resepsi ini berorientasi pada pemahaman makna atau bentuk aktivitas fisik. Surah al-Fil sendiri pada masa awal Islam dibaca sebagai karya sejarah, sementara pada masa modern dituntut untuk merasionalisasi kandungan ayat. Hal ini sebagaimana al-Ghazali yang mendorong agar surah al-Fil dibaca pada rakaat kedua salat Subuh karena khasiat tertentu. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan teori resepsi sastra Hans Robert Jauss, artikel ini menyimpulkan bahwa pembacaan surah al-Fil membentuk tanggapan dan perilaku sehingga menjadi wujud resepsi, antara lain disebabkan: pertama, kedekatan peristiwa sejarah dan turunnya teks membentuk horizon supra rasional terhadap teks. Kedua, Pengaruh global menuntut rasionalisasi sebuah teks. Duah hal ini membentuk kesalehan pribadi yang dapat menumbuhkan daya khasiat keselamatan yang direfleksikan dari kronologi kegagalan pasukan gajah dalam menyerang Mekkah.

Article Details

How to Cite
“Dinamika Resepsi Terhadap Surah Al-Fil (Analisis Teori Resepsi Hans Robert Jauss)”. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama 24, no. 2 (December 1, 2023): 243–258. Accessed May 24, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/19807.
Section
Artikel

How to Cite

“Dinamika Resepsi Terhadap Surah Al-Fil (Analisis Teori Resepsi Hans Robert Jauss)”. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama 24, no. 2 (December 1, 2023): 243–258. Accessed May 24, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/19807.

