Sosialisasi Al-Qur’an Melalui Metode Iqra di Madrasah Diniyah: Studi Komparatif di MDTA Nurul Iman dan MDTA Nurul Hikmah Sumedang

Main Article Content

Maolidya Asri Siwi Fangesty
Yayan Rahtikawati
Dadan Rusmana

Abstract

Metode Iqra merupakan cara yang marak digunakan di masyarakat terutama di desa karena eksistensinya yang telah lama muncul, tak terkecuali di Madrasah Diniyah. Namun, terdapat perbedaan efektivitas metode ini di Madrasah Diniyah. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan wawancara dan observasi dengan analisis komparatif serta menggunakan teori sosiologi struktural fungsional Emile Durkheim. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persamaan dan perbedaan pola sosialisasi Al-Qur’an melalui metode Iqra di MDTA Nurul Iman dan Nurul Hikmah serta menganalisis efektivitas metode iqra terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menunjukkan bahwa persamaan kedua MDTA ini adalah menggunakan Iqra versi lama, terdaftar di FKDT, santri yang mampu membaca Al-Qur’an mendapat ranking di sekolah, internal santri diklaim sebagai faktor utama tidak mampu membaca Al-Qur’an dan metode pengajaran. Sedangkan perbedaannya terletak pada jumlah santri yang mampu membaca Al-Qur’an, waktu mengaji, SDM dan fasilitas serta dukungan orangtua. Metode Iqra dinilai efektif untuk membaca Al-Qur’an karena mudah dan sistematis. Namun, terkadang keefektifitasan Iqra berkurang disebabkan oleh beberapa faktor yakni konten buku Iqra lama yang masih digunakan, waktu mengaji yang kurang sementara santri banyak, metode penyampaian guru, psikologis siswa yang lebih gemar bermain serta kurang rajin, keluarga yang kurang mendukung serta lingkungan teman dan gadget. Adapun faktor guru menjadi faktor utama yang dapat melahirkan faktor lainnya. Sebab dalam teori sosiologi struktural fungsional, guru menjadi posisi dominan dalam pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Fangesty, Maolidya Asri Siwi, Yayan Rahtikawati, and Dadan Rusmana. “Sosialisasi Al-Qur’an Melalui Metode Iqra Di Madrasah Diniyah: Studi Komparatif Di MDTA Nurul Iman Dan MDTA Nurul Hikmah Sumedang”. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama 25, no. 2 (December 25, 2024): 259–277. Accessed February 8, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/25400.
Section
Artikel

How to Cite

Fangesty, Maolidya Asri Siwi, Yayan Rahtikawati, and Dadan Rusmana. “Sosialisasi Al-Qur’an Melalui Metode Iqra Di Madrasah Diniyah: Studi Komparatif Di MDTA Nurul Iman Dan MDTA Nurul Hikmah Sumedang”. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama 25, no. 2 (December 25, 2024): 259–277. Accessed February 8, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/25400.

References

Adiwikarta, Sudardja. Sosiologi Pendidikan: Analisis Sosiologi Tentang Praksis Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Akmaliyah, Akmaliyah, Irfan Addriadi, Eghy Farhan Nugraha, and Indra Gunawan. “Sosialisasi Dan Internalisasi Nilai-Nilai Islam Melalui Pembacaan Terjemah Alquran Bahasa Sunda Pada Kegiatan Pengajian Majelis Taklim.” Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam 19, no. 1 (2022): 46–59.

Al-Qatthan, Manna. Dasar-Dasar Ilmu Al-Qur’an Terj. Mabahits Fi “Ulum Al-Qur”an. Jakarta: Ummul Qura, 2021.

Arif, Arifuddin M. “Perspektif Teori Sosial Emile Durkheim Dalam Sosiologi Pendidikan.” Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial 1, no. 2 (2020): 1–14.

Djahid, Moch. “Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah Di Ponorogo.” Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman 6, no. 1 (2016): 21–41.

DR HA Rusdiana, M M, and H Abdul Kodir. Pengelolaan Madrasah Diniyah Kontemporer. MDP, 2022.