References

Abu Bakr Ahmad bin Ali Al-Khatib. Tarikh Baghdad, n.d. Dihasankan Syaikh Al-Albani Di Dalam Ash-Shohihah,. Beirut, Lebanon: Dar al-Kutub al-ilmiyyah, n.d.
Ad-Dimyati, Abu Bakar bin Muhammad Syato. Khasyiah Al-I’anah At-Tholibin. Beirut Lebanon: Dar al-Kutub al-Amaliyah, 2011.
Afifullah. “, Kisah Penghancuran Ashab Al-Fil. . .” Al-Qorni, Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir Vol. 1 No. (2016): hal. 27.
Al-Bujayrimy., Sulaiman bin Umar bin Muhammad. Tuhfah Al-Habib Syarh Al-Khotib. CD rom Syamilah, n.d.
Al-Ghozali, Abu Hamid. Ihya’ ‘Ulum Ad-Din. Beirut: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyyah, 2012.
Al-Qurthubi, Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad. Jami’ Al-Ahkam Al-Qur’an. Kairo: Dar Al-Kutub Al-Misriyyah, 1964.
———. Jami’ Al-Ahkam Al-Qur’an. Kairo: Dar Al-Kutub Al-Misriyyah, 1964.
Amin, Muhammad. “Kontribusi Tafsir Kontemporer Dalam Menjawab Persoalan Ummat.” Jural Subtantia Ilmu-Ilmu Usuluddin, 2013, hal, 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/substantia.v15i1.4880.
Ar-Razy, Fakhruddin. Mafatihil Al-Ghoib Lil Al-Imam Ar-Razy. Beirut Lebanon: Darul Kutub Ilmiah, n.d.
At-Tabrani, Abu Al-Qosim bin Muhammad. Tafsir Al-Qur’ani Al-A’dhim Lil Imam Thabrani, Juz 5 Surah Al-Fil,. CD Maktabah Syamilah, n.d.
Fauzi, Ahmad Irfan. “Tradisi Pembacaan Surah Al-Fil (Studi Living Qur’an Di PP. Hamalaul Qur’an Syifa Warohmah Pintu Dagangan Madiun).” Skripsi IAIN Ponorogo, 2022, hal 47.
Hans Robert Jauss. Literary History as a Challenge to Literary Theory,” in Toward an of Reception,. Edited by Timothy Bahti. Minneapolis: University of Minnesota Press, 1982.
Harahap, Syahrin. Metodologi Studi Tokoh Pemikir Islam. Jakarta: prenada media group, 2011.
Jaziroh, Ainun. “Resepsi Surah-Surah Pilihan Dalam Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kaliwungu Kendal.” UIN wali Songo Semarang, 2019.
Lestari, Intan Ayu. “Tradisi Pembacaan Surat Al-Insyirah Dan Al-Fill (Kajian Living Qur’an Di Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal Kunir Wonodadi Blitar).” Skripsi UIN Satu Tulung Agung., 2021.
Muhammad Quraish Syihab. “Surah Al-Fil.” In Tafsir Al-Misbah, 521. Cilandak Timur, Jakarta: lentera hati, 2005.
Nawawi, Rifat Syauqi. Rasionalitas Tafsir Muhammad Abduh. Jakarta: Pramadina, 2002.
Nyoman, Kutha Ratna. Teori, Metode, Dan Teknik Penelitian Sastra. . Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Pradopo, Rachmat Djoko. Estetika Resepsi, Teori Dan Penerapannya” Dalam Sulastin Sutrisno Dkk. Bahasa Dan Budaya. : . Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1986.
Rachmat Djoko Pradopo. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik Dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar., 1995.
Rahmah, Anny Nailtur. “Jejak Eksistensi Mazhab Syafi’i Di Indonesia.” Tamaddun: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam, Vol. 8, no. Issue 1 (n.d.): Hal 175. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/tamaddun/index.
Riyadi, Fahmi. “Resepsi Umat Atas Alquran: Membaca Pemikiran Navid Kermani Tentang Teori Resepsi Al-Qur’an.” HUNAFA: Jurnal Studia Islamika 11, no. 1 (2014): 43–60.
Segers, Rien T. The Evaluation of Literary Texts. Lisse. The Peter de Ridden Press, 1978.
Setiawan, M. Nur Kholis. Al-Qur’an Kitab Sastra Terbesar. Yogyakarta: Penerbit eLSAQ Press, 2006.
Suriani, Erma. “Eksistensi Qur’anic Centre Dan Ekspektasi Sebagai Lokomotif Living Qur’an Di IAIN Malang.” Jurnal Penelitian Keislaman Vol. 14, no. No. 1 (2018): hlm. 9.
———. “Eksistensi Qur’anic Centre Dan Ekspektasi Sebagai Lokomotif Living Qur’an Di IAIN Malang.” Jurnal Penelitian Keislaman, 2018, 9. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jpk/article/view/491.
Teeuw, Siti Chamamah Soeratno dan A. “Hikayat Iskandar Zulkarnain Suntingan Teks Dan Analisis Resepsi.” In Buku II” (PhD Thesis), 21–22. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada, 1988.
Vodicka, Felix. The History of The Echo of Literary Words”. Edited by Paul L. Garvin. Washington: Georgetown University Press., 1964.
Abu Bakr Ahmad bin Ali Al-Khatib. Tarikh Baghdad, n.d. Dihasankan Syaikh Al-Albani Di Dalam Ash-Shohihah,. Beirut, Lebanon: Dar al-Kutub al-ilmiyyah, n.d.
Ad-Dimyati, Abu Bakar bin Muhammad Syato. Khasyiah Al-I’anah At-Tholibin. Beirut Lebanon: Dar al-Kutub al-Amaliyah, 2011.
Afifullah. “, Kisah Penghancuran Ashab Al-Fil. . .” Al-Qorni, Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir Vol. 1 No. (2016): hal. 27.
Al-Bujayrimy., Sulaiman bin Umar bin Muhammad. Tuhfah Al-Habib Syarh Al-Khotib. CD rom Syamilah, n.d.
Al-Ghozali, Abu Hamid. Ihya’ ‘Ulum Ad-Din. Beirut: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyyah, 2012.
Al-Qurthubi, Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad. Jami’ Al-Ahkam Al-Qur’an. Kairo: Dar Al-Kutub Al-Misriyyah, 1964.
———. Jami’ Al-Ahkam Al-Qur’an. Kairo: Dar Al-Kutub Al-Misriyyah, 1964.
Amin, Muhammad. “Kontribusi Tafsir Kontemporer Dalam Menjawab Persoalan Ummat.” Jural Subtantia Ilmu-Ilmu Usuluddin, 2013, hal, 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/substantia.v15i1.4880.
Ar-Razy, Fakhruddin. Mafatihil Al-Ghoib Lil Al-Imam Ar-Razy. Beirut Lebanon: Darul Kutub Ilmiah, n.d.
At-Tabrani, Abu Al-Qosim bin Muhammad. Tafsir Al-Qur’ani Al-A’dhim Lil Imam Thabrani, Juz 5 Surah Al-Fil,. CD Maktabah Syamilah, n.d.
Fauzi, Ahmad Irfan. “Tradisi Pembacaan Surah Al-Fil (Studi Living Qur’an Di PP. Hamalaul Qur’an Syifa Warohmah Pintu Dagangan Madiun).” Skripsi IAIN Ponorogo, 2022, hal 47.
Hans Robert Jauss. Literary History as a Challenge to Literary Theory,” in Toward an of Reception,. Edited by Timothy Bahti. Minneapolis: University of Minnesota Press, 1982.
Harahap, Syahrin. Metodologi Studi Tokoh Pemikir Islam. Jakarta: prenada media group, 2011.
Jaziroh, Ainun. “Resepsi Surah-Surah Pilihan Dalam Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kaliwungu Kendal.” UIN wali Songo Semarang, 2019.
Lestari, Intan Ayu. “Tradisi Pembacaan Surat Al-Insyirah Dan Al-Fill (Kajian Living Qur’an Di Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal Kunir Wonodadi Blitar).” Skripsi UIN Satu Tulung Agung., 2021.
Muhammad Quraish Syihab. “Surah Al-Fil.” In Tafsir Al-Misbah, 521. Cilandak Timur, Jakarta: lentera hati, 2005.
Nawawi, Rifat Syauqi. Rasionalitas Tafsir Muhammad Abduh. Jakarta: Pramadina, 2002.
Nyoman, Kutha Ratna. Teori, Metode, Dan Teknik Penelitian Sastra. . Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Pradopo, Rachmat Djoko. Estetika Resepsi, Teori Dan Penerapannya” Dalam Sulastin Sutrisno Dkk. Bahasa Dan Budaya. : . Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1986.
Rachmat Djoko Pradopo. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik Dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar., 1995.
Rahmah, Anny Nailtur. “Jejak Eksistensi Mazhab Syafi’i Di Indonesia.” Tamaddun: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam, Vol. 8, no. Issue 1 (n.d.): Hal 175. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/tamaddun/index.
Riyadi, Fahmi. “Resepsi Umat Atas Alquran: Membaca Pemikiran Navid Kermani Tentang Teori Resepsi Al-Qur’an.” HUNAFA: Jurnal Studia Islamika 11, no. 1 (2014): 43–60.
Segers, Rien T. The Evaluation of Literary Texts. Lisse. The Peter de Ridden Press, 1978.
Setiawan, M. Nur Kholis. Al-Qur’an Kitab Sastra Terbesar. Yogyakarta: Penerbit eLSAQ Press, 2006.
Suriani, Erma. “Eksistensi Qur’anic Centre Dan Ekspektasi Sebagai Lokomotif Living Qur’an Di IAIN Malang.” Jurnal Penelitian Keislaman Vol. 14, no. No. 1 (2018): 9. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jpk/article/view/491.
Teeuw, Siti Chamamah Soeratno dan A. “Hikayat Iskandar Zulkarnain Suntingan Teks Dan Analisis Resepsi.” In Buku II” (PhD Thesis), 21–22. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada, 1988.
Vodicka, Felix. The History of The Echo of Literary Words”. Edited by Paul L. Garvin. Washington: Georgetown University Press., 1964.
Zulfikar, Eko. Munasabah Al-Qur’an: Telaah Keterkaitan Antara Kandungan Makna dengan Nama Surat-Surat Juz ‘Amma. Surakarta: CV Djiwa Amarta, 2023.