Fauzi, Anis, and Cecep Nikmatullah. “Pelaksanaan Pendidikan Madrasah Diniyah Di Kota Serang.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 1, no. 2 (2016): 157–78.

Fazil, M. “Efektivitas Penggunaan Metode Iqra’ untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Siswa Muallaf.” Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam 2, no. 1 (2020): 85–103.

Hamda, Normina. “Masyarakat Dan Sosialisasi.” Ittihad 12, no. 22 (2014): 107–15.

Hamdani, Muhamad. “Penerapan Metode Membaca Alquran Pada TPA Di Kecamatan Amuntai Utara (Studi Pada Metode Iqra Dan Metode Tilawati).” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 2018.

Hasanah, Hasyim. “Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial).” At-Taqaddum 8, no. 1 (2017): 21–46.

Hasnah, Nur, and Indah Muliati. “Penerapan Metode Iqra’dalam Pembelajaran Membaca Alquran.” An-Nuha 2, no. 1 (2022): 109–22.

Humam, Asad. Buku Iqra: Cara Cepat Membaca Al-Qur’an. Yogyakarta: Balai Litbang LPTQ Nasional Team Tadarus AMM, 1990.

Jailani, M Syahran. “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif.” IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2023): 1–9.

Masrikah, Ani, and Fendi Krisna Rusdiana. “Implementasi Metode Iqra’Dalam Pengajaran Al-Qur’an Di Madrasah Diniyah Awaliyyah ‘Al-Ikhlas’ Bendosukun Desa Slaharwotan Lamongan.” Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (2021): 87–94.

Misharti, Misharti, and Bambang Wahyu Susanto. “Penerapan Manajemen Kelas Oleh Guru Sekolah Dalam Perspektif Teori Struktural Fungsional.” Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 10, no. 1 (2021): 36–51.

Murtani, Alim. “Sosialisasi Gerakan Menabung.” Sindimas 1, no. 1 (2019): 279–83.

Mustaqim, Abdul. Metode Penelitian Al-Qur’an Dan Tafsir. Yogyakarta: Idea Press, 2014.

Nizah, Nuriyatun. “Dinamika Madrasah Diniyah: Suatu Tinjauan Historis.” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 11, no. 1 (2016).

Nur, Ita Rosita, and Rita Aryani. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqra’pada Santriwan/Santriwati TPQ Nurussholihin Pamulang Kota Tangerang Selatan.” AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis 2, no. 3 (2022): 100–110.

Nurhayati, Teti, Euis Cici Nurunnisa, and Husni Husni. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Iqra’(Penelitian Tindakan Kelas Di Raudhatul Athfal Daarul Hikmah Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis).” Tarbiyat Al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 3, no. 1 (2018).

Raco, Jozef. “Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya,” 2010.

Rasyidi, Ahyar, and Nor Azizah. “Implementasi Metode Iqra Dalam Pembelajaran Alquran Di Taman Pendidikan Alquran (TPA) Al-Maliki.” AL JAMI: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Dakwah, 2023, 77–90.

Royani, Ida. Penerapan Metode Iqra’ Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Sekolah Dasar. Cetakan Ke. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran, 2020.

Saputra, Rendy. Sosiologi Pendidikan. Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2021.

Sauri, Saupian, Siti Hapsah, Nizar Amri, Ahmad Jumad, Safiatun Najwa, Latifaturrahmaniah Latifaturrahmaniah, and Ahmad Sakrani. “Implementasi Metode Iqra’dalam Pembelajaran Membaca Al Qur'an Di Tpq Dusun Lelonggek Desa Suntalangu.” Empowerment: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 1, no. 1 (2021): 54–61.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Cetakan 19. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sukmana, Indriyani. “Metode Membaca Alquran (Studi Komparatif Metode Qiraati Dengan Metode Iqra).” Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah J, 2010.

Syahr, Zulfia Hanum Alfi. “Membentuk Madrasah Diniyah Sebagai Alternatif Lembaga Pendidikan Elite Muslim Bagi Masyarakat.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 3, no. 1 (2016): 47–65.

Virdi, Santika, Husnul Khotimah, and Kartika Dewi. “Sosiologi Pendidikan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah.” Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya 2, no. 1 (2023): 162–77.